Sumber Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Mengenai Negara Kesatuan Republik Indonesia di Sekolah Dasar

Authors

  • Luh Putu Candri Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Aris Pramartha Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Putu Venny Fatma Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Anak Agung Istri Rahayu Indirayani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nengah Suastika Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3096

Abstract

Abstrak

Salah satu hal terpenting dalam dunia pendidikan adalah tersedianya sumber belajar yang memadai. Sumber belajar adalah suatu acuan atau refrensi yang digunakan dalam suatu pembelajaran guna mempermudah siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran atau kompetensi tertentu. Sesuai dengan pembelajaran diterapkan dalam pelajaran PPKn, dimana dalam pelajaran PPKn siswa mempelajari banyak hal yang berkaitan dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal ini sesuai dengan tujuan penelitian ini yaitu (1) Memberbanyak sumber belajar mengenai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang di kemas dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaarn (PPKn), (2) Mengetahui pengertian dari NKRI, (3) Mengetahui tujuan dari NKRI, (4) Fungsi dari NKRI, dan (5) Upaya menjaga keutuhan NKRI.

Kata Kunci: Sumber Belajar, PPKn, NKRI

 

Abstract

One of the most important things in education is the availability of adequate learning resources. Learning resource is a reference or reference used in a lesson to facilitate students in achieving certain learning objectives or competencies. In accordance with the learning applied in Civics lessons, where in Civics lessons students learn many things related to the Unitary State of the Republic of Indonesia. This is in accordance with the objectives of this study, namely (1) to increase learning resources about the Unitary State of the Republic of Indonesia which are packaged in Citizenship Education Learning (PPKn), (2) Knowing the meaning of the Unitary State of the Republic of Indonesia, (3) Knowing the purpose of the Unitary State of the Republic of Indonesia, (4) Functioning from the Unitary State of the Republic of Indonesia, and (5) Efforts to maintain the integrity of the Unitary State of the Republic of Indonesia.

Keywords: Learning Resources, PPKn, NKRI

References

DAFTAR PUSTAKA

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–6.

Dewa, M., & Putri, Y. (2022). Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Bahasa Indonesia di SMP Muhammdiyah 5 Surakarta. Belaindika, 4(2), 52–56.

Huda, N. (2013). Ilmu Negara. Rajawali Pers.

Kaelan. (2014). Pendidikan Pancasila. Paradigma.

Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(3), 418–430.

Nurgiansah, T. H. (2022a). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dengan Media Pembelajaran Konvensional Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1529–1534. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Nurgiansah, T. H. (2022b). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Religius. Jurnal Basicedu, 6(4), 7310–7316. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230

Pujianingsih, E. (2016). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN NKRI MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL THINK-PAIR-SHARE. 17(2), 1–9.

Rani, R. M. (2006). PKN Harmoni Berkebangsaan Kelas V SD. Yudistira.

Sarjana, A. N. (2019). Pendidikan kewarganegaraan bangsa menjadi insan Pancasila untuk SD/Mi Kelas V. Pusat Perbukuan Depatemen Pendidikan Nasional.

Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 1, 1–5.

Downloads

Published

2022-07-02