Pengaruh Ketepatan Waktu dan Kualitas Pelayanan Terhadap Reputasi Perusahaan Penerbangan Lion Air di Bandar Udara Komodo Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur

Authors

  • Lievani Christiani Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
  • Fryda Fatmayati Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2411

Abstract

Abstrak

Reputasi perusahaan penerbangan biasanya tercipta melalui kesan yang diberi perusahaan kepada penumpang baik dari segi ketepatan waktu dan juga kualitas pelayanan yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Ketepatan Waktu dan Kualitas Pelayanan Terhadap Reputasi Perusahaan Penerbangan Lion Air di Bandar Udara Komodo Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur (NTT). Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif. Dan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dengan pengolahan data menggunakan program software SPSS 20.0. Metode analisis yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, regresi linier berganda, ujit, uji F, dan koefisien determinasi (R2). Hasil analisis pada uji F menunjukkan uji F hitung > F tabel, artinya terdapat pengaruh ketepatan waktu dan kualitas pelayanan terhadap reputasi perusahaan penerbangan Lion Air di Bandar Udara Komodo Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur (NTT). Hasil analisis regresi linier berganda dapat diketahui bahwa variabel ketepatan waktu dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap reputasi perusahaan penerbangan. Dan hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 72,9%.

Kata Kunci: ketepatan waktu, Kualitas Pelayanan, Reputasi perusahaan Penerbangan, Lion Air

 

Abstract

The reputation of the airline company is usually created through the impression that the company gives to passengers both in terms of timeliness and quality of service provided. The purpose of this study was to determine the effect of punctuality and service quality on the reputation of the Lion Air airline at Komodo Airport, Labuan Bajo, East Nusa Tenggara (NTT). This study uses a quantitative approach. And the sampling technique in this study used a purposive sampling technique. The data collection technique in this study used a questionnaire with data processing using the SPSS 20.0 software program.The analytical method used is validity test, reliability test, multiple linear regression, test, F test, and coefficient of determination (R2). The results of the analysis on the F test show that the F test count > F table, meaning that there is an influence on timeliness and service quality on the reputation of the Lion Air airline at Komodo Airport, Labuan Bajo, East Nusa Tenggara (NTT). The results of multiple linear regression analysis can be seen that the variables of timeliness and service quality have a positive effect on the reputation of airlines. And the result of the coefficient of determination (R2) is 72.9%.

Keywords: punctuality, service quality, airline reputation, Lion Air

References

DAFTAR PUSTAKA

Anonim, Lion Air. (2019, July 05). Tingkatkan Kualitas Layanan di Era Millennials Traveling, Lion Air Mencatatkan Kinerja Ketepatan Waktu 85,97%. Retrieved from Lion Air: https://www.lionair.co.id/tentangkami/newsroom/2019/07/05/tingkatkan-kualitas-layanan-di-eramillennials-traveling-lion-air-mencatatkan-kinerja-ketepatan-waktu-85-

Chantika, P. C. (2019). Pengaruh Berita Keterlambatan Maskapai Penerbangan Lion Air di Media Online Terhadap Citra Jasa Penerbangan Lion Air (Survey pada Masyarakat Pengguna Maskapai Penerbangan Lion Air di Wilayah Titi Kuning, Medan Johor).

Darwinsyah, M. (2018). Analisa Pengaruh Strategi Komunikasi CSR Melalui Media Sosial Terhadap Reputasi Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Consumer Goods di Indonesia). Inter Komunika, 3(1), 59-72.

Fandy, Tjiptono. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Ofset, Yogyakarta.

Fandy Tjiptono 2009, Strategi Pemasaran, edisi kedua, cetakan ketujuh, Penerbit : Andi Offset, Yogyakarta

Fandy Tjiptono. 2012. Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta, Andi.

Fandy, Tjiptono. 2016. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi.

Ghozali, Imam. 2009. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSSâ€. Semarang. UNDIP.

Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSSâ€. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ghozali, Iman. 2013. Pengujian Hipotesis:Regresi Linier Berganda, Uji T, Uji F dan Uji Square (Penjelasan Lengkap). iman2ndblog.wordpress.com.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Majid, N. (2020). Peran Reputasi Perusahaan dalam Membangun Kepercayaan Pelanggan Maskapai Penerbangan. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis, 1(2), 66-72.

Murniati, Monika Palupi, dkk. (2013). Alat-Alat Pengujian Hipotesis. Semarang: Unika Soegijapranata.

Nurgiansah, T. H. (2020). Filsafat Pendidikan. In Banyumas: CV Pena Persada.

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media.

Subagio, Hartono, Saputra Robin. 2012. Pengaruh Perceived Service Quality, Perceived Value, Satisfaction dan Image Terhadap Customer Loyalty (Studi Kasus Garuda Indonesia), Jurnal Manajemen Pemasaran, 7 (5): h: 42-52.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif,kualitatif dan R & D .Bandung : Alfabeta.

Uma, Sekaran. 2011. Metodologi Penelitian untuk Bisnis, Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.

Wisadirana, Darsono. 2005. Metode penelitian & pedoman penulisan skripsi untuk ilmu social. Malang : UMM Press.

Zulaichah, Z. (2014). Pengaruh Fasilitas Bandar Udara Terhadap Kinerja Ketepatan Waktu Maskapai Penerbangan. Warta Ardhia, 40(4), 223-234

Zeithaml, V.A., M.J. Bitner, D.D. Gremler. (2013). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm 6thed. Mc.Graw-Hill. Boston.

Zeithaml, V. A. (1988). “Consumer perceptions of price, quality, and value: A meanend model and synthesis of evidence,†Journal of Marketing, 52(3), pp.2-22

Downloads

Published

2022-03-22

Issue

Section

Articles