Strategi Promosi Pariwisata di Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak Kalimantan Barat dimasa Pandemi Covid-19

Authors

  • Anggoro Dwi Raharjo Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
  • Kartika Fajar Nieamah Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3121

Abstract

Abstrak

Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak merupakan bandar udara yang terletak di ibukota provinsi Kalimantan Barat. Strategi promosi pariwisata akan turut menentukan jumlah wisatawan yang akan datang. Dengan informasi yang didapat oleh penumpang menganai pariwisata Kalimantan Barat maka dapat meningkatkan jumlah wisatawan karena wisatawan dapat menentukan destinasi yang diinginkan yang berada di Kalimantan Barat. Adapun tujuan dari studi ini yaitu untuk mengatahui bagaimana stratergi promosi pariwisata yang dilakukan oleh pengelola Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak dimasa pandemic covid-19. Jenis studi ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Menggunakan metode wawancara terstruktur dan studi dokumentasi sebagai Teknik pengumpulan data, dan studi ini menggunakan teknik analisis SWOT. Hasil dari studi tentang strategi promosi pariwisata di Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak menggunakan 3 jenis yaitu Periklanan (Digital banner, Display material,Digital content creator, Digital service officer), Promosi Penjualan (Stand peragaan budaya), Hubungan masyarakat (Pameran UMKM).

Kata Kunci: Pariwisata, Supadio, Pandemi

 

Abstract

Supadio International Airport is an airport located in the capital city west Kalimantan. The tourism promotion strategy will also determine the number of tourists who will come. With the information obstained by passanger regarding West Kalimantan tourism, it can increase the number of tourists because tourists can determine the desired destination in West Kalimantan. The purpose of this study is to find out how the tourism promotion strategy is carried out by the manager of the Supadio International Airport during covid-19 pandemic. This type of study is descriptive qualitative research. Using structured interview methods and documentation studies as data collection techniques, and this study uses SWOT analysis techniques. The results of a study on tourism promotion strategies at Supadio International Airport use 3 type, namely Advertising (Digital banner, Display material,Digital content creator, Digital service officer), Sales Promotion (Cultural display stand),Public Relation (SME exhibition).

Keywords: Tourism, Supadio, Pandemic

References

DAFTAR PUSTAKA

Charles W. Lamb, Joseph F. Hair, Carl McDaniel. 2001. Pemasaran, Edisi pertama. Salemba Empat. Jakarta

Danamik, Janianton dan Weber, Helmut. (2006). Perencanaan Ekowisata Dari Teori ke Aplikasi. Yogyakarta: PUSPAR UGM dan Andi.

Gunn, C. A dan Var, Turgut. 2002. Tourism Planning: Basics, Concepts, Cases, Edisi ke 4. New York: Routledge

Hermawan, Agus. 2013. Promosi dalam Prioritas Kegiatan Pemasaran. Jakarta. PT Buku Seru. Hal 38.

Holloway, J. C dan Robinson, C. 1995. Marketing For Tourism, Edisi ke 3, Addison-Wesley Longman, The Limited

Irawan, Muhammad. 2014, Analisis SWOT Untuk Menentukan Strategi Kompetitif Pada PD BPR Bank Daerah Lamongan, Jurnal Universitas Kadiri, 2014

Johnson, G. dan Scholes, K. 2016 . Exploring Corporate Strategy-Text and Cases. Hemel Hempstead: Prentice-Hall.

Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran,Jilid 1, Erlangga, Jakarta

Kotler, Philip. dan Gary Armstrong. 2014. Principle Of Marketing.Edisi 15. New Jersey: Pearson Prentice Hal

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Management, Edisi ke 15, Pearson Education,Inc.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management. Edisi ke 15. New Jersey: Pearson Pretice Hall

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.

Muljadi, A. J, 2012, Kepariwisataan dan Perjalanan, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Middleton, Victor T. C. (2001). Marketing in Travel and Tourism Edisi ke 3. MPG Books Ltd, Bodmin.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Peraturan Mentri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 69 Tahun 2013, fungsi Bandar Udara.16 Agustus 2013, Mentri Perhubungan Indonesia, Jakarta

Pearce II, John A. dan Robinson Richard B.Jr. (2008). Manajemen Strategis 10. Salemba Empat : Jakarta

Rangkuti, Freddy. 2001. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT.Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Rangkuti, Freddy. 2013. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Rianto, Adi. 2010. Metodologi Penelitian Sosial dan Hukum, Jakarta: Granit

Soemanagara, 2008. Strategic Marketing Communication, Bandung: Alfabeta

Sunaryo, Bambang, 2013. Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata Konsep dan Aplikasinya di Indonesia, Yogyakarta: Gava Media

Suryaputri, Z. B. 2017. Strategi Promosi Potensi Wisara di Bandara International Kuala Namu untuk meningkatakan kunjungan wisata Sumatra. D3 Perjalanan Wisata Universitas Sumatra Utara, Medan

Saryono. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. PT. Alfabeta. Bandung

Sugiyono. 2019. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Swasta dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern.Yogyakarta:Liberty

Tjipto,Chandra danAdriana, 2008. Brand Manajemen dan Strategi. Yogyakarta: Elex Media Komputindo

Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2009. Tentang Penerbangan.12 Januari 2009, Direktorat Jendral Perhubungan Udara, Jakarta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009. Tentang Kepariwisataan.16 Januari 2009, Mentri Hukum dan HAM Republik Indonesia. Jakarta

Widyoko, Eko Putro. 2014. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Downloads

Published

2022-07-04