Pentingnya Pendidikan Karakter Anak Di Zaman Serba Digital

Authors

  • Angela Sanni Maria Waruwu Universitas Darma Agung Medan
  • Nari Rati Universitas Darma Agung Medan
  • Derisman Buulolo Universitas Darma Agung Medan
  • Foangeraigo Laia Universitas Darma Agung Medan
  • Tomi Bertin Zalukhu Universitas Darma Agung Medan
  • Cici Fitri Bety Universitas Darma Agung Medan

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3057

Abstract

Abstrak

Pendidikan karakter adalah sebuah usaha untuk menerapkan nilai-nilai agama,moral,etika pada anak melalui ilmu pengetahuan,yang dibantu oleh orang tua,guru serta masyarakat yang sangat penting dalam pembentukan dan perkembangan karakter peserta didik.Setiap anak memiliki potensi yang baik sejak lahir,namun potensi tersebut harus terus terus diasah dan disosialisasikan dengan baik agar karakter setiap anak terbentuk dan berkembang secara maksimal. Di zaman serba digital ini juga anak dengan mudahnya menggunakan media digital. Zaman digital yang bukan hanya memiliki dampak positif,namun juga dampak negative pun menjadi tugas sendiri bagi orangtua dan masyarakat dewasa dalam membimbing dan memantau apa yang anak lakukan dengan media digitalnya tersebut,sehingga anak mampu memanfaatkan media digitalnya sebaik mungkin dan mendapatkan manfaat yang baik untuk dirinya sendiri dan hidupnya.

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Anak Usia Dini, Digital

 

Abstract

Character education is an effort to apply religious, moral, ethical values to children through science, which is assisted by parents, teachers and society which is very important in the formation and development of student character. Every child has good potential from birth, but this potential must continue to be honed and socialized properly so that the character of each child is formed and develops optimally. In this all-digital era, children also easily use digital media. The digital age, which not only has a positive impact, but also a negative impact, is also a task for parents and the adult community in guiding and monitoring what children do with their digital media, so that children are able to make the best use of their digital media and get good benefits for themselves and their lives.

Keywords: Character Education, Early Childhood, Digital

References

DAFTAR PUSTAKA

Daryanto, Darmiatun Suryatri. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. (Gava Media: Yogyakarta),68.

Elmubarok, Z. (2018). Membumikan Pendidikan Nilai.Bandung:Alfabeta

Lickonna.T. (1992). Education for character, How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Nurgiansah, T. H. (2022a). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dengan Media Pembelajaran Konvensional Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1529–1534. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Nurgiansah, T. H. (2022b). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Religius. Jurnal Basicedu, 6(4), 7310–7316. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230

Peraturan Presiden No 87 Pasal 2 Tahun 2017,Penguatan Pendidikan Karakter, (http://ditjenpp.kemenkumham.go.id/arsip/In/2017/ps87-2017.pdf),

Salman Hasibuan. (2015). Budaya Media dan Partisipasi Anak di Era Digital, Proceeding of internasional Post-graduate conference. Surabaya: Prodi S2 Komunikasi Universitas AIRLANGGA Surabaya, 833.

Samani,M & Haryanto.(2013).Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sukiman, dkk. (2016). Seri Pendidikan Orangtua; Mendidik Anak di Era Digital. Jakarta; Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Yulia Palupi. Digital Parenting sebagai Wahana Terapi Untuk Menyeimbangkan Dunia Digital dengan Dunia Nyata Bagi Anak. (Yogyakarta: Seminar Nasional Universitas PGRI, 2015) ,49.

Downloads

Published

2022-06-29