Pengaruh Berita Kecelakaan Pesawat Terhadap Loyalitas Penumpang Lion Air Di Bandar Udara Haluoleo Kendari
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2591Abstract
Abstrak
Ketika mendengar berita kecelakaan pesawat, masyarakat terutama pelanggan setia Lion Air akan mengaitkan penyebab kecelakaan dengan manajemen operasi dan keselamatan, dan menimbulkan ketidakpercayaan emosional terhadap maskapai. Jika para pelanggan setia kehilangan kepercayaan terhadap perusahaan maka akan menyebabkan perusahaan kehilangan loyalitas pelanggannya dan hal ini akan mengakibatkan kerugian bagi perusahaan karna pelanggan yang kecewa akan berhenti membeli atau memakai jasa perusahaan tersebut dan beralih ke perusahaan lain serta memberitahu kepada orang lain dan akan berdampak pada citra perusahaan. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui adakah pengaruh berita kecelakaan pesawat pada loyalitas penumpang Lion Air dan seberapa besar pengaruhnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menyebarkan angket/kuesioner pada 100 responden. Data yang didapatkan dari penyebaran kuesioner kemudian diuji dengan menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji koefisien determinasi R memakai aplikasi SPSS 25.0. Berdasarkan hasil pengujian regresi linier sederhana, koefisien regresi dari Berita Kecelakaan (X) adalah 0,533. Artinya arah pengaruh variabel X pada Y positif atau searah serta diketahui skor signifikansinya 0,000 yang artinya dibawah 0,05 artinya bisa ditarik kesimpulan bahwasanya ada pengaruh secara signifikan antara pengaruh berita kecelakaan pesawat terhadap loyalitas penumpang dan didasarkan pada hasil pengujian koefisien determinasi, skor R square senilai 0,457 yang artinya pengaruh variabel Berita Kecelakaan pada variabel Loyalitas Penumpang Lion Air sebesar 45,7%.
Kata kunci: Berita kecelakaan pesawat, loyalitas pelanggan, Lion Air
Â
Abstract
When hearing the news of the plane crash, the public, especially Lion Air's loyal customers, will attribute the cause of the accident to operations management and safety, and create emotional distrust of the airline. If loyal customers lose confidence in the company, it will cause the company to lose customer loyalty and this will result in losses for the company because disappointed customers will stop buying or using the company's services and switch to other companies and notify others and will have an impact on the company's image. This research is aimed at finding out whether the influence of the news of the plane crash on the loyalty of Lion Air passengers and how much influence it has. This study used quantitative research methods by distributing questionnaires to 100 respondents. The data obtained from the spread of the questionnaire was then tested using a simple linear regression test and an R determination coefficient test using the SPSS 25.0 application. Based on the results of a simple linear regression test, the regression coefficient of accident news (X) is 0.533. This means that the direction of influence of variable X on Y is positive or unidirectional and known significance score of 0.000 which means below 0.05 means that it can be concluded that there is a significant influence between the influence of plane crash news on passenger loyalty and based on the results of the determination coefficient test, the R square score is worth 0.457 which means the influence of the Accident News variable on the Lion Air Passenger Loyalty variable of 45.7%.
Keywords: Airplane accident news, customer loyalty, Lion Air
References
DAFTAR PUSTAKA
Aaker, D. A. (1997). Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Mitra Utama.
Alma, B. (2005). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan, 2009, Transportasi Dalam Angka.
Damardjati, R.S. 1995. Istilah-Istilah Dunia Pariwisata. PT. Pradnya Paramitha, Jakarta.
Data Ardhia, 1996, Perhubungan Udara Dalam Angka Tahun 1996 (Edisi Angkutan Udara Berjadwal), Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan.
Data Ardhia, 2002, Perhubungan Udara Dalam Angka, Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan.
Fitria, Nuzila. 2016. Pengaruh Terpaan Berita tentang Maskapai Lion Air di Media Internet Terhadap Persepsi Risiko Mahasiswa Perantauan Asal Pekanbaru.Skripsi.Universitas Riau
Gerson, R.F. (2004). Mengukur Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PPM.
Handoyo, S., & Sudibyo, D., 2010, Aviapedia Ensiklopedia Umum Penerbangan, PT. Kompas Media Nusantara, Jakarta.
Hasyim, Farida,2009, Hukum dagang, Sinar Grafika, Jakarta, hlm. 95.
ICAO, 2001, Annex 13 Aircraft Accident and Incident Investigation – Ninth Edition, International Civil Aviation Organization, Montreal,Canada.
Insani, Muchlisah.2015.Pengaruh Kepercayaan dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Maskapai Penerbangan Lion Air di Kota Padang. Jurnal Universitas Andalas
KNKT, 2012, Data Kecelakaan Transportasi Udara tahun 1988 – 2012, Komite Nasional keselamatan Transportasi, Indonesia, Tidak Dipublikasikan.
Kotler , P. & Keller, K.L. (2012), Manajemen pemasaran Jilid I edisi ke 12.Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. and Armstrong, G. (2004). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran, Jakarta: Indeks.
Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran, Edisi 11. Jilid II. Jakarta: Indeks.
Lellyana,Putri Atikah.2015.Pengaruh Berita Kecelakaan Pesawat Maskapai Penerbangan Air Asia Di Media Online Terhadap Citra Jasa Penerbangan (Survey Pada Mahasiswa Pengguna Maskapai Penerbangan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta). Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung:Remaja Rosdakarya.
Nurgiansah, T. H. (2020). Filsafat Pendidikan. In Banyumas: CV Pena Persada.
Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media.
Penerbangan Sipil, PT. Raja Grafindo Persada,Jakarta.
Romli, Asep Syamsul M. (2014). Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendekia
Sumadiria, AS Haris. (2016). Jurnalistik Indonesia: Menulis berita dan Feature Panduan Praktis Jurnalis Profesional. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Sugiyono, 2017, Metedelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. (Bandung: ALFABETA)
Tamburaka,Apriadi. 2012. Agenda Setting Media Massa.Jakarta:Rajawali Pers.
Tualage R. E. C.(2019)Hubungan antara kualitas pelayanan dengan loyalitas pelanggan pengguna transportasi online go-jek di Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Psikologi。Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang penerbangan
Wahyudi, Pengaruh Berita Tentang Kecelakaan Pesawat Terhadap Pengambilan Keputusan Pengguna Maskapai Lion Air Rute Yogyakarta-Pontianak di Yogyakarta International Airport. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan.
Wibisono,Kunto.2014.Penerbangan dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Maskapai Penerbangan Lion Air di Yogyakarta. Jurnal optimal 11-11.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Wa Ode Yufilda Yunus, Septiyani Putri Astutik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.