Implementasi Pemanfaatan Media Rolling Ball Games Dalam Pembelajaran PPKn
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2600Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa permainan Rolling Ball Games dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kelas VII di sekolah menengah pertama agar meningkatkan motivasi belajar dan mengetahui hasil belajar siswa. Dimana yang kita ketahui bahwa sekarang salah satu permasalahan di dunia pendidikan yaitu tentang sarana dan prasarana, sehingga guru dituntut untuk lebih kreatif dalam meningkatkan cara proses pembelajran dikelas dengan contoh cara menggunakan alat media pembelajaran. Salah satu media yang menarik atau mengatasi kebosanan siswa(i) dalam proses pembelajaran berbasis permainan, seperti penerapan media pembelajaran Rolling Ball Games. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran Rolling Ball Games dalam penerapan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegraaan (PPKn) di sekolah tingkat SMP. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa praktek, implementasi media pembelajaran Rolling Ball Games memotivasi belajar siswa pada aspek keaktifan belajar dan semangat belajar dan meningkatkan aspek ketertarikan motivasi belajar siswa.
Kata Kunci: Media pembelajaran, Rolling Ball Games , Kreativitas dan Keaktifan.
Â
Abstract
This study aims to develop learning media in the form of Rolling Ball Games in learning Pancasila and Citizenship Education (PPKn) class VII in junior high schools in order to increase learning motivation and determine student learning outcomes. Where do we know that now one of the problems in the world of education namely about facilities and infrastructure, so that teachers are required to be more creative in improving the way the learning process in class with examples of how to use learning media tools. One of the media that attracts or overcomes student boredom (i) in the game-based learning process, such as the application of the Rolling Ball Games learning media. This research develops Rolling Ball Games learning media in the application of Pancasila and Citizenship Education (PPKn) learning, at the junior high school level. Data collection techniques in this research are in the form of practice, implementation of Rolling Ball Games learning media to motivate student learning in the aspect of learning activity and enthusiasm for learning and increase aspects of interest in student learningmotivation.
Keywords: Learning media, Rolling Ball Games, Creativity and Activenes
References
DAFTAR PUSTAKA
Azami, B., Dessolina, D., Kristina, E., Pratiwi, M., Handayani, N., Freticilia, S. G., & Leonard, L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Rolling Ball untuk Materi Fungsi dan Invers. Journal of Instructional Development Research, 2(2), 69–80.
Hidayat, H., Mulyani, H., Nurhasanah, S. D., Khairunnisa, W., & Sholihah, Z. (2020). Peranan Teknologi Dan Media Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 57–65. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpku.v8i2.24759.v
Hijrah, H., Syuaib, D., & Mahfudz, A. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Globalisasi Di Kelas IV SDN NO. 1 Boneoge. Jurnal Dikdas, 2(2), 17–25.
Himam, M. W., Mufida, L., Zukhaira, Z., & Miftahudin, A. (2017). ROLLING BALL: PENGEMBANGAN MEDIAPEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARABAHASA ARAB KELAS VIII MTsDI KABUPATEN PEKALONGAN. Lisanul’ Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 6(1), 50–55. https://doi.org/10.15294/LA.V6I1.14398
Idris, M. H. (2015). Strategi Pembelajaran Yang Menyenangkan (Cet. 2). Luxima Metro Media.
Jamaluddin, S. (2020). Implementasi Pemanfaatan Aplikasi QR Code dalam Proses Pembelajaran PPKn. Jurnal Kreatif Online, 8(3), 195–201.
Jamaludin, J., & Alanur, S. N. (2021). Pengembangan Civic Knowledge Dan Literasi Informasi Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Case Method Pada Mahasiswa Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(01), 28–36. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v11i01.10083
Jaya, F. (2019). Perencanaan Pembelajaran. UIN Sumatra Utara.
Khumairoh, S., & Purwanti, A. R. (2020). MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PPKN DENGAN MODEL ASSURE Pendidikan merupakan proses Undang-Undang. 4(1), 31–37.
Kisman, N., Saneba, B., & Hasdin, H. (2014). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn Melalui Metode Simulasi di Kelas V SDN Pembina Tataba. Jurnal Kreatif Tadulako, 2(3), 59–65.
Mahpudz, A., Etta, N. S., Nu’man, A. M., Alanur, S. N., Riandana, T. E., & Syuaib, D. (2021). Pengembangan Konten Pembelajaran Karakter Bela Negara pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Era Kenormalan Baru. Ejournal.Fkip.Unsri.Ac.Id, 1, 102–111.
Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media.
Nurgiansah, T. H., & Sukmawati. (2020). Tantangan Guru Pendidikan Kewarganegaraan Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Jurpis: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 17(2), 139–149.
Oemar Hamalik. (2007). Proses Belajar Mengajar (Cet. II). PT Bumi Aksara.
Pontoh, H., Jamaludin, & Hasdin. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas V SD Inpres Salabenda Kecamatan Bunta. Jurnal Kreatif Taduloko, 4(11), 203.
Priyastuti, K. E. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Snowball Throwing. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 92–100.
Sakti, R. O., & Hartanto, S. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Ppkn Dengan Menggunakan Model Brain Based Learning. Jurnal Kewarganegaraan, 4(1), 38–44. https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/1171
sani, R. (2014). Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. PT Bumi Aksara.
Senjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran ; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.
Sukmawati. (2019). Pelaksanaan Implementsi Penguatan Pendidikan Karakter Iintegritas Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Edu Civic Media Publikasi Prodi PPKN, 05(02), 1–11.
Sukmawati, S, & Nasran, N. (2021). Studi Pustaka Penggunaan Metode Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis E-Learning pada Mahasiswa PPKn Masa New Normal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7188–7191.
Sukmawati, Sukmawati. (2020). Implementasi Pemanfaatan Google Classroom dalam Proses Pembelajaran Online di Era Industri 4 . 0. Jurnal Kreatif Online, 8(1), 39–46.
Sumiharsono, R., & Hasanah, H. (2017). Media Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru dan Calon Pendidik. Pustaka Abadi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sukmawati Sukmawati, Jamaluddin Jamaluddin, Arliah Tri Sajana Sastrawati, Dini Prastika Lagole, Alifiyah Fitri Nuraisyah, Puspa Bandaso, Milan Milan, Askar Askar, Iqra Ifan, Rezaldi Rezaldi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.