Pengaruh Komitmen dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Penumpang Maskapai "X" di Bandar Udara Tjilik Riwut

Authors

  • Cindy Chrestina Apriana Tinggam Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
  • Arif Fakhrudin Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2574

Abstract

Abstrak

Loyalitas konsumen merupakan elemen penting untuk keberhasilan dan keuntungan suatu perusahaan karena semakin tinggi tingkat loyalitas pelanggan terhadap suatu layanan, maka konsumen akan cenderung membeli kembali layanan tersebut lebih sering dan mau mengeluarkan uang lebih banyak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Komitmen dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Penumpang Maskapai “Xâ€. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei, dengan instrumen angket dan subjek penelitian yang digunakan adalah pengguna jasa maskapai “X†di Bandar Udara Tjilik Riwut Palangkaraya yang berjumlah 100 orang. Teknik analisis data dan pengujian data hipotesis yang diterapkan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda menggunakan SPSS versi 24 sebagai alat bantu pengolahan data. Hasil analisis dengan menggunakan uji t (parsial) variabel Komitmen memperoleh hasil 4,544 > 1,985 dan Kepercayaan 5,324 > 1,985 yang berarti bahwa variabel Komitmen dan Kepercayaan secara parsial berpengaruh terhadap Loyalitas. Hasil pengujian uji F (simultan) memperoleh hasil 80,453 > F tabel 3,09 yang berarti Komitmen dan Kepercayaan secara simultan mempunyai pengaruh terhadap Loyalitas. Maka berdasarkan hasil dari pengujian hipotesis H1 dan H2 diterima yang memiliki arti adanya pengaruh signifikan antara Komitmen dan Kepercayaan terhadap Loyalitas penumpang Maskapai “X†di Bandar Udara Tjilik Riwut.

Kata Kunci: Komitmen, Kepercayaan, Loyalitas

 

Abstract

Cunsumer loyalty is an important element for the success and profit of a company because the higher the level of customer loyalty to a service, the consumers will tend to repurchase the service more often and be willing to spend more money. The purpose of this study was to determine the Effect of Commitment and Trust on Passengers Loyalty of Airline “Xâ€. This research is a quantitative study using a survey method, with a questionnaire instrument and the research subject used is the service user of the airline “X†at Tjilik Riwut Airport, Palangkaraya, totaling 100 people. The technique of data analysis and hypothesis testing applied in this research is multiple linear regression analysis using SPSS version 24 as a data processing tool. The results of the analysis using the t-test (partial) of the Commitment variable obtained results of 4,544 > 1,985 and Trust 5,324 > 1,985, which means that the Commitment and Trust variables partially affect Loyalty. The results of the F test (simultaneous) obtained the results of 80,453 > F table 3,09, which means that commitment and trust simultaneously have an influence on loyalty. So based on the results of hypothesis testing H1 and H2 are accepted which means that there is a significant influence between Commitment and Trust on the Loyalty of Airline “X†passengers at Tjilik Riwut Airport

Keyword: Commitment, Trust, Loyalty

References

DAFTAR PUSTAKA

Bahrudin, M dan Zuhro, S. (2015). Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan.

Darusman, D. (2018). Pengaruh Kepercayaan dan Komitmen terhadap Loyalitas Nasabah PT. U Finance Medan.

Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif:Beberapa Konsep Dasar untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data dengan SPSS.

Fabella, R. A. (2018). Pengaruh Pengembangan Karir dan Komitmen Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adi Soemarmo Surakarta.

Fakhrudin, A. (2020). Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Penumpang Maskapai Garuda Indonesia di Bandar Udara Adi Soemarmo.

Hariyatiningsih, A., Suddin, A., & Ernawati, E.. (2016). Pengaruh Service Quality terhadap Customer Loyalty dengan Customer Satisfaction dan Airline Image sebagai Pemediasi (Survei pada Pengguna Jasa Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia Airline di Kota Surakarta dan DIY). Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 10(2), 143–160.

Kotler, P., dan Kevin, K. L. (2016). Marketing Management 16 edition. New Jersey:Pearson.

Laely, N. (2016). Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan pada PT Telkomsel di Kota Kediri. Ilmu Ekonomi & Manajemen, 3(2), 61–74.

Lapasiang, D., dkk (2017). Pengaruh Kepercayaan dan Komitmen Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Karombasan Manado.

Mowen, J. C., dan Micheal, M. (2012). Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.

Nurgiansah, T. H. (2020). Filsafat Pendidikan. In Banyumas: CV Pena Persada.

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media.

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 39 Tahun 2019 Tatanan Kebandarudaraan Nasional. 20 Mei 2019. Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2019 Nomor 594. Jakarta.

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 105 Tahun 2017 Pelimpahan Tanggung Jawab dan Fungsi Pengawasan Operasi Pesawat Udara. 12 Oktober 2017. Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2017 Nomor 1984. Jakarta.

Prasetyo, W. B. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Swalayan Luwes Purwodadi ). Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(2), 1–13.

Priyatno, D. (2010). Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS dan Tanya Jawab Ujian Pendadaran. Yogyakarta: Gaya Media.

Qulba, P. A. dan Nurbaya, S. (2019). Pengaruh Komitmen dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Guest House Front One Inn De Laia Malang).

Razak, Abdul. (2017). Demografi Nasabah Sebagai Variabel Moderasi Pengaruh Kepuasan, Kepercayaan Dan Komitmen Terhadap Loyalitas Pada Bank Di Sulawesi Tenggara.

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian.

Sandada, Maxwell dan Bright Matibiri. (2016). An Investigation into the impact of service quality, frequent flier programs and safety perception on satisfaction and customer loyalty in the airline industry in Southhern Africa. South East European Journal of Economics and Business.

Sangadji, M., dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis.

Setiawan, M. B. dan Ukudi. (2007). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan dan Komitmen Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi pada PD.BPR Bank Pasar Kendal).

Siregar, Syofian. (2014). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2014). Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

________. (2018). Metode Penelitian Manajemen. Bandung : Alfabeta.

Sumarwan, Ujang. (2011). Perilaku Konsumen. Bogor:Ghalia Indonesia

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2009 Penerbangan. 12 Januari 2009. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 1. Jakarta.

Wahyusetyawati, E. (2017). Dilema pengaturan transportasi online.

Yusup, H. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif.

Downloads

Published

2022-05-09

Issue

Section

Articles