Pengaruh Fasilitas Ruang Tunggu Terhadap Kepuasan Penumpang Di Bandar Udara Tebelian Sintang Kalimantan Barat

Authors

  • Aldio Noverio Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
  • Kartika Fajar Nieamah Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2656

Abstract

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahuii pengaruhh fasilitass ruanggtunggu terhadappkepuasannpenumpanggdi BandarrUdara TebeliannSintanggKalimantan Barat. Terdiri dari aspek jumlah kursi, fasilitas belanja, restoran, ruang merokok, internet/wifi, charging station, lounge eksekutif, TV, Toilet, AC(Air Conditioner), informasi pelayanan penerbangan, serta kepuasan. Penelitianninii menggunakannmetodeepenelitian kuantitatiffdengann penyebarann kuesionerr secaraa online, teknikk samplingg yangg digunakann dalam penelitian ini adalahh teknik purposivee sampling, dengan pengambilan sampel sebanyak 50 penumpang. Analisis data dann pengujiann hipotesiss dikerjakan menggunakann analisiss regeresi linierr sederhana melalui SPSS windows release 16.0. Hasil penelitian menghasilkan H0 ditolakk dann H1 diterimaa yangg memilikii artii adanyaa pengaruhh signifikann antaraa pengaruh fasilitass ruangg tungguu terhadapp kepuasann penumpang dii Bandarr Udaraa Tebelian Sintang Kalimantan Barat. Dimana nilaii signifikansii ujii tt sebesarr 0,000 lebihh kecill darii α = 0,05.

Kata kunci: Bandar Udara Tebelian, fasilitas ruang tunggu, dan kepuasan penumpang.

 

Abstract

Thissresearchhaimsstoofinddout the effecttoffwaiting room facilities on passenger satisfactionnat Tebelian Sintang Airport in West Borneo. Consists of aspects of the number of seats, shopping facilities, restaurants, smoking rooms, internet / wifi, charging stations, executive lounges, TV, toilets, air conditioners, flight service information, and satisfaction. The study used quantitative rresearch methods with the spread of questionnaires online, sampling techniquesuusediin thissstudyyissa purposiveesamplingg technique, withh sampling as many as 50 passengers. Dataaanalysissand hypothesisstestinggareedoneeusinggsimpleelinear regeresion analysissthrough SPSS windowssreleasee 16.0. Theeresultssofftheeinvestigation resulted in H0 being rejected and H1 received which means that thereeissa significanttinfluenceebetweennthe influenceeof waiting room facilities onnpassenger satisfaction at Tebelian Sintang Airport in West Borneo. Where theesignificanceevalueeofftheetest t off0.000 is less thannα = 0.05.

Keywords: Tebelian Airport, waiting room facilities, and passengers satisfacation.

References

DAFTAR PUSTAKA

Alni, R., R. Gamayuni, dan M. Andriyani. 2012. Statistika. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Yogyakarta.

Danial. 2009. Metode Penulisan Karya Ilmiah. Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan UPI. Bandung.

Ferdinand, A. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, I. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Universitas Diponegoro. Semarang.

Hartono. 2011. Analisis Data Statistika dan Penelitian. Pustaka Belajar. Yogyakarta.

Keputusan Menteri Nomor 20 Tahun 2005. Pemberlakuan Standar Nasional Indonesia (SNI) 03-7046-2004 Mengenai Terminal Penumpang Bandar Udara Sebagai Standar Wajib. Menteri Perhubungan Indonesia. Jakarta.

Keputusan Menteri Nomor 77 Tahun 1998. Pelayanan Fasilitas Jasa Kebandarudaraan di Bandar Udara. Menteri Perhubungan Indonesia. Jakarta.

Kotler, P., dan G Amstrong. 2014. Principles of Marketing. 12th Edition. Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran. Erlangga. Jakarta

Kotler, P., dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Keduabelas. Jilid 1. PT. Indeks. Jakarta.

Na'imatul, H. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Jamaah Umroh Di Al-Marwah Trans Tour Travel Umroh Ponorogo. Bandung

Nazir, M. 1988. Metodologi Penelitian. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara : SKEP/77/VI/2005. Pengoperasian Fasilitas Bandar Udara. 2005. Menteri Perhubungan Indonesia. Jakarta.

Peraturan Menteri Nomor 38 Tahun 2015. Standar Pelayanan Penumpang Angkutan Udara Dalam Negeri. Menteri Perhubungan Indonesia. Jakarta.

Putra, O. Y. S., S. Sihombing, dan C. Tasran. 2020. Pengaruh Pelayanan dan Fasilitas Digital Terhadap Kepuasan Penumpang di Bandara Internasional Kualanamu. Warta Ardhia. 46(1): 60-70.

Suara.com. (2019, Juni). Fasilitas Bandar Udara Belum Lengkap. Diakses pada 11 Agustus 2021, dari https://www.ruai.com/news/2019/03/01/114338/ fasilitas-bandara-tebelian-di-kalimantan-barat-belum-lengkap

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung

Suherman, A. 2011. Penelitian pendidikan. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Sumadi, B. K. 2016. Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 40 Tahun 2016. Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Jakarta.

Tjiptono. F., dan G. Chandra. 2014. Pemasaran Strategis. Yogyakarta.

Yuliana, D. 2017. Pengaruh Fasilitas, Layanan dan Informasi Aksesibilitas Terhadap Tingkat Kepuasan Penumpang di Bandara Husein Sastranegara Bandung. Warta Ardhia. 43(1): 27-42.

Downloads

Published

2022-05-27

Issue

Section

Articles