Manfaat Pembelajaran Daring dalam Menciptakan Proses Pembelajaran yang Menarik pada Masa Pandemi di SMP Negeri 20 Ambon
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.2485Abstract
Abstrak
Pendidikan merupakan peranan penting dalam mimbina setiap generasi mudah dalam mencapai suatu kurikulum pendidikan yang mutuh, dalam hal ini perlu adanya dilakukan pembelajaran pada masa pandemi sehingga parah siswa dan siswi tidak terlambat dalam mendapatkan pendidikan. Oleh karena itu guru sangat berperan aktif dalam memberikan pembelajaran yang menarik perhatian siswa pada masa pandemi ini, guru ditentut untuk mampu memberikan suatu pembelajran yang menarik dan menggunakan metode-metode dalam memberikan pembelajaran sehingga siswa yang mendapatkan materi tidak merasa bosan dengan apa yang disampaikan oleh guru saat belajar mengajar berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengatehui serta memberikan penjelasan terkait dengan manfaat pembelajaran daring dalam menciptakan proses pembelajaran yang menarik pada masa pandemi di smp negeri 20 ambon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara serta yang terdiri dari 10 siswa ditambah 1 orang guru pkn dan kepala sekolah smp negeri 20 ambon.
Kata Kunci: Manfaat Pembelajaran Daring Terhadap Siswa SMP Negeri 20 Ambon
Abstract
Education is an important role in fostering every easy generation in achieving a quality education curriculum, in this case it is necessary to carry out learning during the pandemic so that it is not too late for students and students to get education. Therefore, the teacher plays an active role in providing learning that attracts students' attention during this pandemic, the teacher is required to be able to provide an interesting learning and use methods in providing learning so that students who get the material do not feel bored with what is conveyed by the teacher. while teaching and learning takes place. This study aims to identify and provide an explanation related to the benefits of online learning in creating an interesting learning process during the pandemic at SMP Negeri 20 Ambon. The method used in this study was qualitative, and the data collection techniques were observation and interviews and consisted of 10 students plus 1 PKN teacher and the principal of 20 Ambon State Junior High Schools.
Keywords: The Benefits Of Online Learning For Students of SMP Negeri 20 Ambon
References
DAFTAR PUSTAKA
Akhmad hidayatullah al arifin. 2012. implementasi pendidikan multikultural dalam praksis pendidikan di indonesia. jurnal pembangunan pendidikan: fondasi dan aplikasi. vol 1.
Aviv. (2000, November). Decision support system for the management of an agile supply chain. Google Patents.
Dwinda nur baety.dkk. 2021. analasis efektifitas pembelajaran daring dalam menghadapi wabah pandemi covid-19. jurnal ilmu pendidikan. volume 3.
Fatma khaulan. dkk. 2019. penerapan metode brainstorming dengan bantuan media gambar grafis untuk meningkatkan hasil belajar pkn siswa kelas v sd negeri 009 pulau kecamatan bangkinang kabupaten kampar. jurnal pajar (pendidikan dan pengajaran). volume 3.
Karina cahyani. dkk. 2021. peran guru pendidikan kewarganegaraan dalam membentuk karakter peserta didik agar menciptakan siswa yang berkualitas. jurnal pendidikan kewarganegaraan undiksha. vol. 9.
Maidiantius tanyid. 2014. etika dalam pendidikan: kajian etis tentang krisis moral berdampak pada pendidikan. jurnal jaffray. vol 12.
Muhammad adi saputra. dkk. 2021. peran guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter kepada siswa sd negeri 20 way serdang selama pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. journal of social science educationvol. 2. buku pedoman pembelajaran daring
Novi rosita rahmawati. dkk. 2020. analisis pembelajaran daring saat pandemi di madrasah ibtidaiyah. journal of primary education. vol 1.
Nurhadji nugraha. dkk. 2017. peran guru dalam upaya pembentukan wawasan kebangsaan pada siswa kelas viii smpn 1 barat kabupaten magetan tahun ajaran 2015/2016. citizenship jurnal pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. vol 5.
Setiawat. dkk. 2021. peran guru sekolah dasar dalam pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi covid-19. jurnal belaindika :pembelajaran dan inovasi pendidikan. vol 3.
Wayan eka santika. 2020. pendidikan karakter pada pembelajaran daring. indonesian values and character education journal. vol 3.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Samina Buton, Agustinus Soumokil, Jumiati Tuharea
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.