Manajemen Pendidikan Karakter TNI dalam Meningkatkan Mental Kejuangan Prajurit Kodam/XIV Hasanuddin
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3543Abstract
Abstrak
Tugas pokok Tentara Nasional Indonesia adalah melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala bentuk ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara sehingga Setiap prajurit dituntut untuk memiliki karakter yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana manajemen Pendidikan karakter TNI dalam meningkatkan mental kejuangan Prajurit Komando Daerah militer XIV/ Hasanuddin dengan lokus penelitian di Makassar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Dengan Teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Pendidikan karakter TNI pada aspek kejuangan belum dilaksanakan dengan baik sehingga untuk membentuk prajurit yang berkarakter tangguh masih sulit untuk ditingkatkan. Selain itu kompetensi dan kapabilitas sumber daya manusia yang mengawaki pembinaan mental aspek kejuangan sangat terbatas. Pendidikan karakter TNI dilakukan untuk membentuk kondisi jiwa prajurit melalui Pembinaan Mental Tradisi Kejuangan. Peningkatan peran dalam pelaksanaan tugas pokok TNI dapat dilakukan dengan baik apabila didukung dengan kemantapan karakter kejuangan setiap prajurit sebagai insan Prajurit Saptamarga.
Kata Kunci: Manajemen, Pendidikan, Karakter TNI, Kejuangan
Â
Abstract
The main task of the Indonesian National Army is to protect the entire nation and the entire homeland of Indonesia from all forms of threats and disturbances to the integrity of the nation and state so that every soldier is required to have a strong character. This study aims to analyze how the management of TNI character education in improving the mental struggle of the XIV/Hasanuddin Regional Military Command Soldiers with the research locus in Makassar. This research uses qualitative research. With interview techniques, observation and documentation. TNI character education in the fighting aspect has not been carried out properly so that it is still difficult to develop soldiers with strong character. In addition, the competence and capability of human resources who oversee the mental development of the fighting aspect is very limited. TNI character education is carried out to shape the mental condition of soldiers through the Mental Development of the Fighting Tradition. Increasing the role in the implementation of the TNI's main tasks can be carried out properly if it is supported by the stability of the fighting character of each soldier as a Saptamarga Soldier.
Keywords: Management, Education, TNI Character, Struggle
References
DAFTAR PUSTAKA
Agung, Iskandar dan Rumtini, Civil Society dan Pendidikan Karakter Bangsa, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Balitbang Kemendiknas, Vol. 16, Edisi Khusus III, Oktober 2010.
Ali, Mohammad, Pendidikan untuk Pembangunan Nasional: Menuju Bangsa Indonesia yang Mandiri dan Berdaya Saing Tinggi, Bandung: Imperial Bhakti Utama, Cetakan pertama, 2009.
Amril, Amir, Peta dan Peranannya sebagai Salah Satu Cikal Bakal TNI, Bandung: Disjarahad, 2009.
Angela, Sanni,dkk. Pentingnya Pendidikan Karakter Anak di Zaman Serba Digital. Jurnal Kewarganegaraan/ Vol. 6 No 2 tahun 2022 https://www.google.com/search?q= Pentingnya+Pendidikan+Karakter+Anak+Di+Zaman+Serba+Digital+Angela+Sanni+
Anwas,Oos,M, Televisi Mendidik Karakter Bangsa: Harapan dan Tantangan, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Balitbang Kementerian Pendidikan Nasional.Vol.16 Edisi Khusus III ,Oktober 2010.
Astuti,Irene,Astuti, Pendekatan Holistis dan Kontekstual dalam Mengatasi Krisis Karakter di Indonesia, Cakrawala Pendidikan, Yogyakarta: UNY(Th. XXIX,Edisi Khusus Dies Natalis UNY), Mei 2010.
Darmadi, Hamid, Konsep Dasar Pendidikan Moral, Bandung: Alfabeta, 2007.
H.E. Mulyasa, Manajemen Pendidikan karakter, Jakarta: Bumi Aksara, Cetakan kedua, 2012.
Jalal, Fasli, Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa: Tiga Stream Pendekatan, Jakarta: Kemendiknas, 2010.
Kaelan,M.S., Pendidikan Pancasila: Pendidikan untuk Mewujudkan Nilai-Nilai Pancasila, Rasa Kebangsaan dan Cinta Tanah Air, Yogyakarta: Paradigma, Edisi Revisi, 2014.
Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/474/VII/2012 tanggal 10 Juli 2012 tentang Doktrin TNI “Tri Dharma Eka Karma (Tridek)â€.
Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/760/XI/2012 tanggal 1 November 2012 tentang Petunjuk Induk Pembinaan Mental TNI “Pinaka Baladikaâ€.
Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1/I/2005 tanggal 5 Januari 2005 tentang Pokok-Pokok Organisasi dan Prosedur Pusbintal TNI.
Koesoma, Dony, Pendidikan Karakter, Jakarta: Grasindo, 2004.
Lickona, Thomas, Educating For Character, USA: Bantam Books,1989.
Markas Besar Tentara Nasional Indonesia, Operasi Militer untuk Perang dan Operasi Militer Selain Perang, Jakarta: Babinkum TNI, 2011
Menhan, Postur Pertahanan Negara, Jakarta: Kemenhan, 2007.
Mulia, Siti Musdah, Karakter Manusia Indonesia: Butir-butir Pendidikan Karakter untuk Generasi Muda, Bandung: Nuansa Cendekia, Cetakan Pertama, 2013.
Muslich, Masnur, Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta: Bumi Aksara, Cetakan pertama, 2011.
Nain, Ngainun, Character Bulding: Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu dan Pembentukan Karakter Bangsa, Yogyakarta: Ar-ruzz Media, Cetakan pertama, 2012.
Surat Keputusan Menhankam/Pangab Nomor Skep/B/430/VII/1992 tanggal 25 Juli 1992 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pembinaan Mental TNI.
Surat Keputusan Menhankam/Pangab Nomor Skep/B/431/VII/1992 tanggal 25 Juli 1992 tentang Petunjuk Lapangan Pembinaan Mental Fungsi Komando.
Undang-Undang Dasar Negara RI tahun 1945
Undang-Undang RI Nomor 34 tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Arifuddin Uksan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.