Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Di Era Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3068Abstract
Abstrak
Pancasila adalah dasar negara Indonesia. Sila Pancasila terdiri dari lima unsur sesuai dengan lima sila Pancasila, yaitu kemaslahatan ketuhanan, kemaslahatan kemanusiaan, kemaslahatan persatuan, kemaslahatan umat, dan kemaslahatan keadilan. Warga negara Indonesia wajib menjaga nilai-nilai Pancasila di tengah wabah Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi akseptabilitas protokol Pancasila selama masa penyakit Covid-19. Penelitian ini menggunakan penelitian tinjauan pustaka. Hasil penelitian adalah penggunaan sila Pancasila dapat mengurangi pelanggaran terhadap peraturan yang diamanatkan pemerintah. Rerumputan Pancasila yang indah memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang nilai-nilai Pancasila di antara warga negara Indonesia selama epidemi Covid-19. Mempromosikan kesadaran warga akan kebijakan pemerintah dengan memasukkan perawatan kesehatan reguler ke dalam kehidupan sehari-hari mereka.
Kata kunci : Pancasila, pandemi, covid 19
Â
Abstract
Pancasila is the foundation of the Indonesian state. The Pancasila precepts consist of five elements in accordance with the five Pancasila precepts, namely the benefit of divinity, the benefit of humanity, the benefit of unity, the benefit of the people, and the benefit of justice. Indonesian citizens are obliged to maintain the values of Pancasila in the midst of the Covid-19 outbreak. The purpose of this study was to evaluate the acceptability of the Pancasila protocol during the Covid-19 illness. This research uses literature review research. The result of the research is that the use of Pancasila precepts can reduce violations of government-mandated regulations. The beautiful Pancasila grass gives you a better understanding of Pancasila values among Indonesian citizens during the Covid-19 epidemic. Promote citizen awareness of government policies by incorporating regular health care into their daily lives.
Â
Keywords: Pancasila, pandemic, covid 19
References
DAFTAR PUSTAKA
Balqis, S. D. P., & Najicha, F. U. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Pancasila di Era Pandemi Covid-19. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(6).
Fadhila, HIN, & Najicha, FU (2021). Pentingnya Memahami dan Mengimplementasikan Nilai-nilai Pancasila di Lingkungan Masyarakat. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik , 4 (2), 204-212.
Fathoni, F., & Najicha, F. U. (2022). Pendidikan Cinta Tanah Air Dalam Pembentukan Karakter Kaum Milenial. Konstruksi Sosial: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial, 2(4), 1-6.
Gultom, A. F., & Saragih, E. A. (2021). Beriman di Masa Pandemi. Medan: CV. Sinarta.
Gunawan, R. Z., & Najicha, F. U. (2022). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Karakter Moral Pelajar di Era Modern. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 422-427.
Ilmi, R. N., & Najicha, F. U. (2022). Bahaya Pemanfaatan Media Sosial bagi Integrasi Bangsa di Masa Pandemi. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(4).
Isnaini, P. N., & Dewi, D. A. (2021). Upaya Menerapkan Nilai-Nilai Pancasila di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 322-328.
Karlina, S., Nurfaridah, W. O., Lasambouw, C. M., & Mathilda, F. (2020, September). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila di Kalangan Mahasiswa dalam Melaksanakan Kebijakan Pemerintah dalam Bidang Pendidikan di Era Pandemi Covid-19. In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar (Vol. 11, No. 1, pp. 1213-1219)
Magnis-Suseno, F. (2014). Memantapkan Harkat Moral Perpolitikan Indonesia. Maarif, 9(1), 24-37
Minarso, I. P., & Najicha, F. U. (2022). Upaya Memperkuat Persatuan dan Kesatuan Untuk Melawan Globalisasi. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 543-551.
Mudhofir, A. (2006). Pancasila sebagai Pokok Pangkal Sudut Pandang Bagi Ilmu Menurut Notonagoro. Jurnal Filsafat, 16(1), 27-33.
Nurgiansah, T. H. (2022a). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dengan Media Pembelajaran Konvensional Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1529–1534. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf
Nurgiansah, T. H. (2022b). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Religius. Jurnal Basicedu, 6(4), 7310–7316. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230
Pratama, M. I., & Najicha, F. U. (2022). Meningkatkan Kesadaran Bela Negara Pada Setiap Individu Dengan Nilai-Nilai Pancasila Pada Era Globalisasi Saat ini. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1403-1409.
Ratih, LD, & Najicha, FU (2021). Wawasan Nusantara Sebagai Upaya Membangun Rasa Dan Sikap Nasionalisme Warga Negara: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Warga Global: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan , 10 (2), 59-64.
Sahertian, P. (2008). Perilaku Kepemimpinan Berorientasi Hubungan Sebagai Anteseden, Selfefficacy Dan Organizational Citizenship Behavior. Jurnal Keuangan dan Perbankan, 12(2), 273-282.
Septian, D. (2020). Pemahaman Nilai-Nilai PancasilaDalam Memperkuat Kerukunan Umat. Tanjak: Journal of Education and Teaching, 1(2), 155-168
Sholih, J. A. U., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Pancasila Dalam Kehidupan di Masa Pandemi Covid-19. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 153-164.
Ulfatun, N. F., Lestari, A., Ahmad, M. H., Dyna, A., & Alifah, K. D. (2022). Pengaruh Penerapan Adaptasi Kebiasaan Hidup Baru bagi Warga Masyarakat di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Penelitian Inovatif, 2(1), 11-16.
Utami, S. G. A., & Najicha, F. U. (2022). Kontribusi Mahasiswa Sebagai Agent of Change Dalam Penerapan Nilai-Nilai Pancasila pada Kehidupan Bermasyarakat. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(3).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nurul Hidayah Tri Ambarningrum, Fatma Ulfatun Najicha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.