Inkonsistensi Pendidikan Kewarganegaraan Indonesia di Era Society 5.0

Authors

  • Qatrunnada Yasinta Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Fatma Ulfatun Najicha Universitas Sebelas Maret Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2527

Abstract

Abstrak

Perkembangan globalisasi yang terjadi didunia ini mempengaruhi banyak sekali sektor dan perubahan-perubahan yang sangat signifikan. Dari banyaknya perubahan yang terjadi i ada satu hal yang sangat mempengaruhi di semua sektor yaitu revolusi industry society 5.0 termasuk perubahan yang sangat amat pesat, sebelumnya indrusti ini sudah pernah berjalan di era sebelumnya yaitu Society 4.0. Industri ini pada awal mulanya adalah revolusi diam-diam yang dimulai Jepang karena menjajikan masyarakat untuk selalu berevolusi. Fokus dari society 5.0 ini mementingkan masyarakat dapat berinovasi di bidag teknologi informasi. Teknologi Informasi pada saat ini sangat mempengaruhi pada seluruh bidang dan sektor di kehidupan masyarakat, termasuk bidang pendidikan. Di era society4.0 hanya berfokus pada satu sektor, yaitu sektor industry tetapi seiring berjalannya waktu society 5.0 ini sudah berkembang sehingga sekarang fokusnya ada di beberapa bidang seperti di sektor ekonomi dan pendidikan. Tujuan dari revolusi ini untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan menggunakan semua potensi yang telah diperoleh.

Kata kunci: globalisasi, revolusi, society

 

Abstract

The development of globalization that occurs in this world affects many sectors and changes that are very significant. From the many changes that have occurred to me, there is one thing that greatly affects all sectors, namely the society 5.0 industrial revolution, including very rapid changes, the industry has previously been running in the previous era,  Society 4.0. This industry was originally a silent revolution that started in Japan due to the promise of society to always evolve. The focus of society 5.0 is that people can see the field of information technology. Information technology at this time greatly affects all fields and sectors of people's lives, including the field of education. In the era of society4.0 it only focused on one sector, namely the industrial sector but over time society 5.0 developed so that now the focus is on several fields such as the economic and education sectors. The aim of this revolution is to improve the quality of people's lives by using all the potential that has been obtained.   

Keywords: globalization, revolution, society

References

DAFTAR PUSTAKA

Aku Generasi Unggul Masa Depan, Generasi Muda Harapan Bangsa. (n.d.).

Alam, S. (2019). Higher Order Thinking Skills (HOTS): Kemampuan Memecahkan Masalah, Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pendidikan Seni untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0 pada Era Society 5.0.

Di, S., Society, E. R. A., & Darmiyanti, A. (2022). ROLE MODEL GURU SEBAGAI ASAS PENDIDIKAN KARAKTER. 9(1), 69–79.

Integrasi, S., Di, P., Society, E. R. A., Kuliah, M., & Kesehatan, E. (2021). IMPLEMENTASI RANCANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS TPACK UNTUK MENINGKATKANHASIL BELAJAR. 14(2), 111–119.

Kahar, M. I., Cikka, H., Afni, N., & Wahyuningsih, N. E. (n.d.). PENDIDIKAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 MENUJU ERA SOCIETY 5.0 DI MASA PANDEMI COVID 19. In Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (Vol. 2, Issue 1).

Malida, S. (n.d.). PENDIDIKAN INKLUSIF BERBASIS KEARIFAL LOKAL DALAM MENGHADAPI ERA SOCIETY 5.0: KAJIAN LITERATUR DAN SITEMATIKA REVIEW DI INDONESIA. https://doi.org/10.17509/jpis.v29i2.29501

Nastiti, F. E., Ni’mal ’abdu, A. R., & Kajian, J. (n.d.). Edcomtech Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi era society 5.0.

Ngudi, U., & Semarang, W. (2021). MEMBANGUN KARAKTER PANCASILA DALAM MENGHADAPI ERA SOCIETY 5.0 Binov Handitya. 2(2), 45–58.

Nurdiana, W., Harsoyo, R., Miftahul, S., Nglawak, U., & Nganjuk, K. (2021). Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam. 03(2).

Nurgiansah, T. H. (2020). Filsafat Pendidikan. In Banyumas: CV Pena Persada.

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media.

Prasetya Wibawa, R., & Ririn Agustina, D. (n.d.). PERAN PENDIDIKAN BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI ERA SOCIETY 5.0 SEBAGAI PENENTU KEMAJUAN BANGSA INDONESIA 1) 2).

Putu, N., Parwati, Y., & Pramartha, N. B. (n.d.). STRATEGI GURU SEJARAH DALAM MENGHADAPI TANTANGAN PENDIDIKAN INDONESIA DI ERA SOCIETY 5.0. https://doi.org/10.5281/zenodo.4661256

RAHMAWAN, A. Z., & EFFENDI, Z. (2022). Implementasi Society 5.0 Dalam Kebijakan Dan Strategi Pendidikan Pada Pandemi Covid-19. STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 2(1), 34–43. https://doi.org/10.51878/strategi.v2i1.861

Sabri, I. (2019). Peran Pendidikan Seni Di Era Society 5.0 untuk Revolusi Industri 4.0.

Sasikirana, V., & Herlambang, Y. T. (n.d.). E-Tech URGENSI MERDEKA BELAJAR DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DAN TANTANGAN SOCIETY 5.0. https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00

Setiawan, D., & Lenawati, M. (2020). Peran Dan Strategi Perguruan Tinggi Dalam Menghadapi Era Society 5.0. In Research : Journal of Computer (Vol. 3, Issue 1).

Society, D. I. E. R. A., & Ramdhan, W. (2021). MASYARAKAT BIJAK DALAM MEMANFAATKAN SOSIAL MEDIA PENDAHULUAN

Sugiono, S. (2021). Peran E-Government dalam Membangun Society 5.0: Tinjauan Konseptual terhadap Aspek Keberlanjutan Ekonomi, Sosial, dan Lingkungan. Matra Pembaruan, 5(2), 115–125. https://doi.org/10.21787/mp.5.2.2021.115-125

Sururuddin, M., Husni, M., Jauhari, S., & Aziz, A. (n.d.). Strategi Pendidik Dengan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Menghadapi Era Society 5.0 (Vol. 7, Issue 1).

Titra, W., Sekolah, G., Agama, T., Mpu, H. N., & Singaraja, K. (2021). PRAMANA Jurnal Hasil Penelitian E-Learning Menjadi Platform Pembelajaran Era Society 5.0. In PRAMANA Jurnal Hasil Penelitian (Vol. 1, Issue 1).

Untuk, H., Era, M., Nurhaddi, R. P., & Budiyanto, M. (2020). PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS. 8(3), 282–287.

Downloads

Published

2022-04-25

Issue

Section

Articles