Strategi Promosi Pariwisata di Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak Kalimantan Barat dimasa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3121Abstract
Abstrak
Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak merupakan bandar udara yang terletak di ibukota provinsi Kalimantan Barat. Strategi promosi pariwisata akan turut menentukan jumlah wisatawan yang akan datang. Dengan informasi yang didapat oleh penumpang menganai pariwisata Kalimantan Barat maka dapat meningkatkan jumlah wisatawan karena wisatawan dapat menentukan destinasi yang diinginkan yang berada di Kalimantan Barat. Adapun tujuan dari studi ini yaitu untuk mengatahui bagaimana stratergi promosi pariwisata yang dilakukan oleh pengelola Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak dimasa pandemic covid-19. Jenis studi ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Menggunakan metode wawancara terstruktur dan studi dokumentasi sebagai Teknik pengumpulan data, dan studi ini menggunakan teknik analisis SWOT. Hasil dari studi tentang strategi promosi pariwisata di Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak menggunakan 3 jenis yaitu Periklanan (Digital banner, Display material,Digital content creator, Digital service officer), Promosi Penjualan (Stand peragaan budaya), Hubungan masyarakat (Pameran UMKM).
Kata Kunci: Pariwisata, Supadio, Pandemi
Â
Abstract
Supadio International Airport is an airport located in the capital city west Kalimantan. The tourism promotion strategy will also determine the number of tourists who will come. With the information obstained by passanger regarding West Kalimantan tourism, it can increase the number of tourists because tourists can determine the desired destination in West Kalimantan. The purpose of this study is to find out how the tourism promotion strategy is carried out by the manager of the Supadio International Airport during covid-19 pandemic. This type of study is descriptive qualitative research. Using structured interview methods and documentation studies as data collection techniques, and this study uses SWOT analysis techniques. The results of a study on tourism promotion strategies at Supadio International Airport use 3 type, namely Advertising (Digital banner, Display material,Digital content creator, Digital service officer), Sales Promotion (Cultural display stand),Public Relation (SME exhibition).
Keywords: Tourism, Supadio, PandemicReferences
DAFTAR PUSTAKA
Charles W. Lamb, Joseph F. Hair, Carl McDaniel. 2001. Pemasaran, Edisi pertama. Salemba Empat. Jakarta
Danamik, Janianton dan Weber, Helmut. (2006). Perencanaan Ekowisata Dari Teori ke Aplikasi. Yogyakarta: PUSPAR UGM dan Andi.
Gunn, C. A dan Var, Turgut. 2002. Tourism Planning: Basics, Concepts, Cases, Edisi ke 4. New York: Routledge
Hermawan, Agus. 2013. Promosi dalam Prioritas Kegiatan Pemasaran. Jakarta. PT Buku Seru. Hal 38.
Holloway, J. C dan Robinson, C. 1995. Marketing For Tourism, Edisi ke 3, Addison-Wesley Longman, The Limited
Irawan, Muhammad. 2014, Analisis SWOT Untuk Menentukan Strategi Kompetitif Pada PD BPR Bank Daerah Lamongan, Jurnal Universitas Kadiri, 2014
Johnson, G. dan Scholes, K. 2016 . Exploring Corporate Strategy-Text and Cases. Hemel Hempstead: Prentice-Hall.
Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran,Jilid 1, Erlangga, Jakarta
Kotler, Philip. dan Gary Armstrong. 2014. Principle Of Marketing.Edisi 15. New Jersey: Pearson Prentice Hal
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Management, Edisi ke 15, Pearson Education,Inc.
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management. Edisi ke 15. New Jersey: Pearson Pretice Hall
Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.
Muljadi, A. J, 2012, Kepariwisataan dan Perjalanan, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Middleton, Victor T. C. (2001). Marketing in Travel and Tourism Edisi ke 3. MPG Books Ltd, Bodmin.
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Peraturan Mentri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 69 Tahun 2013, fungsi Bandar Udara.16 Agustus 2013, Mentri Perhubungan Indonesia, Jakarta
Pearce II, John A. dan Robinson Richard B.Jr. (2008). Manajemen Strategis 10. Salemba Empat : Jakarta
Rangkuti, Freddy. 2001. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT.Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Rangkuti, Freddy. 2013. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Rianto, Adi. 2010. Metodologi Penelitian Sosial dan Hukum, Jakarta: Granit
Soemanagara, 2008. Strategic Marketing Communication, Bandung: Alfabeta
Sunaryo, Bambang, 2013. Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata Konsep dan Aplikasinya di Indonesia, Yogyakarta: Gava Media
Suryaputri, Z. B. 2017. Strategi Promosi Potensi Wisara di Bandara International Kuala Namu untuk meningkatakan kunjungan wisata Sumatra. D3 Perjalanan Wisata Universitas Sumatra Utara, Medan
Saryono. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. PT. Alfabeta. Bandung
Sugiyono. 2019. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Swasta dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern.Yogyakarta:Liberty
Tjipto,Chandra danAdriana, 2008. Brand Manajemen dan Strategi. Yogyakarta: Elex Media Komputindo
Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2009. Tentang Penerbangan.12 Januari 2009, Direktorat Jendral Perhubungan Udara, Jakarta
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009. Tentang Kepariwisataan.16 Januari 2009, Mentri Hukum dan HAM Republik Indonesia. Jakarta
Widyoko, Eko Putro. 2014. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Anggoro Dwi Raharjo, Kartika Fajar Nieamah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.