Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan In-Flight Service dan Harga Terhadap Minat Pembelian Ulang Tiket Pada Maskapai Batik Air di Bandar Udara Internasional Achmad Yani Semarang

Authors

  • Muhammad Fahrio Hafizhi Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
  • Andi Syaputra Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3249

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bermaksud untuk menganalisis antara variabel kualitas pelayanan dan harga terhadap minat pembelian ulang tiket pada maskapai Batik Air di Bandar Udara Internasional Achmad Yani Semarang. Jumlah sampel yang dilakukan dalam penelitian ini sebanyak 110 responden  yang dikumpulkan melalui penyebaran kuisioner yang disebarkan kepada penumpang yang melakukan perjalanan menggunakan maskapai Batik Air minimal dua kali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linear berganda, uji F, uji T yang bermaksud untuk mengetahui secara parsial dan simultan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen dengan tingkat kepercayaan α=0,05% . Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan dan harga berpengaruh terhadap minat pembelian ulang tiket pada maskapai Batik Air

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Pembelian Ulang, dan Maskapai Batik Air

 

Abstract

This study aims to analyze the service quality and price variables on the intention to repurchase tickets on Batik Air airline at Achmad Yani International Airport, Semarang. The number of samples in this study were 110 respondents which were collected through the distributed of questionnaires given to passengers who traveled using Batik Air airline at least twice. The method used in this study is a quantitative method and hypothesis testing using multiple linear regression test, F test, T test which aims to determine partially and simultaneously the effect of the independent variable on the dependent variable with a confidance level of = 0,05%. The results of this study also show that the quality of servece and price affect the intention to repurchase tickets on Batik Air airline.

Keyword: service quality, purchase ticket and Batik Air airline

References

DAFTAR PUSTAKA

Karundeng, C. F. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada pt sriwijaya air distrik manado tugas akhir. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis

Kristifirus Duarte, S. H. (2020). Analisis Pengaruh Service Quality (Pre-Flight, In-Flight, dan Post-Flight) terhadap Kepuasan Konsumen Lion Air. Jurnal Bisnis & Akuntansi, XIV(2), 63–75.

Kusdyah, I. 2012. Persepsi Harga, Persepsi Merek, Persepsi Nilai, Dan Keinginan Pembelian Ulang Jasa Clinic Kesehatan (Studi Kasus Erha Clinic Surabaya). Jurnal Manajemen Pemasaran, 7(1), 30–44.

Kotler, P., dan Armstrong, G. (2013). Principles of Marketing (16th Global Edition)

Lestari, M. R. S. D. R. (2012). Persepsi Harga, Persepsi Merek, Persepsi Nilai, Dan Keinginan Pembelian Ulang Jasa Clinic Kesehatan (Studi Kasus Erha Clinic Surabaya). Jurnal Manajemen Pemasaran, 7(1), 30–44.

Liyas, J. N. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Penerbangan Batik Air Pada PT. Lion Group di Bandara Sultan Syarif Khasim II Pekanbaru. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 6(2), 112

Nathadewi, K. S., & Sukawati, T. G. R. (2019). Peran Kepuasan Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Niat Beli Ulang Konsumen Lion Air. E-Jurnal :Manajemen, Vol 8, No. 11, 2019, 8(11).

Nugraha, D. P. S. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan, Persepsi Harga, Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Niat Membeli Kembali Pada Tiket Pesawat. (Skripsi), Institut Agama Islam Negeri Surakarta, Surakarta. (1-139).

Sabella, F. M. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek, Persepsi Nilai dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Perusahaan Penerbangan Lion Air. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Supriono, Fandy Achmad (2017). Pengaruh Persepsi Harga dan kualitas Layanan Terhadap Minat Pembelian Ulang(Survei pada konsumen Go-Ride di kota Surabaya). Jurnal Administrasi Negara

Suryawan, I. kadek wawan, dan Sharif, O. omar. 2018. Pengaruh Kualitas Llayanan Penerbangan Terhadap Kepuasan Penumpang Dan Loyalitas ( Studi Kasus : Penerbangan Garuda Indonesia ). Jurnal Wacana Ekonomi, 17(03), 29–38.

Syahputra, D., Alwie, A. F., & Garnasih, R. L. (2019). Analisis Kualitas Layanan dan Citra Merek terhadap Pembelian Berulang dengan Harga sebagai Variabel Moderasi pada Maskapai Penerbangan Rute Pekanbaru Jakarta. Jurnal Administrasi Bisnis, 30(2), 14–30.

Tjiptono, F (2014). Pemasaran Jasa. Prinsip, Penerapan dan Penelitian . Yogyakarta: Penerbit ANDI

Wahyuningtyas, R., 2020. Pengaruh persepsi pelanggan terhadap kualitas pelayanan pramugari pada kepuasan pelanggan serta pengaruh kepuasan pelanggan pada minat beli ulang. Jurnal Manajemen Ekonomi

Yahya, Y., Maulida, Z., Yusra, Y., dan Makmur, L. 2020. Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan maskapai penerbangan Batik Air Banda Aceh. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 9(1), 1–13.

Downloads

Published

2022-07-12