PERAN PENDIDIK DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN

Authors

  • Yohana R. U. Sianturi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Amanda Ramadhan Firdaus Universitas Pendidikan Indonesia
  • Prihantini Prihantini Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2217

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk memberitahu betapa pentingnya peran pendidik dalam pengelolaan pembelajaran. Dan ketika ingin mengelola pembelajaran akan erat kaitannya dengan pendidik. Guru atau pendidik harus memiliki moral yang baik agar menjadi role model bagi anak didik. Dalam pengelolaan pembelajaran guru memegang peran yang sangat penting. Hasil kajian teoretis menunjukkan bahwa pengelolaan pembelajaran dalam tugas-tugas fungsional guru akan terlaksana secara efektif dan efisien apabila guru mampu melakukan perannya sebagai manajer of instruction

 

Kata Kunci:  Peran guru, pengelolaan, pembelajaran

 

Abstract

This research was conducted to inform the importance of the role of educators in learning management. And when you want to manage learning, it will be closely related to educators. Teachers or educators must have good morals so that they become role models for students. The results of the theoretical study indicate that the management of learning in the functional tasks of the teacher will be carried out effectively and efficiently if the teacher is able to carry out his role as manager of instruction.

 

Keywords: Teacher’s role, management, learning

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdullah,R. (2016). Pembelajaran dalam perspektif kreativitas guru dalam pemanfaatan media pembelajaranâ€. Lantanida Journal.4(1): 35–49.

Bisnis.com. 2021. Alasan Mutu Pendidikan Indonesia Masih Rendah | Kabar24 – Bisnis.com. [online] Available at: https://kabar24.bisnis.com/read/20200504/79/1236020/alasan-mutu-pendidikan-indonesia-masih-rendah [Accessed 11 October 2021].

Buchari, A. (2018). Peran guru dalam pengelolaan pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra', 12(2), 106-124.

Collie, R. J., Shapka, J. D., & Perry, N. E. (2011).Predicting teacher commitment: The impact of school climate and social emotional learning. Psychology in the Schools. 48(10) :1034-1048.

Darajat, Z. (2005). Kepribadian Guru ( Jakarta: Bulan Bintang Edisi VI), h. 10.

Darmodihardjo, D. (1983). Peranan Mutu dalam Peningkatan Mutu Pendidikan, Analisis Pendidikan. Jakarta: Depdikbud.

Dini, J. P. A. U. (2021). Manajemen Pembelajaran untuk Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan di Masa New Normal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1566-1576.

Eliyanti, M. (2016). Pengelolaan Pembelajaran Dan Pengembangan Bahan Ajar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 3(2).

Fauzie, Y. 2021. Bank Dunia: Kualitas Pendidikan Indonesia Masih Rendah. [online] gaya hidup. Available at: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180607113429-284-304214/bank-dunia-kualitas-pendidikan-indonesia-masih-rendah [Accessed 11 October 2021].

Fitriani, Cut. 2016. Kompetensi Profesional Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran Di Mts Muhammadiyah Banda Aceh. Aceh : Universitas Syiah Kuala.

Kusnandar. (2008). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Minsih, M. (2018). Peran guru dalam pengelolaan kelas. Profesi pendidikan dasar, 5(1), 20-27.

Nurfaiqoh, S., & Lutfiana, V. (2020). Analisis Kompetensi Guru Matematika Dalam Pengelolaan Pembelajaran Daring Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(4), 172-178.

Roestiyah, N. K. (2001). Masalah-Masalah Ilmu Keguruan (Jakarta: Bina Aksara, Cet k IV), h. 175.

Sanusi, A. (1991). Studi Pengembangan Model Pendidikan Profesional Tenaga Pendidikan. Bandung: IKIP Bandung.

Sardiman, A. M. (2005). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar Pedoman Bagi Guru Dan Calon Guru (Jakarta: Rajawali Cet k V), h. 125.

Semiawan, C. R. (1991). Mencari Strategi Pengembangan Pendidikan Nasional Menjelang Abad XX1. Jakarta: Grasindo.

Semiawan, Conny R. Metode penelitian kualitatif. Grasindo, 2010.

Silalahi, T. (1994). Kepemimpinan Guru dalam Proses Belajar Mengajar di SMEA Negeri Daerah Istimewa Yogyakarta. IKIP Jakarta.

Sudrajat, H. (1991). Masa Depan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: ISPI.

Tabrani, A. (1989). Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Karya.

Turang, J. (2003). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah/Jurusanâ€. Manado.

Usman, M. U. (2002). Menjadi Guru Professional (Bandung: Remaja Rosdakarya), h. 1.

Yusuf, A. M. (2000). Pengantar Ilmu Pendidikan (Jakarta: Balai Aksara Edisi III), h. 54.

Downloads

Published

2022-01-12

Issue

Section

Articles