Pengaruh Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Peningkatan Keterampilan Partisipasi Siswa Sebagai Bentuk Keterlibatan Aktif Warga Negara

Authors

  • Dea Aprilia Wiraman Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ujang Jamaludin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ronni Juwandi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2526

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Mata Pelajaran PKn terhadap peningkatan Keterampilan Partisipasi Siswa Sebagai Bentuk Keterlibatan Aktif Warga Negara. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 10 Tangerang pada tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik statistik deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII dan VII SMPN 10 Tangerang tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap keterampilan partisipasi siswa, berdasarkan nilai signifikansi (dari tabel coefficients) diperoleh nilai signifikansi sebesa sebesar 0 lebih kecil dari < probabilitas 0.05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel X (Mata Pelajaran PKn) berpengaruh terhadap variabel Y (Keterampilan Berpartisipasi Siswa). Berdasarkan nilai t: diketahui nilai thitung  = 2,639  > ttabel = 1,666, sehingga dapat disimpulkan bahwa Mata Pelajaran PKn berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan berpartisipasi siswa. hipotesis (H1) diterima karena terdapat pengaruh yang signifikan dan bersifat positif dan signifikan, dengan besaran pengaruh sebesar setiap pertambahan 20% variabel Pendidikan Kewarganegaraan (X) maka variabel Keterampilan Partisipasi (Y) akan bertambah sebanyak 0,209.

Kata kunci: Pendidikan Kewarganegaraan, Keterampilan Partisipasi, Partisipasi Siswa, Warga Negara

 

Abstract

This study aims to determine the effect of Civics Subjects on increasing Student Participation Skills as a Form of Active Citizen Engagement. This research was conducted at SMP Negeri 10 Tangerang in the 2021/2022 academic year. The research method used is a quantitative method with descriptive statistical techniques. The population in this study were students of class VII and VII of SMPN 10 Tangerang in the academic year 2021/2022. The sampling technique used is purposive random sampling. The results showed that there was a significant influence between Citizenship Education Subjects on student participation skills, based on the significance value (from the coefficients table) obtained a significance value of 0 which is smaller than < 0.05 probability. So it can be concluded that the variable X (Civil Education Subjects) has an effect on the Y variable (Student Participation Skills). Based on the value of t: it is known that the value of tcount = 2,639 > ttable = 1,666, so it can be concluded that Civics Subjects have an effect on increasing students' participation skills. hypothesis (H1) is accepted because there is a significant and positive and significant effect, with the magnitude of the effect of every 20% increase in the Citizenship Education variable (X) then the Participation Skills variable (Y). will increase by 0.209.

Keywords: Civic Education, Participation Skills, Student Participation, Citizen

References

DAFTAR PUSTAKA

Akdon, dan Riduwan, 2013. Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta

Apergis, N. (2017). Education and democracy: New evidence from 16st countries. Economic Modelling, (September), 1–9. https://doi.org/10.1016/j.econmod.2017.12.001

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendektan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti D, Siti Irene. 2011. Desentralisasi dan Partisipasi dalam Pendidikan. Yogyakarta : UNY

Budimansyah, D. dan Suryadi, Karim. (2008). PKn dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program Studi PKn SPs UPI.

Cogan, J John and Raymond Derricott. (1998). Citizenship Education in 21st Century. London: Kogan Page.

Depdiknas Direktorat Pembinaan SMP. 2006. Pradigma Baru Pembelajaran PPKn

Boniolo, G., & Schiavone, G. (2015). Deliberation and Democracy. International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition (Second Edi, Vol. 5). Elsevier https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.93030-7

Cunningham, F. (2015). Democratic Theory. International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition, 5, 90–96. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.93032-0

Dahlum, Sirianne & Carl Henrik Knutsen (2017) Do Democracies Provide Better Education? Revisiting the Democracy–Human Capital Link, World Development 94: 186–199.

Dwiningrum, S.I.A. 2011. Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fasli Jalal dan Dedi Supriadi. (2001) Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah.Yogyakarta, Adicita.

Gökçe, A. F., Apari, Ş., & Gündüz, B. (2015). Intra-party Education and its Impact on Democracy. Procedia Social and Behavioral Sciences, 174, 85–90. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.630

Gunawan, Imam. 2016. Pengantar Statisika Inferensial. Jakarta: Rajawali

H.A.R Tilaar (2009). Kekuasaan dan Pendidikan: Manajemen Pendidikan Nasional dalam Pusaran Kekuasaan. Jakarta: Rineka Cipta.

