Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi Dalam Pembelajaran

Authors

  • Candra Viamita P Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • M. Adi Pratama P. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ali Alamginto Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • M. Sunan Maulana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • M. Atma Taher Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2751

Abstract

Abstrak

Pembuatan artikel ini bertujuan untuk memenuhi Tugas Akhir Semester sesuai dengan yang diperintahkan oleh dosen pengampu Bpk. Atep Iman, Spd.,M.Pd. Pembuatan artikel ini tentang “Pemanfaatan Teknologi  Informasi Komunikasi Dalam Pembelajaran†menggunakan metode penelitian deskriptif kualitaf dengan pendekatan studi kasus. Data dan sumber data berasal dari hasil wawancara, obrservasi pembelajaran, dan pengamatan secara langsung yang dilakukan di SMAN 2 KOTA SERANG. Penilitian ini juga bertujuan memberikan pembekalan untuk menyiapkan dan memberikan pengetahuan untuk calon pendidik professional di era Society 5.0. Dimana nantinya pendidik dituntun melek akan tekonolgi komunikasi terutama dalam media pembelajaran dan mengerti akan hambatan-hambatan yang akan terjadi kedepannnya serta membekali peserta didik untuk siap menghadapi era persaiangan teknologi. Sesuai dengan data yang didapatkan, pembelajaran yang dilakukan di SMAN 2 KOTA SERANG  sudah melaksanakan pembelajaran menggunakan basis dari teknologi terutama saat Pandemic berlangsung dari awal tahun 2020 hingga sekarang. Tentu pemanfaatan teknologi komunikasi sangat berperan untuk tetap meningkatkan mutu pemebelajaran yang dilakukan oleh tenaga pendidik dan peserta didik. Dari data yang didapatkan media pembelajaran yang berbasis teknologi komunikasi yang sering digunakan yaitu apk Microsoft Teams, dimana Microsoft Teams ini adalah sebuah apk yang berbasis teknologi yang fiturnya mirip dengan video call yang bisa menghubungan antara peserta didik dan tenaga pendidik.

Kata kunci: Tekonolgi Informasi Komunikasi, SMAN 2 KOTA SERANG, Era Society 5.0, Pandemic

 

Abstract

The purpose of this article is to fulfill the Semester Final Assignment as ordered by the supervisor, Bpk. Atep Iman, Spd., M.Pd. The making of this article about "Utilization of Information and Communication Technology in Learning" uses a qualitative descriptive research method with a case study approach. The data and data sources come from the results of interviews, learning observations, and direct observations conducted at SMAN 2 CITY OF SERANG. This research also aims to provide briefing to prepare and provide knowledge for prospective professional educators in the Society 5.0 era. Where later educators are led to be literate in communication technology, especially in learning media and understand the obstacles that will occur in the future and equip students to be ready to face the era of technological competition. In accordance with the data obtained, the learning carried out at SMAN 2 KOTA SERANG has carried out learning using a technology-based basis, especially during the Pandemic that took place from early 2020 until now. Of course, the use of communication technology plays a very important role in improving the quality of learning carried out by educators and students. From the data obtained, the communication technology-based learning media that is often used is the Microsoft Teams apk, where Microsoft Teams is a technology-based apk whose features are similar to video calls that can connect students and educators.

Keywords: Information and Communication Technology, SMAN 2 CITY OF SERANG, Era Society 5.0, Pandemic

References

DAFTAR PUSTAKA

Eko Risdianto, M.Cs. (2019). Universitas Bengkulu. ANALISIS PENDIDIKAN INDONESIA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, 1-16. Diambil kembali dari https://www.academia.edu/38353914/Analisis_Pendidikan_Indonesia_di_Era_Revolusi_Industri_4_0_pdf

Faulinda Ely Nastiti, Aghni Rizqi Ni’mal‘Abdu. (2020, April ). Fakultas Ilmu Komputer Universitas Duta Bangsa Surakarta. Kesiapan pendidikan Indonesia menghadapi era society 5.0, 5(1), 61-66. Retrieved from https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=y2WWJ3YAAAAJ&citation_for_view=y2WWJ3YAAAAJ:4TOpqqG69KYC

Herry Fitriyadi . (2013, Mei). SMK Negeri 2 Amuntai. INTEGRASI TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN: POTENSI MANFAAT, MASYARAKAT BERBASIS, 269-284. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jptk/article/viewFile/3255/2737

Intan Ahmad. (2018, Januari 17). Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Proses Pembelajaran Digital dalam Era Revoluso Industri 4.0, 1-14. Retrieved from http://mufidnilmada.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/59974/07.+Materi+Paparan+Direktur+Jenderal+Pembelajaran+dan+Kemahasiswaan.pdf

Downloads

Published

2022-06-09

Issue

Section

Articles