Pengajaran Pendidikan Pancasila Di Sekolah Dasar Guna Mempertahankan Ideologi Pancasila Di Era Globalisasi

Authors

  • Syahid Musthofa Akhyar Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dinie Anggraenie Dewi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2772

Abstract

Abstrak

Menurut filsafat, Pancasila merupakan pemikiran atau hasil berpikir yang paling dalam dari dan oleh bangsa Indonesia itu sendiri yang dipercaya, diyakini dan danggap sebagai sesuatu yang paling baik, paling bijaksana, paling adil, paling benar dan paling sesuai bagi bangsa Indonesia. Pada era globalisasi, Pancasila mengalami penyusutan nilai-nilai dikarenakan banyaknya kebudayaan luar yang lebih digemari oleh masyarakat Indonesia sehingga diperlukan suatu cara untuk mempertahankan ideologi bangsa ini. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Metode penelitian studi literatur adalah metode penelitian dengan cara membaca dan menganalisis bacaan yang berkaitan dengan tema yang diambil. Untuk mempertahan Pancasila dapat dilakukan dengan cara mengajarkan pendidikan Pancasila kepada anak-anak sekolah dasar sesuai dengan tingkatannya masing-masing. Pengajaran dapat dilakukan karena anak usia sekolah dasar memiliki pemikiran yang konkrit dan logis sehingga dengan menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada anak sekolah dasar maka ingatan tersebut akan melekat dan akan berkembang sehingga dapat memunculkan ide-ide atau gagasan bagus di masa mendatang.

Kata Kunci: Pengajaran, Pancasila, Sekolah Dasar.
 

Abstract

According to philosophy, Pancasila is the deepest thought or result of thinking from and by the Indonesian people themselves which are considered, trusted and believed to be the most correct, fairest, wisest, best and most suitable for the Indonesian nation. In the era of globalization, Pancasila has experienced a decline in values due to the many foreign cultures that are more favored by the Indonesian people, so that a way is needed to maintain the ideology of this nation. This research uses literature study method. Literature study research method is a research method by reading and analyzing readings related to the chosen theme. To maintain Pancasila can be done by teaching Pancasila education to elementary school children according to their respective levels. Teaching can be done because elementary school- age children have concrete and logical thinking so that by instilling the values of Pancasila in elementary school children, these memories will stick and will develop so that they can come up with good ideas in the future.

Keyword: Teaching, Pancasila, Elementary School

References

DAFTAR PUSTAKA

Adzkiya, N. 2021. “4 Tahapan Perkembangan Intelektual pada Anakâ€, https://m.kiddo.id/article/4- tahapan-perkembangan-intelektual- pada-anak, diakses pada 31 Maret 2022 pukul 20.14

Agus, A. A. (2016). Relevansi Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka di Era Reformasi. Jurnal OFFICE, 2(2). 229-238

Arif, Syaiful, 2016, Falsafah Kebudayaan Pancasila Nilai dan Kontradiksi Sosialnya, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Asmaroni, A. P. (2017). Menjaga Eksistensi Pancasila dan Penerapannya bagi Masyarakat di Era Globalisasi. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(2), 50-64

Binov, H. (2019). Menyemai Nilai Pancasila Pada Generasi Muda Cendekia. ADIL INDONESIA JURNAL, 2(1), 13-23

Dalilah, E. A. (2021). Mengikisnya Nilai Persatuan dan Kesatuan pada Masyarakat. https://doi.org/10.31219/osf.io/hkfj5

Febriana, Rina, 2019, Kompetensi Guru, Jakrta Timur: Bumi Aksara

Febriansyah, F. I. (2017). Keadilan Berdasarkan Pancasila Sebagai Dasar Filosofis dan Ideologis Bangsa. DiH Jurnal Ilmu Hukum, 13(5), 1-27

Huda, M. C. (2018). Meneguhkan Pancasila Sebagai Ideologi Bernegara: Implementasi Nilai-Nilai Keseimbangan dalam Upaya Pembangunan Hukum di Indonesia. RESOLUSI, 1(1), 78-99

Humas UGM. 2011. “Pancasila Menjadi Tolok Ukur Kualitas Produk Legislasiâ€, https://www.ugm.ac.id/id/berita/331 6-pancasila-menjadi-tolok-ukur- kualitas-produk-legislasi, diakses pada 31 Maret 2022 pukul 13.34

Lestari, S. E. (2019). Kajian Islam Terhadap Sila Kedua dalam Pancasila Sebagai Penjaga Multikulturalisme. PENDIDIKAN MULTIKULTURAL, 3(2), 190-206

Muslimin, H. (2016). Tantangan Terhadap Pancasila Sebagai Ideologi dan Dasar

Downloads

Published

2022-06-11

Issue

Section

Articles