Pemanfaatan Teka Teki Silang Sebagai Media Pembelajaran PPKn

Authors

  • Sukmawati Sukmawati Universitas Tadulako Palu
  • Jamaludin Jamaludin Universitas Tadulako Palu
  • Kumbara Kumbara Universitas Tadulako Palu
  • Irna Irna Universitas Tadulako Palu
  • Cahya Cahya Universitas Tadulako Palu
  • Madina Madina Universitas Tadulako Palu
  • Olha Olha Universitas Tadulako Palu
  • Nanang Nanang Universitas Tadulako Palu

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2608

Abstract

Abstrak

Setelah sempat tidak ada tatap muka selama beberapa waktu yang diakibatkan oleh pandemic Covid-19, kini pemerintah mengizinkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Hal ini tentu saja merupakan kabar yang menyenangkan bagi peserta didik karena setelah sekian lama belajar secara daring kini akhirnya dapat belajar secara tatap muka dan dapat bertemu dengan teman-teman. Namun tentu ada saja masalah yang di hadapi oleh para guru di awal pertemuan tatap muka,karena siswa yang terlalu lama atau sudah terbiasa belajar daring tentu saja harus beradaptasi dengan pembelajara tatap muka selain itu juga itu menambah minat belajar siswa juga harus dapat di lakukan oleh seorang guru bukan hanya memberikan materi semata. Karena pada saat pembelajaran daring tentu siswa setelah belajar akan sibuk dengan gadget mereka seperti bermain game,bersosial media dan lain-lain. Dan hal ini menyebabkan siswa betah belajar secara daring. Sekarang bagaimana cara guru agar siswa semangat dalam belajar tanpa harus bergantung pada gadget mereka.menyelingi permainan disaat jam pembelajaran dapat menjadi solusinya.media pembelajaran TTS dapat digunakan sebagai opsi untuk mengevaluasi belajar siswa apakah siswa sudah paham atau belum mengenai materi yang telah di berikan.selain dapat menambah minat beajar siswa TTS juga dapat meningkatkan Kerjasama antar siswa karena dalam menyelesaikan TTS ini dapat secara kelompok,dan dapat mempererat silaturahmi antara siswa karena lama tidak bertemu di karena kan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Kata kunci: TTS, Media Pembelajaran, Teknologi Pendidikan

 

Abstract

After having had no face-to-face meetings for some time due to the Covid-19 pandemic, the government is now allowing Face-to-face Learning (PTM). This is, of course, good news for students because after so long online learning, they are now finally able to learn face-to-face and meet friends. But of course there are problems faced by teachers at the beginning of face-to-face meetings, because students who take too long or are used to studying online, of course, have to adapt to face-to-face learning. The teacher does not only provide material. Because at the time of online learning of course students after studying will be busy with their gadgets such as playing games, social media etc. And this causes students to feel at home learning online. Now how do teachers make students enthusiastic about learning without having to rely on their gadgets. Interspersing games during learning hours can be the solution. TTS learning media can be used as an option to evaluate student learning whether students already understand or not about the material that has been given. can increase interest in learning TTS students can also increase cooperation between students because in completing this TTS can be in groups, and can strengthen the relationship between students because they haven't seen each other for a long time because of Distance Learning (PJJ).

Keywords: TTS, Instructional Media , Education Technology

References

DAFTAR PUSTAKA

Anita Maliada, Jamaludin Jamaludin, Hasdin Hasdin. Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Metode Diskusi Di Kelas III SDN 1 Okumel. Jurnal Kreatif Online, 6(4), 92-102.

Baswan Baswan. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Pada Materi Susunan Pemerintahan Daerah Melalui Metode Bermain Peran Di Kelas IV SD DDI Siboang. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(4), 258-275.

Djaila Maksdonal, Jamaludin Jamaludin, & Hasdin Hanis. Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Pokok Bahasan Kegiatan Jual Beli di Kelas III SDN Simdo. Jurnal Kreatif Online, 5(1), 101-116.

Kisman Nurfadilah, Bonifasius Saneba, & Hasdin Hasdin. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn Melalui Metode Simulasi di Kelas V SDN Pembina Tataba. Jurnal Kreatif Online, 2(3), 126-133.

Lanasir Jufri, Anthonius Palimbong, & Hasdin. Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn Melalui Metode Diskusi di Kelas III SDN Pembina Salakan Kecamatan Tinangkung Kabupaten Banggai Kepulauan. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 2(3), 154-163.

Mahpudz Asep, Anthonius Palimbong, & Alri Lande. Integrasi Nilai Toleransi pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi di Masa Pandemi COVID 19. Untirta Civic Education Journal, 6(1), 58-76.

Mohammad Andi Wasgito, Pengembangan Media Permainan Edukatif Teka-teki Silang (TTS) Dalam Proses Pembelajaran Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Kalianget. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 2(3), 37-43.

Nasia Selpiyanti, Bonifasius Saneba, & Hasdin Hasdin. Meningkatkan Kerjasama Siswa Pada Pembelajaran PKn Melalui Value Clarification Technique (VCT) di Kelas IV GKLB Sabang. Jurnal Kreatif Online, 2(3), 63-77.

Nurgiansah, T. H. (2020). Filsafat Pendidikan. In Banyumas: CV Pena Persada.

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media.

Nurgiansah, T. H., & Sukmawati. (2020). Tantangan Guru Pendidikan Kewarganegaraan Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Jurpis: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 17(2), 139–149.

Nurhafizah & H. Kaharuddin Nawing. Studens Ability to Speak an Opinion in the Application of the Discussion Method in Students of PPKn FKIP Tadulako University. Jurnal Edu Civic, 9(2), 92-105.

Patampang Sanda Samuel. Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Pendidikan Lingkungan Hidup di Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Tadulako. Jurpis:Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 17(2) 2020.

Rabiah, Imran, & Dwi Septiwiharti. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Penerapan Metode Kolaborasi Kelas V SDN 3 Parigi. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(4), 82-90.

Rusdiana H.A, M.M, Yeti Heryati. 2015, Pendidikan Profesi Keguruan (Menjadi Guru Inspiratif dan Inovatif), Bandung: CV PUSTAKA SETIA.

Sadiman S. Arief, R. Rahardjo, dkk. 2014, Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya, Jakarta: Pustekkom Dikbud dan PT RajaGrafindo Persada.

Sukmawati Sukmawati, & Nasran Nasran, Studi Pustaka Penggunaan Metode Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis E-Learning pada Mahasiswa PPKn Masa New Normal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7188-719.

Sukmawati, & Jamaluddin. Implementasi Pemanfaatan Aplikasi QR Code dalam Proses Pembelajaran PPKn. Jurnal Kreatif Online, 8(3), 195-201.

Sulastri, Sulastri, Jamaludin Jamaludin, & Hasdin Hasdin. Pemanfaatan Media Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas IV SDN 1 Toili." Jurnal Kreatif Tadulako 4.11: 114451.

Sulastri, Imran, & Arif Firmansyah. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(1), 90-103.

Tambalo Dorkas, Imran, & Dwi Septiwiharti. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Kasimbar Melalui Metode Tanya Jawab pada Mata Pelajaran PKn. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 2(4), 44-63.

Teni Nurrita. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 03(1), 171-187.

Trianti Ian, Widayati Pujiastuti, Rizal Rizal. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN di Kelas IV SDN 1 BALE Dengan Menggunakan Metode Tanya Jawab. Jurnal Dikdas, 2(1) 2014.

Downloads

Published

2022-05-18

Issue

Section

Articles