Meningkatkan Motorik Halus Anak Hiperaktif Usia 6 Tahun Melalui Kegiatan Mozaik
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3513Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan anak yang hiperaktif dalam perkembangan motorik halusnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan treatment pada anak hiperaktif, agar anak mengalami peningkatan dalam perkembangan motorik halusnya. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini satu orang anak berusia 6 tahun di kelompok B TKA Nurul Huda Cibangbay Tamansari Kota Tasikmalaya. Hasil dari penelitian ini anak mengalami peningkatan dalam perkembangan motorik halusnya setelah diberikan 13 treatment melalui teknik mozaik oleh peneliti.
Kata Kunci: Studi Kasus, Motorik Halus, Treatment.
Â
Abstract
This research is motivated by the problem of hyperactive children in their fine motor development. The purpose of this study is to provide treatment to hyperactivity children, so that children experience an increase in their fine motor development. The research method used is a case study using a qualitative approach. The subject of this research is one 6 year old child in group B TKA Nurul Huda Cibangbay Tamansari Tasikmalaya City. The results of this study showed that children experienced an increase in their fine motor development after being given 13 treatments through the mosaic technique by the researcher.
Keywords: Case Study, Fine Motor, Treatment
References
DAFTAR PUSTAKA
Asih, M., Ali, M., Astuti, I., Alam, M. B., & Media, N. M. (N.D.). Peningkatan Kreativitas Melalui Teknik Mozaik Dengan Media Bahan Alam Pada Anak Usia 5-6 Tahun. 1–12.
Fauziddin, M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Teknik Mozaik Pada Anak Kelompok B Di Tk Perdana Bangkinang Kota. Journal Of Studies In Early Childhood Education (J-Sece), 1(1), 1. Https://Doi.Org/10.31331/Sece.V1i1.581
Istiqomah, L. (2017). Pengaruh Kegiatan Mozaik Terhadap Kemampuan Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Kelompok B Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Surabaya. Paud Teratai. Https://Jurnalmahasiswa.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Paud-Teratai/Article/View/20065
Kuswendi, Arga, Altaftazani. (2020). Environmental Literacy Di Sekolah Dasar. Purwakarta: Cv. Tre Alea Jacta Pedagogie.
Lina Dan Risbon. (2021). Kecerdasan Emosional, Spiritual Dan Intelektual. Bandung: Alfabeta
Maknun, L., Widayati, S., Pendidikan, F. I., & Surabaya, U. N. (2012). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melaluikegiatan Mozaik Pada Anak Usia Dini.
Marlina, L., Oktamarina, L., Islam, U., Raden, N., & Palembang, F. (2020). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mozaik Pada Siswa Kelompok B. 2(1), 37–48.
Muharrar Syakir & R. Verayanti Sri. (2013). Kreasi Kolase, Montase, Mozaik Sederhana. Jakarta : Erlangga Group
Pangesti, P. (2016). Analisis Tentang Anak Hiperaktif Dan Upaya Mengatasinya Pada Siswa Kelas Iii Sd Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015 / 2016.
Pendidikan, K., Kemdikbud, K. P., & Gedung, E. (2018). Prosedur operasi standar pendidikan anak usia dini inklusif. 021.
Primayana, K. H. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Berbantuan Media Kolase Pada Anak Usia Dini. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 4(1), 91–100. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/Purwadita
Rohmaniah, C dan Ramadhan. (2019). Referensi Gambar Mewarnai, Kolase, Montase, Mozaik dan Aplikasi. Kalimantan Barat : PGRI Prov Kalbar.
Mulyadi, Sima. (2021). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Tasikmalaya : Ksatria Siliwangi
Solichah, Silvana. (2019). Keterampilan Mozaik. Temanggung : Desa Pustaka Indonesia. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sima Mulyadi, Risbon Sianturi, Gusmawati Gusmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.