Halimatus Sadiah, Tetep. (2020). Efektivitas Pembelajaran PPKn Berbasis Daring Terhadap Partisipasi Belajar Peserta Didik DI SMAN 11 Garut. Institut Pendidikan Indonesia (IPI) Garut.

Johnson, D. W., & Johnson, R. (2016). Cooperative learning and teaching citizenship in democracies. International Journal of Educational Research, 76 (2015), 162–177. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2015.11.009

Kartono & Kartini. (2009). Pendidikan politik. Bandung: Mandar maju.

Maftuh, B. & Sapriya. (2005). Implementasi KBK PKn dalam berbagai konteks. Jurnal Civicus. Jurusan PMPKn FPIPS UPI, Bandung.

Nasiwan. (2010). Teori-teori Politik Indonesia. Yogyakarta: Omba

Nungki Dwi Abshita Rini dan Sugijanto. (2009). Implementasi Nilai-Nilai Demokrasi Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Journal Democrasi, 3. https://doi.org/10.2174/138920312803582960

Nurgiansah, T. H. (2020). Filsafat Pendidikan. In Banyumas: CV Pena Persada.

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media.

Nursyah Ismail. (2016). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Tematik Untuk Meningkatkan Partisipasi Dan Hasil Belajar. Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar

Poerbakawatja, Soegarda. 1981. Ensiklopedi Pendidikan. Jakarta. Gunung Agung.

Riduwan. 2015. BELAJAR MUDAH PENELITIAN Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Prewitt, Kenneth, Dawson, Richard E., Dawson Karen 5.,1977, Political Socialization, Boston: Little Brown and Company.

Ramlan Surbakti, 1992, Memahami Ilmu Politik, Jakarta, Grasindo.

Riduwan. 2015. BELAJAR MUDAH PENELITIAN Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rini Yuliani. (2013). Implementasi Nilai – Nilai Demokrasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Smp Negeri 3 Gringsing Batang. Universitas Negeri Semarang.

Sapriya. (2007). “Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membangun Karakter Warga Negaraâ€. Jurnal Sekolah

Selcuk, G., Altintas, G., & Ciritci, H. M. (2015). “Adventure of Democracy†Seen Through Animal Metaphors Created By 6th Grade Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191, 185– 189. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.383

Setiawan, Budi. 2015. Teknik praktis analisis data penelitian sosial dan bisnis dengan SPSS. Yogyakarta: Penerbit Andi

Skapska, G. (2015). Law and Democracy. International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition, 13, 435–442. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.86046-8.

Soemantri, N. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikkan IPS. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sri Hapsari. (2015). Internalisasi Nilai-Nilai Demokrasi Dalam Budaya Sekolah, 2(2), 184–193. https://doi.org/10.15408/sd.v

Sri Gunarsi Wahono, B. A. N. dan T. (2014). Pelaksanaan nilai demokrasi di kalangan mahasiswa, 85–92.

Subandiyah. (1982). Partisipasi Masyarakat dalam Pelaksanaan Kurikulum Muatan Lokal di SD se-Jawa tengah. Skripsi. FIP-UNY.

Sugiyah. 2010. Partisipasi Komite Sekolah dalam Penyelenggaraan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional di Sekolah Dasar Negri IV Wates, Kabupaten Kulon Progo. Tesis PPs UNY.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan ke-25.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sumampouw, Monique. 2004. Perencanaan Darat-Laut yang Terintegrasi dengan Menggunakan Informasi Spasial yang Partisipatif. Jakarta: Pradya Paramita.

Surbakti, R 2010. Memahami ilmu politik. Jakarta: PT.Gramedia.

Wahab, A.A. & Sapriya. 2011. Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabetha.

Willie Wijaya. 2004. Kamus Lengkap Inggris-Indonesia. Semarang: Bintang Jaya.

Winarno. (2013). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, strategi dan penilaian. Jakarta: PT Bumi Aksara

Yoldaş, Ö. B. (2015). Civic Education and Learning Democracy: Their Importance for Political Participation of Young People. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174 (286), 544–549. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.703

Yung, B. (2010). Can Confucianism add value to democracy education? Procedia –Social and Behavioral Sciences, 2(2), 1919–1926. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.1010

Zamroni. 2001. Pendidikan untuk Demokrasi. Yogyakarta: Biograf Publishing.

Zamroni. 2007. Pendidikan dan demokrasi dalam transisi: Prakondisi menuju era globalisasi. Jakarta: PSAP Muhammadiyah.

Downloads

Published

2022-04-25

Issue

Section

Articles