Pola Asuh Otoriter dan Demokaratis Orang Tua Tepian Sungai Segati Terhadap Anaknya

Authors

  • Daeng Ayub Universitas Riau
  • Ayu Zarmita Sari Universitas Riau
  • Ria Rizkia Alvi Universitas Riau
  • Wilson Wilson Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3253

Abstract

Abstrak

Studi ini diarahkan untuk mengulas serta menganalisa pola asuh yang dilakukan oleh orangtua tepian sungai segati kepada anaknya di desa segati kecamatan langgam kabupaten pelalawan tentang pola asuh otoriter serta demokaratis, penelitian ini dirujukan untuk meneliti objek alamiah melalui pendekatan kualitatif, tujuannya untuk mengetahui dan menganalisa pola asuh otoriter serta demokaratis yang di gunakan oleh orangtua tepian sungai segati terhadap anaknya. Penelitian kualitatif bertujuan untuk menggambarkan realita yang cermat terhadap sebuah fenomena yang terjadi. Pengumpulan data menggunakan dekumentasi,observasi dan wawancara tentang pola asuh otoriter dan demokratis. Hasil studi memperlihatkan pola asuh yang digunakan orangtua tepian sungai Segati Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan dalam mendidik, merawat dan menjaga anaknya menggunakan pola asuh otoriter dan demokaratis kedua pola asuh tersebut di terapkan orangtua tepian sungai segati terhadap anaknya dalam merwat anak-anaknya dapat diliat orangtua tepian sungai segati menggunakan pola asuh gabungan yakni pola asuh otoriter serta demokaratis.

Kata Kunci: Pola Asuh, Orang Tua, Demokratis

 

Abstract

This study is directed to review and analyze parenting carried out by parents on the banks of the Segati River for their children in Segati Village, Langgam District, Pelalawan Regency about authoritarian and democratic parenting. authoritarian and democratic used by Segati riverbank parents against their children. Qualitative research aims to describe a careful reality of a phenomenon that occurs. Collecting data using documentation, observations and interviews about authoritarian and democratic parenting. The results of the study show that the parenting pattern used by parents on the banks of the Segati River, Langgam District, Pelalawan Regency in educating, caring for and taking care of their children, uses authoritarian and democratic parenting. Segati uses a combined parenting style, namely authoritarian and democratic parenting.

Keywords: Parenting, Parents, Democratic

References

DAFTAR PUSTAKA

Anisah, A. S. 2017. Pola asuh orangtua dan implikasinya terhadap pembentukan karakter anak. Jurnal Pendidikan UNIGA, 5(1), 70-84

Apriyani, D. C. N. 2018. Kecenderungan Pola Asuh dan Tipe Kepribadian Siswa Pesisir Pantai Selatan Jawa. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(2), 1-11.X

Ayub, Daeng & M. Jaya (2021). Teachers’ Performance In Online Learning During Covid-19 Outbreak: An Analysis Based On 21st Century Proficiency. International Journal of Educational Best Practices (IJEBP). Vol.5 No.2 October 2021.p.197-210.

Ayun, Q. (2017). Pola asuh orangtua dan metode pengasuhan dalam membentuk kepribadian anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102-122.

Badriah, E. R., & Fitriana, W. (2018). Pola Asuh Orangtua Dalam Mengembangkan Potensi Anak Melalui Homeshooling Di Kancil Cendikia. Comm-Edu (Community Education Journal), 1(1), 1-8.

Djamarah, B.S. 2020. Pola Asuh Orangtua dan Komunikasi Dalam Keluarga. Jakarta: PT Rineka Cipta

Fauzi, A. (2014). Harmonisasi antara fiqih hadlanah dengan Undang-undang nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak (Doctoral dissertation, Universitas Islan Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Fithriah, N. (2018). Kepemimpinan Pendidikan Pesantren (Studi Kewibawaan Pada Pondok Pesantren Salafiyah, Modern, dan Kombinasi). Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 13-30.

Handayani, F.P. 2018. Analisis Perilaku Merokok Pada Siswa Kelas 4 SDN Sudimara 05. Ilmu Pendidikan. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Indonesia, P. R. (2014). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara.

Jannah, H. (2012). Bentuk pola asuh orangtua dalam menanamkan perilaku moral pada anak usia di kecamatan ampek angkek. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(2).

Muslima, M. (2015). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Finansial Anak. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 1(1), 85-98.

Nisa, A. 2017. Pengaruh perhatian orangtua dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 1-9.

Nugraheni, D. T. 2017. Pola asuh orangtua pada remaja yang kecanduan bermain game online (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Rachmadtullah, R., & Aguswara, W. W. (2019). Pola Asuh Orangtua Terhadap Kecerdasan Sosial Siswa Kelas Awal Sekolah Dasar.

Riset Kesehatn Dasar (Riskesdas). 2019. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian RI tahun 2019.

Roesli, M., Syafi'i, A., & Amalia, A. 2018. Kajian islam tentang partisipasi orangtua dalam pendidikan anak. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 9(2), 332-345.

Siregar, M. D., Yunitasari, D., & Partha, I. D. P. 2021. Model Pola Asuh Otoriter Orangtua Terhadap Perkembangan Kepribadian Anak. Jurnal Golden Age, 5(01), 139-146

Suharsono, J. T., Fitriyani, A., & Upoyo, A. S. (2009). Hubungan pola asuh orangtua terhadap kemampuan sosialisasi pada anak prasekolah di TK Pertiwi Purwokerto Utara. Jurnal keperawatan soedirman, 4(3), 112-118

Undang Undang republik Indonesia Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan.

Warella, Y. (2004). Kepentingan umum dan kepentingan perseorangan. Dialogue JIAKP, 1(3),3

Downloads

Published

2022-07-13