Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi Payment Point BSI Genggong Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Pembayaran Biaya Pendidikan Mahasiswa FEBI UNZAH)

Authors

  • Rohmatul Hasanah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Abd Aziz Wahab Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Ahdiyat Agus Susila Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.2788

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan Payment Point BSI Genggong terhadap kepuasan nasabah dalam melakukan pembayaran biaya pendidikan, pengaruh lokasi Payment Point BSI Genggong terhadap kepuasan nasabah dalam melakukan pembayaran biaya pendidikan, serta kualitas pelayanan dan lokasi apakah berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dalam melakukan pembayaran biaya pendidikan. Penelitian ini dilakukan kepada 87 Mahasiswa FEBI UNZAH dengan jumlah populasi sebanyak 663 Mahasiswa. Dalam penarikan sampel peneliti menggunakan rumus slovin dengan tolerance error sebesar 10%. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan bantuan alat analisis berupa SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada kualitas pelayanan dan lokasi pembayaran biaya pendidikan terhadap kepuasan mahasiswa FEBI UNZAH.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Lokasi, Biaya Pendidikan, Kepuasan Nasabah

References

DAFTAR PUSTAKA

Al-Arif, M. Nur Rianto. 2010. Dasar-dasar pemasaran bank syariah. Bandung: Alfabeta.

Al-Qur’an dan Tejemahan. 2013. Bandung: Madina Raihan Makmur.

Al-Qur’an Terjemah. 2014. Semarang: PT. Karya Toha Putra

Andrianto dan M Anang Firmansyah. 2019. Manajemen Bank Syariah (Implementnartsi teori dan praktek). Surabaya: CV Penerbit Qiara Media.

Hasil Dari Observasi Partisipasi Awal dan Wawancara Mahasiswa FEBI, 27 Februari 2022

Huda, Nurul dan Mohammad Heykal. 2010. Lembaga Keuangan Islam, Edisi 1 (cet. 1. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Indonesia, Ikatan Bankir. 2014. Mengelola Kualitas Pelayanan Bank. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kasmir. 2005. Etika Customer Service. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Kasmir. 2005. Keuangan lainnya Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kasmir. 2008. Pemasaran Bank. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kementrian Agama RI. 2016. Al-Qur’an Condoba. Bandung: Cordoba.

Mts, Arief. Pemasaran jasa dan kualitas pelayanan (bagaimana mengelola kualitas pelayanan agar memuaskan pelanggan, hlm.118

Mustaring. 2016. “Eksistensi Baitul Maal Dan Peranan Dalam Perbaikan Ekonomi Rumah Tangga Dalam Era Masyarakat Ekonomi Asean”. Jurnal Supremasi, XI(2): 119.

Mutia, Agustina dan Lailatul Syafitri. 2017. “analisis perbandingan kepuasan konsumen terhadap pelayanan harga jual dan kualitas produk belanja online dan belanja langsung (offline) pada mahasiswa febi uin sts jambi” Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, hlm 36

Ningsih, Titin Agustin. 2013. “Analisa Minat Masrakat Terhadap Baitul Maal Wa Tamwil di Kota Jambi”. Jurnal Statistika 13(1): 34.

Priansa, Donni Juni. 2017. Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Setiyanti, Sri Wriyanti. 2012. “Membangun Kerja Sama Tim (Kelompok)”. Jurnal STIE Semarang, 4(3): 62.

Sudarsono, Heri. 2004. Konsep Ekonomi Islam Cetakan Ketiga. Yogyakarta: Ekonosia.

Sukirno, Sadono. 2002. Pengantar Teori Ekonomi Mikro. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Supranto, J. 2011. “Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan (untuk menaikkan pangsa pasar)”. Jakarta: Rineka Cipta.

Tjiptono, Fandi. 2009. Manajemen Operasional. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Tjiptono, Fandi. 2014. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Undang- undang No. 21 Tahun 2008

Downloads

Published

2022-09-21