Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi Payment Point BSI Genggong Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Pembayaran Biaya Pendidikan Mahasiswa FEBI UNZAH)
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.2788Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan Payment Point BSI Genggong terhadap kepuasan nasabah dalam melakukan pembayaran biaya pendidikan, pengaruh lokasi Payment Point BSI Genggong terhadap kepuasan nasabah dalam melakukan pembayaran biaya pendidikan, serta kualitas pelayanan dan lokasi apakah berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dalam melakukan pembayaran biaya pendidikan. Penelitian ini dilakukan kepada 87 Mahasiswa FEBI UNZAH dengan jumlah populasi sebanyak 663 Mahasiswa. Dalam penarikan sampel peneliti menggunakan rumus slovin dengan tolerance error sebesar 10%. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan bantuan alat analisis berupa SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada kualitas pelayanan dan lokasi pembayaran biaya pendidikan terhadap kepuasan mahasiswa FEBI UNZAH.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Lokasi, Biaya Pendidikan, Kepuasan Nasabah
References
DAFTAR PUSTAKA
Al-Arif, M. Nur Rianto. 2010. Dasar-dasar pemasaran bank syariah. Bandung: Alfabeta.
Al-Qur’an dan Tejemahan. 2013. Bandung: Madina Raihan Makmur.
Al-Qur’an Terjemah. 2014. Semarang: PT. Karya Toha Putra
Andrianto dan M Anang Firmansyah. 2019. Manajemen Bank Syariah (Implementnartsi teori dan praktek). Surabaya: CV Penerbit Qiara Media.
Hasil Dari Observasi Partisipasi Awal dan Wawancara Mahasiswa FEBI, 27 Februari 2022
Huda, Nurul dan Mohammad Heykal. 2010. Lembaga Keuangan Islam, Edisi 1 (cet. 1. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Indonesia, Ikatan Bankir. 2014. Mengelola Kualitas Pelayanan Bank. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kasmir. 2005. Etika Customer Service. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Kasmir. 2005. Keuangan lainnya Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kasmir. 2008. Pemasaran Bank. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Kementrian Agama RI. 2016. Al-Qur’an Condoba. Bandung: Cordoba.
Mts, Arief. Pemasaran jasa dan kualitas pelayanan (bagaimana mengelola kualitas pelayanan agar memuaskan pelanggan, hlm.118
Mustaring. 2016. “Eksistensi Baitul Maal Dan Peranan Dalam Perbaikan Ekonomi Rumah Tangga Dalam Era Masyarakat Ekonomi Asean”. Jurnal Supremasi, XI(2): 119.
Mutia, Agustina dan Lailatul Syafitri. 2017. “analisis perbandingan kepuasan konsumen terhadap pelayanan harga jual dan kualitas produk belanja online dan belanja langsung (offline) pada mahasiswa febi uin sts jambi” Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, hlm 36
Ningsih, Titin Agustin. 2013. “Analisa Minat Masrakat Terhadap Baitul Maal Wa Tamwil di Kota Jambi”. Jurnal Statistika 13(1): 34.
Priansa, Donni Juni. 2017. Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Setiyanti, Sri Wriyanti. 2012. “Membangun Kerja Sama Tim (Kelompok)”. Jurnal STIE Semarang, 4(3): 62.
Sudarsono, Heri. 2004. Konsep Ekonomi Islam Cetakan Ketiga. Yogyakarta: Ekonosia.
Sukirno, Sadono. 2002. Pengantar Teori Ekonomi Mikro. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Supranto, J. 2011. “Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan (untuk menaikkan pangsa pasar)”. Jakarta: Rineka Cipta.
Tjiptono, Fandi. 2009. Manajemen Operasional. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Tjiptono, Fandi. 2014. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Undang- undang No. 21 Tahun 2008
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rohmatul Hasanah, Abd Aziz Wahab, Ahdiyat Agus Susila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.