Analisis Dampak Sosial Ekonomi Pembangunan Bandar Udara Internasional Yogyakarta (YIA) Bagi Kepala Keluarga Di Desa Glagah Kulon Progo
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2642Abstract
Abstrak
Sebagai salah satu sarana transportasi yang penting dan dibutuhkan masyarakat keberadaan Bandar Udara menjadi salah satu kunci kemajuan suatu wilayah. Sebagai sarana yang nantinya akan menjadi tempat berkumpulnya banyak orang dari berbagai wilayah dan tujuan, Bandar udara menjadi peluang pertumbuhan ekonomi yang besar. Kegiatan pembangunan pasti menimbulkan dampak sebagai akibat dari pembangunan Bandar Udara. Keberadaan bandara memberikan pengaruh yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi dan laju pertumbuhan wilayah yang relatif lebih cepat. Dampak yang paling terlihat adalah dampak sosial dan ekonomi. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Jumlah responden yang diwawancarai sejumlah 8 responden. Teknik analisis data pada penelitian ini terdiri dari tiga tahapan data reduction, data display, conclusion drawing/verifying. Hasil yang dikumpulkan menunjukkan bahwa keberadaan pembangunan Bandar Udara Internasional Yogyakarta (YIA) tidak berdampak terlalu besar terhadap kehidupan sosial dan ekonomi kepala keluarga di Desa Glagah yang dapat dilihat dari kehidupan sosial kepala keluarga yang tidak mengalami perubahan yang signifikan dibidang sosial dan ekonomi sebelum dan sesudah adanya pembangunan Bandar Udara Internasional Yogyakarta (YIA).
Kata Kunci: Pembangunan, Dampak Sosial, Dampak Ekonomi
Â
Abstract
As one of the important means of transportation and needed by the community, the existence of an airport is one of the keys to the progress of a region. As a facility that will later become a gathering place for many people from various regions and destinations, the airport is a great opportunity for economic growth. Development activities must have an impact as a result of airport construction. The existence of the airport has a great influence on economic growth and the regional growth rate is relatively faster. The most visible impacts are social and economic impacts. In this study, the researcher used a qualitative approach with the case study method. The number of respondents who were interviewed were 8 respondents. The data analysis technique in this study consisted of three stages of data reduction, data display, conclusion drawing/verifying. The results collected indicate that the existence of the construction of Yogyakarta International Airport (YIA) does not have too big an impact on the social and economic life of the head of the family in Glagah Village which can be seen from the social life of the head of the family which has not experienced significant changes in the social and economic fields before and after the existence of the construction of Yogyakarta International Airport (YIA).
Keywords: Development, Social Impact, Economic ImpactReferences
DAFTAR PUSTAKA
Ad, A. a. (2022). Program Pengelolaan Pesisir dan PPK Kegiatan Ded Peningkatan Status PPI Pulau BAAI Provinsi Bengkulu. Pareto : Jurnal ekonomi dan Kebijakan Publik.
Andi Kurniawan Karta Negara, A. K. (t.thn.). Analisis Sektor Unggulan Kecamatan Toboali Dengan Metode Shift Share dan Location Quotient. Equity: Jurnal Ekonomi, 2020.
Dra.Sri Suntari, m. (2017). Modul Pengembangan Keprofesian berkelanjutan. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Ernawati. (2013). MENYIBAK PEREMPUAN KEPALA KELUARGA. MUWÂZÂH, Volume 5, Nomor 2, Desember 2013 .
Haryati, S. (2015). Persepsi Masyarakat terhadap Pembangunan Jematan Mahkota II Di Kota Samarinda. ejournal Ilmu Pemerintahan,3(2) 2015:585-596.
Hasni MAryam, E. E. (2022). Pengaruh Budaya Kesehatan dan Keselamatan Kerja(K3) terhadap Kinerja Karyawan PT. Angkasa Pura Logistik pada Masa Pandemi Covid-19 di Bandar Udara Internasional Yogyakarta, Kulon Progo. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal.
Jimika, F. (2019). Dampak Pembangunan Bandara Kertajati Terhadap Struktur Perekonomian Majalengka. E-ISSN: 2621-5012 P-ISSN: 2655-822X DOI:.
Kuhini, F. (2017). DAMPAK PEMBANGUNAN BANDARA REMBELE TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT KECAMATAN BUKIT .
Keluarga,Kedudukan,dan Perannya dalam Pembangunan. Diakses dari
http://www.kulonprogokab.go.id
Lilis Lilis Setiyaningrum, E. S. (2022). Analisis Dampak Pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta Ditinjau dari Perekonomian Masyarakat Kecamatan Temon Kabupaten Kulon Progo. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal.
Novy Helena Catharina Daulima, R. Y. (2019). Penurunan Kemampuan Kepala Keluarga Dalam Memenuhi Kebutuhan Ekonomi Keluarga:.
Pertiwi, A. F. (t.thn.). Dampak Sosial Ekonomi Pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta Bagi Masyarakat Purworejo. Dimensia-Jurnal Kajian Sosiolohi Vol 9 No 1 .
Pinem, M. (t.thn.). Pengaruh Pendidikan dan Status Sosial Ekonomi Kepala . Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik 4 (1) (2016): 97-106.
Prianggoro, A. A. (2017). PERSEPSI MASYARAKAT DAN POTENSI REORIENTASI USAHA BERKAITAN DENGAN .
Rahmawati, B. U. (2018). KEBERADAAN BANDARA INTERNASIONAL LOMBOK (BIL)TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT. Tarbawi. Volume, 3 No. 1 Januari-juni 2018.
Roni Fadli, T. I. (2019). Dampak Sosial Ekonomi Pembangunan Waduk Jatigede Terhadap Masyarakat Tani Di Kabupaten Sumedang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH Volume 6,Nomor3,September 2019:552-563.
Statistik Penduduk D.I. Yogyakarta. Diakses dari
http://www.kependudukan.jogjaprov.id
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
susanto, H. (2020). Analisis Dampak Sosial Ekonomi dalam pembangunan Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kabupaten Kulonprogo. Majalah Ilmiah Bijak Vol 17 No 1 Maret 2020,pp. 1-9.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan
Wiratri, A. (2018). MENILIK ULANG ARTI KELUARGA PADA MASYARAKAT INDONESIA. Jurnal Kependudukan Indonesia | Vol. 13 No. 1 Juni 2018 | 15-26.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Wulan Ayuningtyas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.