Penggunaan Monopoli Pancasila Dalam Pembelajaran PPKn Sebagai Media Pembelajaran Yang Kreatif Dan Menyenangkan Bagi Siswa

Authors

  • Sukmawati Sukmawati Universitas Tadulako Palu
  • Jamaludin Jamaludin Universitas Tadulako Palu
  • Rian Rian Universitas Tadulako Palu
  • Husni Husni Universitas Tadulako Palu
  • Visca Visca Universitas Tadulako Palu
  • Julian Julian Universitas Tadulako Palu
  • Eli Eli Universitas Tadulako Palu
  • Silvia Silvia Universitas Tadulako Palu
  • Rista Rista Universitas Tadulako Palu

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2782

Abstract

Abstrak

Penggunaan media permainan oleh guru kepada siswa bisa digunakan sebagai bahan belajar alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penggunaan media pembelajaran sangat penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa, karena dengan adanya media pembelajaran sangat membantu pendidik maupun peserta didik agar pembelajaran lebih efisien dan mudah dipahami. Penggunaan media pembelajaran sudah banyak diterapkan dan diimplementasikan oleh guru-guru kepada siswa untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Media pembelajaran dengan konsep permainan akan sangat disukai oleh siswa karena aktivitas pembelajaran akan menyenangkan dan tidak membosankan.

Kata kunci: Media Pembelajaran, Hasil Belajar, Menyenangkan

 

Abstract

The use of game media by teachers to students can be used as alternative learning materials to improve student learning outcomes. The use of learning media is very important in improving student learning outcomes, because the existence of learning media is very helpful for educators and students so that learning is more efficient and easy to understand. The use of learning media has been widely applied and implemented by teachers to students to improve student learning outcomes. Learning media with the concept of games will be very much liked by students because learning activities will be fun and not boring.

Keywords: Learning Media, Learning Outcomes, Fun

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdul Rifai Ahadang, Bonifasius Saneba, Hasdin Hasdin (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn di Kelas IV SDN Palabatu 1 Melalui Metode Diskusi.

Emi, Bambang Budi Utomo, Thony Satra Atma (2018). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Pada Mata Pelajaran PPKn Di Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 10 Pontianak

H. Harnanto (2021). Membumikan Nilai Nilai Pancasila Melalui Praktik Terbaik Guru di Masa New Normal

H Indah Rukmana, Widayati Pujiastuti (2018). Kemampuan Guru Melakukan Penilaian

Pembelajaran PPKn di SMP Negeri 2 Palu Berdasarkan Kurikulum 2013, Palu.

Hasrul Muftahki (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran PPKn Siswa Kelas X SMAN 5 Kabupaten Tangerang.

Jamaluddin, S. (2020). Implementasi Pemanfaatan Aplikasi QR Code dalam Proses Pembelajaran PPKn. Jurnal Kreatif Online, 8(3), 195–201.

Jufri Lanasir, Anthonius Palimbong, Hasdin (2014). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn Melalui Metode Diskusi Di Kelas III SDN Pembina Salakan KecamatanTinangkung Kabupaten Banggai Kepulauan.

Hasrul Muftahki (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran PPKn Siswa Kelas X SMAN 5 Kabupaten Tangerang.

M Aldan Prasetyo (2018). Penerapan Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran PPKn.

Maliada, A. (2014). Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui Metode Diskusi di Kelas III SDN 1 Okumel. 6(4), 92–102.

Mufida Hi, H. Bikuno, Jamaludin, Hasdin (2014). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Ambelang Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif TipeJigsaw.

Nurgiansah, T. H. (2020). Tantangan Guru Pendidikan Kewarganegaraan di Masa Adaptasi

Kebiasaan Baru. Palu

Nugiansah (2021). Pendidikan Pancasila. Mitra Cendikia Media. Solok

Pontoh, H., Jamaludin, & Hasdin. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas V SD Inpres Salabenda Kecamatan Bunta. Jurnal Kreatif Taduloko, 4(11), 203.

Raudatul Jannah, Okianna, Bambang Budi Utomo (2020). Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Pembelajran PPKn Siswa Kelas VII SMP

Resha Sapto Apriliani, Lusiana Rahmatiani, Erwin Susanto (2020). Penerapan Model

Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran PPKn Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar.

Sukmawati, S. (2020). Implementasi Pemanfaatan Google Classroom dalam Proses Pembelajaran Online di Era Industri 4.0. Jurnal Kreatif Online, 8(1), 39–46. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/15680

Sukmawati. (2019). Pelaksanaan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Integritas Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Palu.

Yudika Noviana, Bambang Budi Utomo, Thony Sastra Atmaja (2020). Penggunaan Model Jigsaw Dalam Mengembangkan Keaktifan Belajar PPKn X MIPA 4 SMAN 8 Pontianak

Yulita Pujilestari (2020). Pemanfaatan Media Visual dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Kadek Dwi Widi Prditya (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Motivasi Belajar dan Keterampilan Sosial Dalam Mata Pelajaran PPKn Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sawan

Downloads

Published

2022-06-13

Issue

Section

Articles