Pengaruh Fasilitas Publik Terhadap Kepuasan Penumpang di Bandar Udara Iskandar Pangkalan Bun

Authors

  • Nur Rahmadiansyah Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
  • Esti Nur Wakhidah Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3538

Abstract

Abstrak

Bandar Udara Iskandar terletak di Pangkalan Bun, Ibu Kota Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah dan merupakan satu satunya bandara di Kalimantan Tengah yang memiliki stasiun pengisian bahan bakar (SPBU) avtur untuk ukuran kota kabupaten di luar Pulau Jawa, Saat ini Bandara Udara Iskandar merupakan bandara yang masih berada dibawah pengelolaan Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU). Bandar Udara Iskandar Pangkalan Bun dengan Luas Area 42 Hektar merupakan Bandar Udara Enclave Sipil, artinya Bandar Udara milik TNI AU yang dipergunakan selain untuk mendukung operasional militer juga untuk melayani Penerbangan Sipil (Penerbangan Umum) bandar Udara Iskandar merupakan Bandar Udara Domestik yang melayani di dalam Negeri. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh fasilitas publik terhadap kepuasan penumpang di Bandar Udara Iskandar, (2) Jika terdapat pengaruh, mengetahui seberapa besar pengaruh fasilitas publik terhadap kepuasan penumpang di Bandar Udara Iskandar. Penelitian ini dilakukan di Bandar Udara Iskandar Pangkalan Bun. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan skunder. Data primer diperoleh dari hasil observasi, kuisioner, dan dokumentasi. Sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen arus lalu lintas angkutan bandar udara di Bandar Udara Iskandar Pangkalan Bun. Pengambilan data pendukung dari penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas fasilitas publik terhadap kepuasan penumpang pada Bandar Udara Iskandar. Besarnya pengaruh adalah 78,9% dan sisanya 21,1% dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Kata Kunci: Fasilitas Publik, Kepuasan Penumpang, Bandar Udara Iskandar Pangkalan Bun

 

Abstract

Iskandar Airport is located in Pangkalan Bun, the capital city of West Kotawaringin Regency, Central Kalimantan and is the only airport in Central Kalimantan that has an aviation fuel gas station (SPBU) for the size of a district city outside Java Island. which is still under the management of the Airport Management Unit (UPBU). Iskandar Pangkalan Bun Airport with an Area of 42 Hectares is a Civil Enclave Airport, meaning that the airport belongs to the Indonesian Air Force which is used not only to support military operations but also to serve Civil Aviation (General Aviation). . The purposes of this study are (1) to determine the effect of public facilities on passenger satisfaction at Iskandar Airport, (2) if there is an effect, to find out how much influence public facilities have on passenger satisfaction at Iskandar Airport. This research was conducted at Iskandar Pangkalan Bun Airport. This type of research is included in the type of quantitative research. Sources of data used in this study in the form of primary and secondary data. Primary data obtained from observations, questionnaires, and documentation. Meanwhile, secondary data was obtained from the document of airport transportation traffic flow at Iskandar Pangkalan Bun Airport. Retrieval of supporting data from this research is to use documentation techniques. The results of this study concluded that there is a significant influence between the quality of public facilities on passenger satisfaction at Iskandar Airport. The magnitude of the influence is 78.9% and the remaining 21.1% is influenced by other factors.

Keywords: Public Facilities, Passenger Satisfaction, Iskandar Pangkalan Bun Airport

References

DAFTAR PUSTAKA

Alfahani, K. 2015. Relevansi Kurikulum SMK Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan Dengan Tuntutan SKKNI. Universitas Pendidikan Indonesia.

Aprilia, A., 2020. Aalisis Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian dengan Word Of Mouth Sebagai Variabel Intervening. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.

Ariyanto, A, Akbar, MF., 2021. Pengaruh Fasilitas Olahraga Terhadap Kepuasan Pelanggan Member Sport Club Meadow Terrace BSD. Terapan Informasi Nusantara

Dwithia, F, Z., 2014. Makna Fasilitas Umum Dalam Pengadaan Tanah Untuk Kepentingan Umum Mewujudkan Kepastian Hukum Bagi Masyarakat. Universitas Brawijaya.

