Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mengatasi Lunturnya Nilai Nasionalisme dan Cinta NKRI di Era Globalisasi

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2511

Keywords:

Globalization, Civic Values, Citizenship Education

Abstract

Abstrak

Pengaruh negatif dari globalisasi berdampak besar kepada nilai-nilai kewarganegaraan masyarakat Indonesia khususnya para generasi muda. Oleh karena itu, terlahirnya permasalahan rasa nasionalisme dan cinta terhadap NKRI yang memudar. Maka dari itu, penelitian ini membahas mengenai pentingnya membangun pemahaman akan Pendidikan Kewarganegaraan serta pengimplementasiannya pada kehidupan sehari-hari sebagai solusi utama sarana pendidikan dalam mengatasi ataupun mengantisipasi dampak negatif globalisasi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan penelitian kepustakaan yang bersumber dari artikel ilmiah, makalah ilmiah, jurnal penelitian, dan laporan yang relevan, lalu disampaikan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam mengatasi pengaruh negatif globalisasi sangatlah pula berpengaruh hingga mengantar para pelajar generasi muda memahami dan melestarikan nilai-nilai kewarganegaraan yang ada dan terwujudnya para peserta didik yang memiliki pendirian dan jiwa nasionalisme yang tinggi, taat dan bertanggung jawab pada aturan yang berlaku, berpikir kritis, serta berkepribadian kreatif dan inovatif.

Kata kunci: Globalisasi, Nilai - nilai Kewarganegaraan, Pendidikan Kewarganegaraan.

 

Abstract

The negative influence of globalization has a major impact on the civic values of the Indonesian people, especially the younger generation. Therefore, the problem of the sense of nationalism and love for the Republic of Indonesia is fading. Accordingly, this study discusses the importance of building an understanding of Citizenship Education and its implementation in everyday life as the main solution for educational facilities in overcoming or anticipating the negative impacts of globalization. This study uses a qualitative method. Collecting data using library research sourced from scientific articles, scientific papers, research journals, and relevant reports, then submitted descriptively. The results of this study indicate that the role of civic education in overcoming the negative effects of globalization is also very influential so as to lead the younger generation of students to understand and preserve existing civic values and the realization of students who have a high attitude and spirit of nationalism, are obedient and responsible for applicable rules, critical thinking, as well as creative and innovative personality.

Keywords: Globalization, Civic Values, Citizenship Education.

References

DAFTAR PUSTAKA

Annisa, H., & Ulfatun Najicha, F. (2021). Wawasan Nusantara Dalam Mememcahkan Konflik Kebudayaan Nasional. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 40–48. https://doi.org/10.33061/jgz.v10i2.5615

Asyafiq, S. (2018). PERAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBANGUN WARGA NEGARA GLOBAL. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(1). https://doi.org/10.25273/citizenship.v6i1.1880

Asyari, D., & Dewi, D. A. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan bagi Generasi Milenial dalam Menanamkan Jiwa Nasionalisme Di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 30–41. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1628

Budiarto, G. (2020). Indonesia dalam Pusaran Globalisasi dan Pengaruhnya Terhadap Krisis Moral dan Karakter. Pamator Journal, 13(1), 50–56. https://doi.org/10.21107/pamator.v13i1.6912

Darusman, R. (2014). Penerapan Metode Mind Mapping (Peta Pikiran) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Smp. Infinity Journal, 3(2), 164. https://doi.org/10.22460/infinity.v3i2.61

Fitriani, D., & Dewi, D. A. (2021). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Pengimplementasian Pendidikan Karakter. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 489–499. https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1840

Hidapenta, D., & Dewi, D. A. (2021). Peran Pkn Mengatasi Fenomena Kecintaan Produk Luar Yang Terjadi Di Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 168–175. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1401

Humaeroh, S., & Dewi, D. A. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan di Era Globalisasi Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Journal on Education, 3(3), 216–222. https://doi.org/10.31004/joe.v3i3.381

Husinaffan, M., & Maksum, H. (2016). Membangun Kembali Sikap Nasionalisme Bangsa Indonesia Dalam Menangkal Budaya Asing Di Era Globalisasi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) JURNAL PESONA DASAR Universitas Syiah Kuala, 3(4), 65–72. http://jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/article/view/7542

Indrawan, R. M. J., & Efriza, E. (2018). Membangun Komponen Cadangan Berbasis Kemampuan Bela Negara Sebagai Kekuatan Pertahanan Indonesia Menghadapi Ancaman Nir-Militer. Jurnal Pertahanan & Bela Negara, 8(2), 21–40. https://doi.org/10.33172/jpbh.v8i2.395

Isa, S. F. P., & Dewi, D. A. (2021). Peran Dan Tantangan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mengembangkan Karakter Siswa Di Era Globalisasi. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 6(1), 66–71. https://doi.org/10.15294/harmony.v6i1.46778

Listiana, Y. R. (2021). Dampak Globalisasi Terhadap Karakter Peserta Didik dan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1).

Mochamad Cepi Firmansyah, D. A. D. (2021). PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNTUK MEMBANGUN KARAKTER BANGSA SESUAI NILAI PANCASILA DI ERA GLOBALISASI. 9(1), 10–22.

Nur Fadhila, H. I., & Najicha, F. U. (2021). Pentingnya Memahami Dan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila Di Lingkungan Masyarakat. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik, 4(2), 204–212. https://doi.org/10.47080/propatria.v4i2.1303

Nurgiansah, T. H. (2020). Filsafat Pendidikan. In Banyumas: CV Pena Persada.

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media.

Rizky Agassy Sihombing, & Pristi Suhendro Lukitoyo. (2021). Peranan Penting Pancasila Dan Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 49–59.

Sakman, B. (2019). Pendidikan Kewarganegaraan Dan Degradasi Moral Di Era Globalisasi. SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Hukum Dan Pengajarannya, 14(April), 01–08.

Setiawan, D. (2013). Peran Pendidikan Karakter Dalam Mengembalikan Kecerdasan Moral. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(1), 55–56.

Syahputra Harahap, H. (2020). PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER MORAL TERHADAP SISWA MELALUI PELAJARAN PPKn DI SEKOLAH. Genta Mulia, XI(2), 208–219.

https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/download/466/414 Syam, N., & Ramlah, R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Dalam

Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas Iv Sdn 54 Kota Parepare. Publikasi Pendidikan, 5(3). https://doi.org/10.26858/publikan.v5i3.1612

Ulfah, N., Hidayah, Y., & Trihastuti, M. (2021). Urgensi Etika Demokrasi Di Era Global: Membangun Etika Dalam Mengemukakan Pendapat Bagi Masyarakat Akademis Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 329–346. https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1576

Wicaksono, G. (2017). Efektivitas Pembelajaran Non Tatap Muka Pada Mata Pelajaran. 1(2), 27–33.

Zulfia Latifah, A., Hidayat, H., Mulyani, H., Siti Fatimah, A., & Sholihat, A. (2020). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan, 21(1), 38–50. https://doi.org/10.33830/jp.v21i1.546.2020

Downloads

Published

2022-04-20

Issue

Section

Articles