Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Berbasis Fenomena Sosial Pada Mata Pelajaran PPKn di SMAN 1 Mancak

Authors

  • Nurholisa Nurholisa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Wika Hardika Legiani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Qotrun Nida Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2430

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran Augmented Reality pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R&D) dimana menggunakan tahapan analisis masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain dan uji coba produk. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah berupa aplikasi media pembelajaran Augmented Reality pada mata pelajaran PPKn Kelas XI yang memuat materi Bab 5 mengenai mengenai mewaspadai ancaman terhadap kedudukan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Untuk menguji kelayakan media pembelajaran ini, dilakukan uji coba ahli validasi ahli. Validasi ahli dilakukan oleh ahli media dan ahli materi dengan menghasilkan presentase 81,25% untuk validasi media dengan kategori “Sangat Layak†dan menghasilkan prsesentase 78,4 % untuk validasi ahli materi dengan kategori “Layakâ€. Uji coba produk melibatkan 15 siswa di SMAN 1 Mancak. Respon siswa menunjukkan presentase rata-rata 87,7% dengan kategori “Sangat Layak. Berdasarka uji coba ahli dan uji coba produk, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Augmented Reality layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata kunci: Pengembangan Media, Augmented Reality, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegraan.

 

Abstract

This reseach aimed to determine the feasibility and respon of students to Augmented Reality learning media in PPKn subjects. This study uses the Research and Development (R&D) method which uses the stages of problem analysis, data collection, product design, design validation, design revision and product testing. The product resulting from this research is an application of Augmented Reality learning media for Pancasila and Civic Education of Class XI subjects which contains Chapter 5 material regarding being aware of threats to the position of the Unitary State of the Republic of Indonesia. To test the feasibility of this learning media, expert validation trials were conducted. Expert validation was carried out by media experts and material experts by producing a percentage of 81.25% for media validation with the "Very Eligible" category and producing a percentage of 78.4% for material expert validation with the "Eligible" category. The product trial involved 15 students at SMAN 1 Mancak. Student responses showed an average percentage of 87.7% with the category "Very Eligibleâ€. Based on expert trials and product trials, it can be concluded that Augmented Reality learning media is feasible and can be used as learning media.

Keywords: Media Development, Augmented Reality, Pancasila and Civic Education.

References

Anggraeni, Nurul. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS5 untuk SMK Kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran pada Kompetensi Dasar Menguraika Sistem Informasi Manajemen. Pendidikan Administrasi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Burhanudin, Ahmad. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Dasar Elektronika di SMK Hamong Putera 2 Pakem. Pendidikan Teknik Mekatronika. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rachman, F., Sugara, mochmamad H., & Nurgiansah, T. H. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Budaya Sunda Dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Madrasah Aliyah Negeri Purwakarta. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 252–262.

Hidayat, Didik Wahyu. 2015. Pengembangan Suplemen Augmented Reality Video Pada Buku Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 8 SMP Muhammadiyah 4 Singosari Malang. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan. Hlm 286-287

Ihsan. 2017. Kecenderungan Global dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, Vol 2 No. 2. Hlm 49-50

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran. Jakarta: Kemedikbud

Margono, S. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipt

Maulana, Gun Gun. 2017. Penerapan Augmented Reality untuk Pemasaran Produk Menggunakan Software Unity 3D dan Vuforia. Jurnal Teknik Mesin, Vol 6. Hlm 75

Musarofah, Siti. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Animasi Bermuatan Ayat Al-Qur’an dengan Output Youtube. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Mustaqim, Ilmawan dan Nanang Kurniawan. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro: Vol 1 No 1 Hlm 37

Nurgiansah, T. H. (2020). Filsafat Pendidikan. In Banyumas: CV Pena Persada.

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media.

Permendikbud Republik Indonesia No. 69 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Rawis, Zwingly Ch dkk. 2018. Penerapan Augmented Reality Berbasis Android Untuk Mengenalkan Pakaian Adat Tountemboan. E-Journal Teknik Informatika, Vol 13 No 1. Hlm 31

Riduwan. 2013. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta

Sadiman, Arief S dkk. 2014. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Simanjuntak, Kharisma Suyadi. 2018. Pessepsi Mahasiswa Terhadap Fenomena Kaus #2019GantiPresiden Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Sistriana dkk. 2019. Pengembangan Modul Berbasis Fenomena Sosial Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraanâ€. Jurnal Magister Teknologi Pendidikan Tanjungpura University.

Sunhaji. 2014. Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, Vol. II No. 2. Hlm 32

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Suryani, Nunuk dkk. 2018. Media Pembelajaran Inovatif da Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya

Umami, Tammy Sri Wahyuni. 2019. Pengaruh Model Group To Group Exchange Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PPKn. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia. Hlm 20

Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena

Winarno. 2013. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Bumi Aksara

Wulandari, Indri. 2015. Fenomena Sosial Pilihan Hidup Tidak Menikah Wanita Karier. Jurnal Equilibrum Pendidikan Sosiologi, Vol 3 No.1. Hlm 69

Downloads

Published

2022-03-26

Issue

Section

Articles