Penerapan Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Generasi Milenial

Authors

  • Lulu Rahma Aulia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dinie Anggraenie Dewi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2749

Abstract

Abstrak

Generasi milenial saat ini sedang berada di tengah derasnya arus globalisasi barat. Nilai-nilai Pancasila seharusnya sudah terpatri dalam jiwa dan akal generasi milanial saat ini. Namun, nilai Pancasila sudah mulai terkikis salah satunya karena gempuran globalisasi. Cara menerapkan Pancasila sebagai pandangan hidup berbangsa dan bernegara bagi generasi milenial adalah dengan menerapkan Pancasila sebagai tuntunan dalam kehidupan sehari-hari. Itu artinya nilai yang terkandung dalam Pancasila menjadi kunci dalam mengatur tingkah laku dan sikap masyarakat. Mayarakat Indonesia harus mampu menghayati dan mengamalkan nilai-nilai kebenaran yang terkandung didalamnya. Jika nilai kebenaran tersebut tidak diamalkan, maka filsafat Pancasila sebagai ideologi bangsa tidak lagi memiliki manfaat. Penerapan nilai-nilai Pancasila bagi generasi milenial tidak bisa dilakukan dengan cara pemaksaan.

 

Kata kunci: nilai, milenial, pancasila

 

Abstract

The millennial generation is currently in the midst of the swift currents of western globalization. The values of Pancasila should have been imprinted in the soul and mind of the current millennial generation. However, the value of Pancasila has begun to erode, one of which is due to the onslaught of globalization. The way to apply Pancasila as a way of life as a nation and state for the millennial generation is to apply Pancasila as a guide in everyday life. That means the values contained in Pancasila are the key in regulating people's behavior and attitudes. The Indonesian people must be able to appreciate and practice the truth values contained therein. If the truth value is not put into practice, then the philosophy of Pancasila as the nation's ideology will no longer have any benefits. The application of Pancasila values for the millennial generation cannot be done by coercion.

Keywords: value, millennial, pancasila

References

DAFTAR PUSTAKA

Adha, M. M., & Susanto, E. (2020). Kekuatan Nilai-nilai Pancasila dalam Membangun Kepribadian Masyarakat Indonesia. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 121–138. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.319

Anggraini, D., Fathari, F., Anggara, J. W., & Ardi Al Amin, M. D. (2020). Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Bagi Generasi Milenial. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial Dan Politik, 2(1), 11. https://doi.org/10.33474/jisop.v2i1.4945

Aulia, L. R., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Mengenal Indentitas Nasional Indonesia Sebagai Jati Diri Bangsa untuk Menghadapi Tantangan di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8549–8557. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2355

Dan Tantangan Millenial, P., Nilai Pancasila Pada Generasi Millenial Sebagai Landasan Dalam Bertindak Dan Berpikir Mei Nur Rusmiati, M., Anggraeni Dewi, D., & kunci, K. (2021). 8 | Page. Jurnal Mahasiswa Indonesia, 1(1), 18–29.

Effendi, F. P., & Dewi, D. A. (2021). Generasi Milenial Berpancasila di Media Sosial. Journal Civics & Social Studies, 5(1), 116–124. https://doi.org/10.31980/civicos.v5i1.1051

Gedeg, S., & Timur, J. (n.d.). UNTUK GENERASI DIGITAL. 1, 130–142.

Karlina, N. H. (2018). Mencari Celah Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Pada Generasi Milenial. ArtComm : Jurnal Komunikasi Dan Desain, 1(1), 61–71. https://doi.org/10.37278/artcomm.v1i1.67

Kurniawaty, J. B. (1892). MEMBUMIKAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM.

Kusnoto, Y., & Minandar, F. (2017). Pembelajaran Sejarah Lokal : SOsial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(1), 125–137. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/sosial/article/view/428

Madinatul Munawwarah Ridwan, Ismaya, Syahdan, Andi Muhammad Aminullah, Nurlaeli Jamaluddin, Elihami Elihami, M. (2008). Universitas muhammadiyah enrekang. 3, 88–94.

Meynawati, L., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Generasi Millenial di dalam Kehidupan Sehari-hari. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 944–951.

NOVIANI P, U. Z., Arifah, R., CECEP, C., & Humaedi, S. (2018). Mengatasi Dan Mencegah Tindak Kekerasan Seksual Pada Perempuan Dengan Pelatihan Asertif. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 48. https://doi.org/10.24198/jppm.v5i1.16035

Oktari, D., & Dewi, D. A. (2021). Pemicu Lunturnya Nilai Pancasila Pada Generasi Milenial. JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 93–103. https://doi.org/10.31932/jpk.v6i1.1170

Prasetio, D. E., & Surabaya, U. N. (2022). Membumikan Pancasila di Ranah Milenial. January.

Rahma, D., & Dewi, D. A. (2021). Milenial Mengimplementasi Nilai Pancasila: Sebuah Harapan dan Cita-Cita. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 135–145. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/1310

Downloads

Published

2022-06-09

Issue

Section

Articles