Faddly, M., 2020. Analisis Faktor Keamanan, Fasilitas dan Lokasi Terhadap Kepuasan Penumpang Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Universitas Maritim Amni Semarang.

Firdaus, M., Analisis Tingkat Kepuasan Pengunjung Terhadap Fasilitas Umum di Bandar Udara Abdulrachman Saleh Malang. 2019. Vol.2, No. 1, (2019). Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya.

Harisudin , M, Z., Satriyono, G., Nursamu. Analisis Common-Size Untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan Pada PT INDOSAT Tbk dan PT Telkomunikasi Tbk. 2018. Vol. 1, No.2. issn: 2621-2374. Universitas Kadri.

Kharisma, D, Z., 2019. Pelaksanaan Tanggung Jawab Perusahaan Penerbangan Terkait Kerugian Barang Dalam Bagasi Penumpang Pesawat Ditinjau Dari Undang- Undang Nomor 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan. Universitas Muhammadiyah Malang.

Luthfia, L., 2019. Analisis Kesalahan Menurut Tahapan Kastolan dan Pemberian Scaffolding Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.

Muhammad, I., Pengaruh Kualitas Fasilitas Wisata Terhadap Kepuasan Pengunjung Pemandian Air Panas “Aek Milas Silabu†Kabupaten Mandailing Natal. Vol. 3, No. 2, (2020). Institut Agama Islam Negeri Padangsisimpuan.

Muhartini, AA., 2021. Analisis Peramalan Jumlah Penerimaan Mahasiswa Baru Dengan Menggunakan Metode Regresi Linear Sederhana. Universitas Bina Bangsa.

Mutiarasani, C., Dr., H, Suratman, S, S., Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kinerja Karyawan(Survei Pada Perusahaan BUMN Sektor Industri Pengolahan). 2021. Universitas pasundan Bandung

Palittin., Arka, V, A., 2018. Analisis Kepuasan Penumpang Terhadap Tingkat Pelayanan Fasilitas di Bandar Udara Adisutjipto Yogyakarta. Universitas Atma Jaya.

Phasa, N. A. G., Kridarso, E., Tundono, S,. 2019. Bandar Udara Chek Lap Kok (Hongkong) dalam Konteks Arsitektur High-Tech. Seminar Nasional Cendekiawan ke 5 Tahun 2019 issn (P) : 2460-8696, Universitas Trisakti.

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2014, http://hubud.dephub.go.id/ , diakses pada 25 juni 2021.

Pratiwi, N. I., 2017. Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi. Jural Ilmiah Dinamika Sosial. Vol. 1, No.2, (2017).

Rullyatia, W., Susanti, Rini., 2021. Gambaran Kecemasan Remaja Saat Menstruasi di SDN 02 Semuli Jaya Kecamatan Abung Semuli Kabupaten Lampung Utara Provinsi Lampung. Universitas Ngudi Waluyo.

Rosanti, D. Idris, A. Kalalinggi, R., 2015. Penyediaan Fasilitas Publik di Kota Tanjung Selor Ibu Kota Provinsi Kalimantan Utara. Jurnal Administrative Reform, Vol.3 No.2, April-Juni 2015. Universitas Mulawarman Samarinda.

Simoes, L, S., 2021. Analisis Kapasitas Landasan Pacu (Runaway) Bandar Udara Suai Timor- Leste. Universitas Surabaya.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tanoni, A. I. Santoso, I. 2019. Terminal Penumpang Bandara El Tari di Kota Kupang. Jurnal Edimensi Arsitektur Vol. VII, No. 1, (2019), 17-24, Universitas Kristen Petra.

Tiara, Y, A. Ranidiah, F. Jauhari, W, R, R. Pengaruh Customer Experience dan Trust Terhadap Loyalitas Pelanggan KFC di Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen & Ekonomi Islam. Vol 3, N0.2 Juli 2020. Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Usmadi, U., 2020. Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas dan Uji Normalitas). Universitas Muhammadiyah Sumatra Barat.

Downloads

Published

2022-08-02