Peranan Remaja Masjid Dalam Pendidikan Karakter

Authors

  • Silvi Yuli Pratama Universitas Riau
  • Aswandi Bahar Universitas Riau
  • Daeng Ayub Universitas Riau
  • Titi Maemunaty Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2815

Abstract

Abstrak

Organisasi remaja masjid pada umumnya memiliki banyak peranan yang diperankan oleh remaja-remaja yang peduli dan aktif terhadap situasi dan kondisi masyarakat dilingkungannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui tingkat Peranan Remaja Masjid dalam Pendidikan Karakter di Masjid Istikharah Desa Kualu. Permasalahan yang muncul  yaitu sulitnya membangun pendidikan karakter pada masa sekarang ini yang sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor mulai dari perkembangan dan kemajuan teknologi yang mewarnai aktivitas sehari-hari masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat peranan remaja masjid dalam  pendidikan karakter di Masjid Istikharah. Dalam peranan remaja masjid dalam pendidikan karakter meliputi peranan individu dan peranan sosial. Penelitian ini dilaksanakan di Masjid Istikharah Desa Kualu Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif Populasi dalam penelitian ini adalah populasi Remaja Masjid Istikharah sebanyak 55 orang. Dengan jumlah sampel sebanyak 35 orang Remaja Masjid dengan tingkat kritis 10%. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini observasi, kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dan dilakukan dengan menggunakan program Microsoft Excel dan SPSS  Versi 23 For Windows. Hasil penelitian ini peranan remaja masjid dalam pendidikan karakter Desa Kualu Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar tergolong cukup tinggi, dengan indikator yang paling tinggi peranan sosial.

 

Kata kunci: Peran , Remaja Masjid, Pendidikan Karakter

 

Abstract

Mosque youth organizations in general have many roles played by teenagers who care and are active towards the situation and condition of the community in their environment. The purpose of this study was to determine the level of the role of mosque youth in character education at the Istikharah Mosque in Kualu Village. The problem that arises is the difficulty of building character education at this time which is strongly influenced by various factors ranging from technological developments and advances that characterize people's daily activities. The purpose of this study was to determine the level of the role of mosque youth in character education at the Istikharah Mosque. In the role of mosque youth in character education includes individual roles and social roles. This research was conducted at the Istikharah Mosque, Kualu Village, Tambang District, Kampar Regency. This type of research is descriptive with a quantitative approach. The population in this study is the population of the Youth of the Istikharah Mosque as many as 55 people. With a sample of 35 mosque youths with a critical level of 10%. Data collection techniques used in this study were observation, questionnaires. The data analysis in this study was descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis and was carried out using Microsoft Excel and SPSS Version 23 For Windows programs. The results of this study the role of mosque youth in character education in Kualu Village, Tambang District, Kampar Regency is quite high, with the highest indicator being social role.

 

Keywords: Roles, Youth Mosque, Character Education

References

DAFTAR PUSTAKA

Albertus, Koesoema,Doni. 2010. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Modern. Jakarta: Grasindo. h.5

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Indonesia. 1990. Jakarta:Balai Pustaka, hal. 667.

Departemen Agama RI.2010. Alqur’an Dan Tajwid Terjemahan.Bandung: CV.Diponogoro.hlm.189.

Eko Digdoyo (2018). "Kajian Isu Toleransi Beragama, Budaya, dan Tanggung Jawab Sosial Media". Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan. 3 (1): 46.

Heri Gunawan, 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi.Alfabeta.Bandung.

KBBI.2007. Departemen Pendidikan dan Kebudayaa, Jakarta: Balai Pustaka, ed. Ke-2, hlm. 5.

Khan,Yahya. 2010.Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri: Mendongkak Kualitas Pendidikan. Yogyakarta: Pelangi Publishing, h.1

Koesoema, Doni. 2007. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Modern. Jakarta: Grasindo. h. 80

Downloads

Published

2022-06-13

Issue

Section

Articles