Gaya Kepemimpinan Bupati Mahasiswa Pada Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Masyarakat FKIP Universitas Riau
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.3006Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya kepemimpinan Bupati Mahasiswa Program Studi Pendidikan Masyarakat FKIP Universitas Riau. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 7 orang, yang terdiri dari Ketua masing-masing Divisi yang ada di Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Masyarakat FKIP Universitas Riau. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan otokratis ditunjukkan dengan pemimpin yang memaksakan kehendak, memutuskan peraturan secara ketat/jelas, memutuskan secara sepihak, menuntut ketaatan penuh, dan tidak memberikan kesempatan berdialog (menerapkan komunikasi satu arah). Gaya kepemimpinan demokratis ditunjukkan dengan sikap pemimpin yang memberikan peraturan yang jelas, menuntut memenuhi peraturan, menerapkan peraturan melalui pemahaman, memberikan kesempatan untuk berpikir, dan mengajak berdialog. Gaya kepemimpinan laissez-faire ditunjukkan dengan sikap seorang pemimpin yang memberikan kebebasan yang tidak jelas, kurang memberikan kontrol, hanya sedikit memberikan bimbingan, lebih banyak membiarkan, dan kurang memberikan nasehat. Dari ketiga gaya kepemimpinan tersebut, gaya kepemimpinan yang terlihat dalam penelitian ini adalah gaya kepemimpinan demokratis, sedangkan gaya kepemimpinan otokratis dan gaya kepemimpinan bebas (laissez faire) tidak terlihat pada hasil penelitian ini.
Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Bupati Mahasiswa, Himpunan Mahasiswa
Â
Abstract
This research aims to describe the leadership style of the Regent of the Student Education Study Program of the FKIP University of Riau. This research method is descriptive qualitative research. There were 7 informants in this study, consisting of the Head of each Division in the Student Association of the Community Education Study Program, FKIP University of Riau. Data collection techniques using observation, interviews and documentation. While the analysis in this study includes data reduction, data presentation, conclusion drawing, and triangulation. The results show that the autocratic leadership style is indicated by leaders who impose their will, decide rules strictly/clearly, decide unilaterally, demand full obedience, and do not provide opportunities for dialogue (implementing one-way communication). The democratic leadership style is indicated by the attitude of the leader who provides clear rules, demands to comply with the rules, applies the rules through understanding, provides opportunities for thinking, and invites dialogue. The laissez-faire leadership style is indicated by the attitude of a leader who gives unclear freedom, gives less control, provides little guidance, allows more, and provides less advice. Of the three leadership styles, the leadership style seen in this study is a democratic leadership style, while the autocratic leadership style and the free leadership style (laissez faire) are not seen in the results of this research.
Keywords: Leadership Style, Student Regent, Student AssociationReferences
DAFTAR PUSTAKA
Badu, S. Q., & Djafri, N. (2017). Kepemimpinan dan perilaku organisasi. Gorontalo: Ideas Publishing.
Dini, D. W. (2020). Hubungan gaya kepemimpinan otokratis dan kepuasan kerja dengan intensi turnover pada karyawan (Doctoral dissertatation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Pekanbaru, Indonesia). Diperoleh dari http://repository.uin-suska.ac.id/24738/.
Faturahman, B. M. (2018). Kepemimpinan dalam budaya organisasi. Madani Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan, 10(1), 1-11.
Febriani, Y., & Batari, E. (2020). Hubungan gaya kepemimpinan dengan motivasi kerja pada HMJ psikologi universitas negeri surabaya. In Prosiding Seminar Nasional LP3M (Vol. 2).
Gitosudarmo, I., & Sudita, I. N. (2014). Perilaku organisasi. Yogyakarta: BPEE.
Hasibuan, M. S. P. (2008). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Khosiah, S., & Maryani, K, K. (2020). Pengaruh gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kinerja guru paud. Jurnal Golden Age, 4(01), 20-29.
Marlina, L. (2013). Tipe-tipe kepemimpinan dalam manajemen pendidikan. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam, 18(02), 215-227.
Masruri, A., & Mubin, F. (2020). Tipe dan gaya kepemimpinan.
Mattayang, B. (2019). Tipe dan gaya kepemimpinan: suatu tinjauan teoritis. JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting), 2(2), 45-52.
Maulana, A. I., Wahono, B., & Khalikussabir. (2020). Pengaruh gaya kepemimpinan, komunikasi dan komitmen organisasi terhadap kinerja pengurus (studi kasus PMII rayon al-farabi). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9(11).
Nurgiansah, T. H. (2022). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Religius. Jurnal Basicedu, 6(4), 7310–7316. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230
Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan di perguruan Tinggi, Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 155 Tahun 1998 (1998). https://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/kepmendikbud_155_98.pdf.
Pemerintah Daerah, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004 (2004). https://www.dpr.go.id/dokjdih/document/uu/33.pdf.
Saputra, A., Hermawati, W., & Takaryanto, N. (2019). Komitmen organisasi, komunikasi interpersonal dan gaya kepemimpinan terhadap profesionalitas kerja pegawai di puskesmas krangkeng kabupaten indramayu. Jurnal Ekonomi Manajemen, 2(1).
Satyawati, N. M. R., & Suartana, I. W. (2014). Pengaruh gaya kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja yang berdampak pada kinerja keuangan. E-Jurnal Akuntansi, 6(1), 17-32.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Susanty, A., & Baskoro, S. W. (2012). Pengaruh motivasi kerja dan gaya kepemimpinan terhadap disiplin kerja serta dampaknya pada kinerja karyawan (studi kasus pada PT. PLN (persero) APD semarang). J@ Ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 7(2), 77-84.
Susila, B. P. E., & Ariantini, P. O. (2020). Pengaruh gaya kepemimpinan dan komunikasi terhadap semangat kerja anggota himpunan mahasiswa akademi komunitas manajemen perhotelan indonesia periode 2019-2021. Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel, 4(1), 45-54.
Tampi, B. J. (2014). Pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank negara indonesia, tbk (regional sales manado). Acta Diurna Komunikasi, 3(4).
Veithzal, R. Z., Hadad, M. D., & Ramly, M. (2014). Kepemimpinan dan perilaku organisasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Tika Dwi Pratiwi, Titi Maemunaty, Said Suhil Achmad, Aswandi Bahar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.