Mengedepankan Karakter Budaya Untuk Membangun Warga Negara yang Nasionalis

Authors

  • Jagad Aditya Dewantara Universitas Tanjungpura
  • Syamsuri Syamsuri Universitas Tanjungpura
  • Efriani Efriani Universitas Tanjungpura
  • Aldian Tomia Universitas Tanjungpura
  • Jopani Novia Universitas Tanjungpura
  • Ocha Ardania Universitas Tanjungpura
  • Victorianus Marterik Arjon Universitas Tanjungpura
  • Wilhelmina Tasya Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3108

Abstract

Abstrak

Banyaknya permaslahan-permasalahan yang terjadi pada bangsa indonesia, hal itu hampir semuanya bersumber dari rendahnya moral dan ahlak masyarakat hingga pemimpin negara, banyak sekali jenis pendidikan pada bangsa indonesia namun kebanyakan pendidikan tersebut hanyalah mengajarkan intelektual saja, namun pendidikan yang paling penting untuk mengatasi semua permasalahan yang terdapat dalam bangsa kita ini adalah pendidikan karakter, disini pendidikan karakter lah yang menjadi peran utama untuk membangun karakter bangsa yang mampu membawa Indonesia ke arah yang lebih maju karena salah satu tujuan dari pendidikan karakter ialah membentuk bangsa yang tangguh, berakhlak mulia, bermoral, bertoleransi, bekerja sama atau bergotong rotong. Keteladanan dan kedisiplinan adalah beberapa contoh hal yang sangat penting untuk di tekankan dalam pendidikan karakter.

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Kdisiplinan, Keteladanan

 

Abstract

The many problems that occur in the Indonesian nation are almost all sourced from low morals and morals of the community to state leaders, there are many types of education in the Indonesian nation but most of this education only teaches intellectuals, but education is the most important to overcome all problems contained in our nation is character education, here character education is the main role to build national character that is able to bring Indonesia to a more advanced direction because one of the goals of character education is to form a nation that is strong, noble, moral, tolerant. , cooperate or work together. Exemplary and discipline are some examples of things that are very important to emphasize in character education.

Keywords: Character Education, Discipline, Exemplary

References

DAFTAR PUSTAKA

Burhanuddin, H. (2019). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Al Qur’an. Al-Aufa: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.36840/alaufa.v1i1.217

Liska, L., Ruhyanto, A., & Yanti, R. A. E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 161. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6156

Mahmud, H., Studi, P., Pendidikan, M., Era, D., & Pendahuluan, A. (2017). Membentuk Karakter Generasi Muda Melalui. 2(2), 127–142.

Maunah, B. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 90–101. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8615

Ningsih, T., Zamroni, Z., & Zuchdi, D. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Di Smp Negeri 8 Dan Smp Negeri 9 Purwokerto. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 3(2), 225–236. https://doi.org/10.21831/jppfa.v3i2.9811

Nurkholis. (2013). PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto. 1(1), 24–44.

Setiawan, D. (2013). Peran Pendidikan Karakter Dalam Mengembalikan Kecerdasan Moral. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(1), 55–56.

Sormin, D., & Ashshiddiqi, M. H. (2019). Peran Agama Dalam Membangun Karakter Bangsa. Al-Fatih: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, II(2), 230–246.

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, I(1), 47–58. https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316

Tamura, H. (2008). Pendidikan Keluarga Remaja. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 287.

Downloads

Published

2022-07-04