Mengaktualisasikan NIlai-Nilai Pancasila Dalam Menghadapi Tingkah Laku Generasi Milenial Akibat Perkembangan Teknologi

Authors

  • Muthia Aprianti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dinie Anggraenie Dewi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2658

Abstract

Abstrak

Perkembangan teknologi dan informasi dalam periode globalisasi dapat mempermudah mengakses informasi melalui internet dengan dukungan gadget yang berfungsi sebagai alatnya. Kecanggihan tersebut juga dapat membermudah individu dalam melakukan kegiatan atau pekerjaan. Namun hal tersebut justru berdampak terhadap tingkah laku generasi milenial, generasi milenial disebut dengan generasi yang tidak dapat terlepas dari gadget. Dengan perkembangan teknologi dan informasi dalam periode globalisasi ini, menggeserkan nila-nilai pancasila dan juga kesadaran generasi milenial terhadap pancasila, yang di mana pancasila merupakan landasan bangsa yang patut dijadikan sebagai pandangan serta acuan dalam berkehidupan. Oleh karena itu untuk mengembalikan pergeseran dan kesadaran generasi milenial terhadap pancasila, perlu dilakukkan aktualisasi nilai-nilai pancasila, nilai-nilai pancasila yang mengandung makna serta arti penting bagi bangsa indonesia perlu dipupuk kembali terhadap generasi milenial sebagai penerus bangsa yang seharusnya dapat berinovasi dan berkontribusi dalam upaya memajukan bangsa indonesia. tak lupa tentu saja agar melahirkan generasi yang berbobot serta berkarakter, dengan peduli sosial, bertanggung jawab, memiliki sikap bela negara, serta cinta tanah air.

Kata Kunci: Aktualisasi, Pancasila, Generasi Milenial

 

Abstract

The development of technology and information in the period of globalization can make it easier to access information via the internet with the support of gadgets that function as tools. This sophistication can also make it easier for individuals to carry out activities or work. However, this actually has an impact on the behavior of the millennial generation, the millennial generation is called a generation that cannot be separated from gadgets. With the development of technology and information in this period of globalization, shifting Pancasila values and also the awareness of the millennial generation towards Pancasila, where Pancasila is the foundation of the nation that should be used as a view and reference in life. Therefore, to restore the shift and awareness of the millennial generation towards Pancasila, it is necessary to actualize the values of Pancasila, Pancasila values that contain meaning and significance for the Indonesian nation need to be re-fertilized for the millennial generation as the nation's successor who should be able to innovate and contribute in efforts to advance the Indonesian nation. Don't forget, of course, to give birth to a generation that has good character and is socially concerned, is responsible, has an attitude of defending the country, and loves the homeland.

Keywords: Actualizaton, Pancasila, Millenial generation

References

DAFTAR PUSTAKA

Ali, A. (2012). Menguak teori hukum (legal theory) dan teori peradilan (judicialprudence): termasuk interpretasi undang-undang (legisprudence) (Edisi Pert). Kencana Prenada Media Group.

Alius, S. (2016). Resonansi Kebangsaan: Pancasila dalam Pusaran Globalisasi. Jurnal Keamanan Nasional, 2(1). https://doi.org/10.31599/jkn.v2i1.41

Anggraini, D., Fathari, F., Anggara, J. W., & Ardi Al Amin, M. D. (2020). Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Bagi Generasi Milenial. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial Dan Politik, 2(1), 11. https://doi.org/10.33474/jisop.v2i1.4945

Arum Sari Nur Hidayat, N., & Dewi, D. A. (2021). Meningkatkan Kesadaran Generasi Muda Terhadap Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Di Era Globalisasi. Journal of Education, Psychology, and Counseling, 3(Nomer 1), 50–57.

Heriansyah, G. (2017). Peranan Pancasila Dalam Menumbuhkan Karakter Bangsa Pada Generasi Muda Di Era Global. DIgital Repository.

Irawan, jaka & Armayati, L. (2013). Pengaruh Kegunaan Gadget Terhadap Kemampuan Bersosialisasi Pada Remaja. 4(1), 1–23.

Irhandayaningsih, A. (2012). Peranan Pancasila Dalam Menumbuhkan Kesadaran Nasionalisme Generasi Muda Di Era Global. Academia, 3.

Istiana, P. (2016). Kreativitas Pustakawan Pada Era Digital Dalam Menyediakan Sumber Informasi Bagi Generasi Digital Native. Unpad Press.

Mahendra, P. R. A. (2019). Pembelajaran PPKn Dalam Resonansi Kebangsaan dan Globalisasi. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4(2), 120–126. https://doi.org/10.23887/jiis.v4i2.16526

Mirzaqon, A. (2018). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Expressive Writing Library. Jurnal BK UNESA, 1, 1–8.

Muchtar, E., Buadi, F. K., Dispenzieri, A., & Gertz, M. A. (2016). Immunoglobulin light-chain amyloidosis: From basics to new developments in diagnosis, prognosis and therapy. Acta Haematologica, 135(3), 172–190. https://doi.org/10.1159/000443200

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila. Mitra Cendekia Media.

Pratiwi, A., & Asyarotin, E. N. K. (2019). Implementasi literasi budaya dan kewargaan sebagai solusi disinformasi pada generasi millennial di Indonesia. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1), 65–80. https://doi.org/10.24198/jkip.v7i1.20066

Putri, S. M. (2019). Pengaruh Smartphone Addiction Terhadap Empati pada Generasi Milenial. 51–69.

Rahayu, D. P. (2015). Aktualisasi Pancasila Sebagai Landasan Politik Hukum. Yustisia, 4.

Setiawan, P. (2021). Pengertian Pancasila, Sejarah, Makna, Teks, Fungsi, Penyebutan, Dasar Negara, Para Ahli.

Thane, S. (2012). Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.

Triwijaya, A. F., Fajrin, Y. A., & Wibowo, A. P. (2020). Quo Vadis: Pancasila Sebagai Jiwa Hukum Indonesia. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan), 1(2), 115. https://doi.org/10.26418/jppkn.v1i2.41083

Downloads

Published

2022-05-29

Issue

Section

Articles