Hubungan Pendidikan Karakter Mandiri Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19 Mahasiswa Prodi PPKn Universitas Darma Agung Medan

Authors

  • Elvi Maya Sari Lubis Universitas Darma Agung Medan
  • Tuti Justiani Zai Universitas Darma Agung Medan
  • Sorta Uli Banjar Nahor Universitas Darma Agung Medan
  • Wina Safitri Universitas Darma Agung Medan
  • Cici Fitri Bety Universitas Darma Agung Medan

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3055

Abstract

Abstrak

Pendidikan karakter mandiri adalah komponen yang paling penting dalam motivasi belajar. Mahasiswa yang termotivasi akan menunjukkan minatnya untuk melakukan aktivitas belajar, merasakan keberhasilan diri, mempunyai usaha-usaha untuk sukses dalam menyelesaikan tugasnya. Kemandirian adalah kebebasan individu untuk memilih dan menentukan dirinya sendiri. Pendidikan karakter sangat penting untuk diterapkan setiap mahasiswa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: ada tidaknya hubungan Pendidikan karakter dengan motivasi mahasiswa dimasa pandemi covid-19 serta seberapa besar hubungan Pendidikan karakter dengan motivasi mahasiswa dimasa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif teknik pengumpulan data secara deskriptif. Analisis data yang dilakukan bersifat induktif berdasarkan fakta-fakta yang ditemukan di lapangan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara Pendidikan karakter mandiri dengan motivasi belajar mahasiswa, dimana dapat dijelaskan perkuliahan mahasiswa akan optimal apabila karakter mandiri dan motivasi belajar mahasiswa baik. Namun, jika karakter mandirinya kurang baik maka motivasi belajarnya juga akan kurang optimal.

Kata Kunci: Pendidikan, Karakter Mandiri, Motivasi Belajar.

 

Abstract

Independent character education is the most important component in learning motivation. Motivated students will show their interest in doing learning activities, feel self-success, have efforts to be successful in completing their tasks. Independence is the freedom of the individual to choose and determine himself. Character education is very important for every student to apply. The problems studied in this study are: whether there is a relationship between character education and student motivation during the Covid-19 pandemic and how much character education has to do with student motivation during the Covid-19 pandemic. This research is a qualitative research on descriptive data collection techniques. The data analysis carried out is inductive based on the facts found in the field. From the results of the study, it shows that there is a relationship between independent character education and student learning motivation, where it can be explained that student lectures will be optimal if the independent character and student learning motivation are good. However, if the independent character is not good, the motivation for learning will also be less than optimal.

Keywords: Education, Independent Character, Motivation to Learn

References

DAFTAR PUSTAKA

Ahmad, Darawis. 2020. Pendidikan karakter, konsep strategi implementasi komprehensif. Jawa tengah: Pena Persada

Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Buku panduan internalisasi pendidikan karakter disekolah. Jogjakarta: Diva press

Dimyati, Mudjiono, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka cipta

Fitri, Agus Zaenul. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Mulyasa. 2022. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep Karakteristik dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mustari, Mohamad. 2011. Nilai Karakter. Yogyakarta: Laksbang Pressindo

Nurgiansah, T. H. (2022a). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dengan Media Pembelajaran Konvensional Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1529–1534. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Nurgiansah, T. H. (2022b). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Religius. Jurnal Basicedu, 6(4), 7310–7316. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230

Purwanto. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Bandung: Pustaka Pelajar

Sardiman, 20017. Interaksi motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Setiawati, N. A. 2017. Pendidikan karakter Sebagai Pilar Pembentukan Karakter

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yyang mempengaruhi. Jakarta: Raja Gravindo Persada Bangsa. Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan,1 (1), 348-352 http://repository.uir.ac.id/3438/5/bab2.pdf

Downloads

Published

2022-06-29