Implementasi Habituasi Profil Pelajar Pancasila Dan Eksistensinya Bagi Mahasiswa

Authors

  • Aep Muhyidin Syaefulloh Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dea Windiani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Puput Putriani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sinta Rohaeni Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rana Gustian Nugraha Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2944

Abstract

Abstrak

Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif yakni bertujuan untuk mendeskripsikan berbagai kondisi secara real. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi habituasi profil pelajar Pancasila dan eksistensinya bagi Mahasiswa dilakukan dengan cara meningkatkan sisi religious siswa, menanamkan sikap berkebinekaan global, menerapkan kemampuan gotong royong, menanamkan sikap mandiri, serta mampu berpikir secara objektif. Profil Pelajar Pancasila Pada prinsipnya, penguatan karakter Pancasila yang dilakukan melalui perwujudan Profil Pelajar Pancasila ini merupakan sebuah gagasan estafet dari masa ke masa. Peneliti menganalisis bahwa setiap generasi pada masanya selalu ada yang memikirkan dan bergerak untuk melakukan aksi terkait dengan penguatan nilai-nilai Pancasila. Hal ini dikarenakan menjadi manusia Pancasila pada prinsipnya merupakan cita-cita luhur yang harus terus berusaha diwujudkan sampai kapanpun. Melalui pendidikan, generasi milenial harus sadar bahwa nilai-nilai Pancasila yang ditanamkan adalah untuk diterapkan pada diri sendiri dan menebarkannya kepada generasi lainnya yang berperan penting dalam menciptakan Indonesia yang damai, aman dan tentram.

Kata Kunci: Pancasila, Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan

 

 

Abstract

The type of research used is descriptive, which aims to describe various conditions in real time. The results showed that the implementation of the habituation of the Pancasila student profile and its existence for students was carried out by improving the religious side of students, instilling an attitude of global diversity, applying mutual cooperation skills, instilling an independent attitude, and being able to think objectively. Pancasila Student Profile In principle, the strengthening of pancasila character through the realization of the Pancasila Student Profile is an idea of relay from time to time. Researchers analyzed that every generation in his time there was always someone who thought and moved to take actions related to the strengthening of Pancasila values. This is because being a Human Being a Pancasila man is in principle a lofty ideal that must continue to be realized until any time. Through education, the millennial generation must be aware that the pancasila values instilled are to be applied to themselves and spread them to other generations who play an important role in creating a peaceful, safe and peaceful Indonesia.

Keywords: Pancasila, Pancasila Student Profile, Education

References

DAFTAR PUSTAKA

Faiz, A., & Faridah, F. (2022). Program Guru Penggerak Sebagai Sumber Belajar. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(1), 82–88. https://doi.org/10.35457/konstruk.v14i1.1876

Faiz, A., Parhan, M., & Ananda, R. (2022). Paradigma Baru dalam Kurikulum Prototipe. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1544–1550.

Kemendikbud. (2021). 6 Ciri Pelajar Pancasila yang Cerdas dan Berkarakter. Ditsmp.Kemdikbud.Go.Id.

Kurniawaty, I., & Faiz, A. (2022). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. 4(4), 5170–5175.

Kusumah, W., & Alawiyah, T. (2021). Guru Penggerak: Mendorong Gerak Maju Pendidikan Nasional. Penerbit Andi.

Rahayuningsih, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925

Suharsimi Arikunto. (2007). Evaluasi Program Pendidikan : Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar – Imas Kurniawaty, Aiman Faiz, Purwati DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3139 Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 4 No 4 Tahun 2022 p-ISSN 2656-8063 e-ISSN 2656-8071 Praktisi Pendidikan. Bumi Aksara.

Syahril, I. (2020). Kesiapan dan Adaptasi Kepmimpinan dan Manajemen Sekolah Menyongsong" New Normal" Pendidikan. In Webinar Nasional LP2KS, 9.

Syafi’i, F. F. (2021). Merdeka belajar: sekolah penggerak. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0,†November, 46–47.

Wreksosuhardjo, Sunarjo, 2007, Pancasila & Kejawen. Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) UNS dan UPT Penerbitan dan Percetakan UNS (UNS Press).

Downloads

Published

2022-06-21

Issue

Section

Articles