Penerapan Nilai-nilai Karakter Disiplin dan Kerja Keras Dalam Kegiatan Latihan Futsal di Sekolah Futsal T Futsal Academy

Authors

  • Bayu Rohman Agustama Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ujang Jamaludin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Dinar Sugiana Fitrayadi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2495

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan nilai-nilai pendidikan karakter disiplin dan kerja keras dalam kegiatan latihan futsal di T Futsal Academy serta hambatan dalam penerapannya. Penelitian ini dilakukan di T Futsal Academy dengan menggunakan metode deskriptif pendekatan kualitatif. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu penerapan karakter disiplin di T Futsal Academy dilakukan dengan latihan rutin, dalam latihan futsal ini siswa tidak hanya di ajarkan bagaimana bermain futsal, tetapi juga diajarkan sikap disiplin dan kerja keras. Disiplin yang dilakukand dengan cara hadir latihan dengan tepat waktu, menggunakan pakaian yang sesuai ketentuan saat latihan futsal dan menaati aturan yang ada di T Ftusal academy. Dalam penerapan disiplin siswa sudah menerapkannya dengan baik, tetapi pada aspek kehadiran masih ada siswa yang terlambat datang latihan, adapun upaya yang dilakukan untuk membentuk sikap disiplin melalui sanksi abgi yang melanggar aturan untuk membuat jera dan melatih fisik siswa dalam latihan. Sedangkan kerja keras yang diterapkan dalam latihan futsal berkaitan pemberian tugas dan penyelesain tugas yang diberikan, dimana siswa di T Futsal Academy sudah menjalankan tugas dengan baik dan dapat termotivasi untuk bermain dengan giat dan pantang menyerah. Untuk meningkatkan kerja keras siswa, pelatih memberikan motivasi dan juga treatment lebih dengan latihan bersama tim profesional dan mengikuti kompetisi. Dalam penerapan karakter disiplin dan kerja keras, terdapat hambatan dalam pelaksanaannya, yaitu: kebiasaan yang tidak disiplin yang sudah melekat, kurangnya motivasi dan pemahaman orang tua kepada siswa, dan lingkungan pergaulan siswa yang kurang mendukung untuk membiasakan diri dalam disiplin dan kerja keras.

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Karakter disiplin, karakter kerja keras

 

Abstract

The purpose of this study was to determine the application of the values of discipline and hard work character education in futsal training activities at the T Futsal Academy and the obstacles in their application. This research was conducted at T Futsal Academy using a descriptive qualitative approach. Researchers collected data using observation, interview, and documentation techniques. The result of this study is that the application of disciplined character at T Futsal Academy is carried out with regular training, in this futsal practice students are not only taught how to play futsal, but are also taught discipline and hard work. Discipline is carried out by attending training on time, wearing appropriate clothing during futsal practice and obeying the rules at T Futsal Academy. In the application of discipline students have implemented it well, but in the aspect of attendance there are still students who are late for training, as for efforts made to form a disciplined attitude through abgi sactions that violate the rules to deter and train students physically in training. Meanwhile, the hard work applied in futsal training is related to the assignment and completion of the assigned tasks, where students at T Futsal Academy have performed their duties well and can be motivated to play hard and never give up. To increase students’hard work, coaches provide motivation and alsi more treatment by training with a professional team and participating in competitions. In the application of the character of discipline and hard work, ther are obstacles in its implementation, namely: undisciplined habits that are already inherent, lack of motivation and understanding of parents to student, and an unsupportive student social environment to get used to discipline and hard work

Keywords: Character education, discipline character, hard work character

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdulhak, Ishak dan Suprayogi, Ugi. 2012. Penelitian Tindakan Dalam Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Abdullah Munir, Pendidikan Karakter (membangun Karakter Anak Sejak dari

Rumah), (Yogyakarta: Pedagogia, 2010), h. 2.

Abuddin Nata, Kapita Selekta Pendidikan Islam: Isu-isu Kontemporer tentang

Pendidikan Islam, (Jakarta: Rajawali Pers, 2012), h. 163.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Darmiyanti, Zuchdi. (2011). “Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Teori dan Praktikâ€. Yogyakarta: UNY Press

Elfindri. (2012). “Pendidikan Karakter: Kerangka, Metode, dan Aplikasi untuk Pendidikan dan Professionalâ€. Jakarta Baduose Media

Fitrayadi, Dinar Sugiana. (2016). “Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik di Era Globalisasi di SMA Negeri 1 Baleendahâ€. Untirta Civic Education Journal. Vol. 1, No.2. ISSN: 2541-6693

Hamdani Hamid, danBeni Ahmad Saebani, Pendidikan Karakter Prespektif islam, (Bandung: Pustaka Setia, 2013), h. 37.

Jamaludin, Ujang dkk. (2019). “Penguatan Pendidikan Karakter Disiplin Pada Peserta Didik Melalui Pemberian Reward dan Punishment di SD Unggulan Uswatun Hasanahâ€. Attadib Journal of Elementary Education. Vol.3 (1)

Justinus Lhaksana, 2011. Taktik & Strategi futsal modern. Jakarta: Be Champion (penebar swadaya group)

Khan, Yahya. (2010). “Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diriâ€. Yogyakarta: Pelangi Publishings

Mangkunegara, Anwar Prabu. (2015). “Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaanâ€. Bandung: Remaja Rosdakarya

Marzuki, Saleh. 2012. Pendidikan Nonformal (dimensi dalam keaksaraan fungsional, pelatihan, dan andragogi). Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Moleong, Lexy.J .2018. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Rosdakarya.

Murhananto, 2006. Dasar-dasar permainan futsal. Jakarta: Kawan Pustaka.

Nurdin Usman, Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum, Grasindo, Jakarta, 2002, Hal. 70

Nurgiansah, T. H. (2020). Filsafat Pendidikan. In Banyumas: CV Pena Persada.

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media.

Nurgiansah, T. H., & Rachman, F. (2022). Nasionalisme Warga Muda di Era Globalisasi: Pendidikan Kewarganegaraan di Perbatasan. Jurnal Kewarganegaraan, 19(1), 66–75. https://doi.org/10.24114/jk.v19i1.33214

Safuan Alfandi, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, (Solo: Sendang Ilmu, 2002), h. 278

Sugiyono, (2018). “ Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D “, Bandung: ALFABETA.

Sukmadinata, N.S. (2017). “ Metodelogi Penelitian Pendidikanâ€. Bandung: PT Remaja Rosadakarya

UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Zuriah, Nurul. (2007). “Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan Menggagas platform Pendidikan Budi Pekerti secara kontekstual dan futuristikâ€. Jakarta: PT Bumi Aksara

Downloads

Published

2022-04-14

Issue

Section

Articles