Inkonsistensi Pendidikan Kewarganegaraan Indonesia di Era Society 5.0
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2527Abstract
Abstrak
Perkembangan globalisasi yang terjadi didunia ini mempengaruhi banyak sekali sektor dan perubahan-perubahan yang sangat signifikan. Dari banyaknya perubahan yang terjadi i ada satu hal yang sangat mempengaruhi di semua sektor yaitu revolusi industry society 5.0 termasuk perubahan yang sangat amat pesat, sebelumnya indrusti ini sudah pernah berjalan di era sebelumnya yaitu Society 4.0. Industri ini pada awal mulanya adalah revolusi diam-diam yang dimulai Jepang karena menjajikan masyarakat untuk selalu berevolusi. Fokus dari society 5.0 ini mementingkan masyarakat dapat berinovasi di bidag teknologi informasi. Teknologi Informasi pada saat ini sangat mempengaruhi pada seluruh bidang dan sektor di kehidupan masyarakat, termasuk bidang pendidikan. Di era society4.0 hanya berfokus pada satu sektor, yaitu sektor industry tetapi seiring berjalannya waktu society 5.0 ini sudah berkembang sehingga sekarang fokusnya ada di beberapa bidang seperti di sektor ekonomi dan pendidikan. Tujuan dari revolusi ini untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan menggunakan semua potensi yang telah diperoleh.
Kata kunci: globalisasi, revolusi, society
Â
Abstract
The development of globalization that occurs in this world affects many sectors and changes that are very significant. From the many changes that have occurred to me, there is one thing that greatly affects all sectors, namely the society 5.0 industrial revolution, including very rapid changes, the industry has previously been running in the previous era,  Society 4.0. This industry was originally a silent revolution that started in Japan due to the promise of society to always evolve. The focus of society 5.0 is that people can see the field of information technology. Information technology at this time greatly affects all fields and sectors of people's lives, including the field of education. In the era of society4.0 it only focused on one sector, namely the industrial sector but over time society 5.0 developed so that now the focus is on several fields such as the economic and education sectors. The aim of this revolution is to improve the quality of people's lives by using all the potential that has been obtained.  Â
Keywords: globalization, revolution, society
References
DAFTAR PUSTAKA
Aku Generasi Unggul Masa Depan, Generasi Muda Harapan Bangsa. (n.d.).
Alam, S. (2019). Higher Order Thinking Skills (HOTS): Kemampuan Memecahkan Masalah, Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pendidikan Seni untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0 pada Era Society 5.0.
Di, S., Society, E. R. A., & Darmiyanti, A. (2022). ROLE MODEL GURU SEBAGAI ASAS PENDIDIKAN KARAKTER. 9(1), 69–79.
Integrasi, S., Di, P., Society, E. R. A., Kuliah, M., & Kesehatan, E. (2021). IMPLEMENTASI RANCANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS TPACK UNTUK MENINGKATKANHASIL BELAJAR. 14(2), 111–119.
Kahar, M. I., Cikka, H., Afni, N., & Wahyuningsih, N. E. (n.d.). PENDIDIKAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 MENUJU ERA SOCIETY 5.0 DI MASA PANDEMI COVID 19. In Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (Vol. 2, Issue 1).
Malida, S. (n.d.). PENDIDIKAN INKLUSIF BERBASIS KEARIFAL LOKAL DALAM MENGHADAPI ERA SOCIETY 5.0: KAJIAN LITERATUR DAN SITEMATIKA REVIEW DI INDONESIA. https://doi.org/10.17509/jpis.v29i2.29501
Nastiti, F. E., Ni’mal ’abdu, A. R., & Kajian, J. (n.d.). Edcomtech Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi era society 5.0.
Ngudi, U., & Semarang, W. (2021). MEMBANGUN KARAKTER PANCASILA DALAM MENGHADAPI ERA SOCIETY 5.0 Binov Handitya. 2(2), 45–58.
Nurdiana, W., Harsoyo, R., Miftahul, S., Nglawak, U., & Nganjuk, K. (2021). Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam. 03(2).
Nurgiansah, T. H. (2020). Filsafat Pendidikan. In Banyumas: CV Pena Persada.
Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media.
Prasetya Wibawa, R., & Ririn Agustina, D. (n.d.). PERAN PENDIDIKAN BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI ERA SOCIETY 5.0 SEBAGAI PENENTU KEMAJUAN BANGSA INDONESIA 1) 2).
Putu, N., Parwati, Y., & Pramartha, N. B. (n.d.). STRATEGI GURU SEJARAH DALAM MENGHADAPI TANTANGAN PENDIDIKAN INDONESIA DI ERA SOCIETY 5.0. https://doi.org/10.5281/zenodo.4661256
RAHMAWAN, A. Z., & EFFENDI, Z. (2022). Implementasi Society 5.0 Dalam Kebijakan Dan Strategi Pendidikan Pada Pandemi Covid-19. STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 2(1), 34–43. https://doi.org/10.51878/strategi.v2i1.861
Sabri, I. (2019). Peran Pendidikan Seni Di Era Society 5.0 untuk Revolusi Industri 4.0.
Sasikirana, V., & Herlambang, Y. T. (n.d.). E-Tech URGENSI MERDEKA BELAJAR DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DAN TANTANGAN SOCIETY 5.0. https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00
Setiawan, D., & Lenawati, M. (2020). Peran Dan Strategi Perguruan Tinggi Dalam Menghadapi Era Society 5.0. In Research : Journal of Computer (Vol. 3, Issue 1).
Society, D. I. E. R. A., & Ramdhan, W. (2021). MASYARAKAT BIJAK DALAM MEMANFAATKAN SOSIAL MEDIA PENDAHULUAN
Sugiono, S. (2021). Peran E-Government dalam Membangun Society 5.0: Tinjauan Konseptual terhadap Aspek Keberlanjutan Ekonomi, Sosial, dan Lingkungan. Matra Pembaruan, 5(2), 115–125. https://doi.org/10.21787/mp.5.2.2021.115-125
Sururuddin, M., Husni, M., Jauhari, S., & Aziz, A. (n.d.). Strategi Pendidik Dengan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Menghadapi Era Society 5.0 (Vol. 7, Issue 1).
Titra, W., Sekolah, G., Agama, T., Mpu, H. N., & Singaraja, K. (2021). PRAMANA Jurnal Hasil Penelitian E-Learning Menjadi Platform Pembelajaran Era Society 5.0. In PRAMANA Jurnal Hasil Penelitian (Vol. 1, Issue 1).
Untuk, H., Era, M., Nurhaddi, R. P., & Budiyanto, M. (2020). PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS. 8(3), 282–287.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Qatrunnada Yasinta, Fatma Ulfatun Najicha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.