Pengaruh Promosi Penjualan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Busana Muslimah Etika (Studi Kasus pada Bintang Fasion Shop Sitanggal)
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.2628Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh promosi, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di Bintang Fasion Shop Sitanggal. Variabel penelitian ini adalah promosi, kualitas pelayanan dan keputusan pembelian. Populasi penelitian ini adalah seluruh pelanggan Bintang Fasion Shop Sitanggal dan sampel dengan jumlah 70 responden. Metode dalam mengumpulkan data penelitian adalah memakai kuesioner dengan memberikan kepada pelanggan Bintang Fasion Shop Sitanggal. Untuk menganalisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan uji asumsi klasik, uji F, uji t serta uji korelasi determinasi namun sebelumnya harus mengujikan validitas dan reliabilitas terlebih dahulu datanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Bintang Fasion Shop Sitanggal, dibuktikan dengan nilai t hitung untuk variabel X1 (3,541) lebih besar dari t tabel (1,995). Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Bintang Fasion Shop Sitanggal, dibuktikan dengan thitung untuk variabel X2 (2.652) lebih besar dari t tabel (1,995). Promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian di Bintang Fasion Shop Sitanggal. hal ini dibuktikan dengan nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 atau 0,000 < 0,05 dan F hitung ( 12,443) lebih besar dari F tabel (3,132).
Kata Kunci: Promosi, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian
Abstract
The purpose of this study was to determine and analyze the effect of promotion and service quality on purchasing decisions at Bintang Fasion Shop Sidatel. The variables of this research are promotion, service quality ad purchasing decisions. The population of this research is all customers of Bintang Fasion Shop Sidatel and a sample of 70 respondents. The method in collecting research data is to use a questionnaire by giving it to Bintang Fasion Shop Sidatel's customers. To analyze the data in this study, using the classical assumption test, F test, t test and correlation test of determination, but first the validity and reliability of the data must be tested. The results of this study indicate that promotion has a significant effect on purchasing decisions at Bintang Fasion Shop Sidatel, as evidenced by the t value for the X1 variable (3.541) which is greater than t table (1.995). Service quality has a significant effect on purchasing decisions at Bintang Fasion Shop Sidatel, as evidenced by the tcount for the variable X2 (2.652) which is greater than t table (1.995). Promotion and service quality simultaneously have a significant effect on purchasing decisions at Bintang Fasion Shop Sidatel. this is evidenced by a significant value less than 0.05 or 0.000 <0.05 and F count (12.443) is greater than F table (3.132).
Keywords: Promotion, Service Quality, Purchasing Decision
References
DAFTAR PUSTAKA
Adinda, T., Mukson, & Prasetyo, E. (2020). Keputusan Konsumen dalam Pembelian Chicken Nugget di Kota Semarang.
Anim, A., & Indiani, N. L. P. (2020). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Kembali (Studi Kasus Pada Start Up Coffee Renon Denpasar). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 99–108.
Curatman, A., Maulany, S., & Shofiullah. (2021). Meningkatkan Keputusan Pembelian Melalui Kualitas Pelayanan dan Promosi Penjualan. Jurnal MONEX, 10, 73–80.
Devi, L. K. I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Di Surabaya). Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Dewi, N. S., & Prabowo, R. E. (2018). Performa Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi, Dan Gaya Hidup Dalam Mempengaruhi Proses Keputusan Pembelian Minuman Isotonik (Studi Konsumen Minuman Isotonikdi Kota Semarang). Prosiding SENDI_U, 2016, 978–979.
Fetrizen, & Aziz, N. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (Amdk) Merek Aicos Produksi Pt. Bumi Sarimas Indonesia. 1–9.
Katidjan, P., Pawirosumarto, S., & Isnaryadi, A. (2017). Pengaruh Kompensasi, Pengembangan Karir Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan. VII(3), 429–446.
Naufal, A. R., & Magnadi, R. H. (2017). Pengaruh Promosi, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Rahma Rahmi Collection). Diponegoro Journal of Management, 8(2), 92–121.
Purba, rosintasn sabrina, & Syaifullah. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Carvil Di Kota Batam. Jurnal Akrab Juara, 5, 228–239.
Sanusi, A. O. (2019). Pengaruh Brand Image , Kualitas Layanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Dana Tunai Di Astra Credit Companies Surabaya 1. Jurnal Ilmu Riset Manajemen, 1–18.
Setiadi, R., & Attusholiha, A. (2021). Penilaian kepuasan konsumen, promosi penjualan dan kualitas produk (studi kasus umkm di kabupaten brebes). Jurnal Manajemen Dan Akuntan, 16(1), 294–301.
Setyaningrum, N., Waluyo, H., & Wijayanto, A. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Promosi Penjualan Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Mie Sedaap. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 3(1), 197–204.
Sevrillia, A., & Rachmawati, I. (2016). Pengaruh 4p (Product, Price, Promotion & Place) Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Susu Zee Di Kota Bekasi. E-Proceeding of Management, 3(2), 1128–1133.
Weenas, J. (2018). Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4), 607–618. https://doi.org/10.35794/emba.v1i4.2741
Yesi Apriyani. (2021). Pengaruhbrand Image, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pizza Hut Di Kota Padang. 1–10.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nur Zahrotun Nisaa, Muhammad Syaifulloh, Nur Aisyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.