Pengaruh Bermain Pop It Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3593Abstract
Abstrak
Penelitian ini mengungakapkan pengaruh bermain Pop It untuk mengembangkan aspek motorik halus. Dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara efektif dalam penggunaan permainan Pop It untuk mengembangkan aspek motorik halus. Penelitian yang digunakan adalah penelitian Studi Kasus (Case Study) dan penelitian ini menggunakan pemdekatan kualitatif yang melibatkan 2 orang guru di kelas B, data yang dikumpulkan dengan menggunakan wawancara dan dokumen analisis. Lalu data dianalisis dengan cara kualitatif dengan menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil peneltian ini menunjukan upaya dan cara guru memainkan permainan Pop It untuk untuk mengembangkan permainan Pop It.
Kata Kunci: Motorik Halus, Pop It
Â
Abstract
This study reveals the effect of playing Pop It to develop fine motor aspects. And this study aims to find out how to effectively use the Pop It game to develop fine motor aspects. The research used is case study research and this study uses a qualitative approach involving two teacher in class B. Data collected using interviews and document analysis then the data was analyzed qualitatively using data reduction, data display and withdrawal conclusion. The results of this study show the teacher’s efforts and ways to play the Pop It game to develop the Pop It game.
Keywords: Fine Motor, Pop It
References
DAFTAR PUSTAKA
Arsyad, A. 2007. Media Pembelajaran . Bandung : PT Rajagrafido Persada
B Hurlock, E. 2009. Perkembangan Anak Jilid VI, Alih Bahasa Meitasari, et all. Jakarta: Erlangga.
Gandana, G. 2020. Kebijakan dan Inovasi Pendidikan. Tasikmalaya : CV. Ksatria Siliwangi.
Herlina, L. 2021. Kecerdasan Intelektual Emosional, dan Spiritual. Bandung : Alfabeta.
Ineu, N, dkk. 2020. Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak Dipandang dari Segi Pendidikan. Bandung : PT Refika Aditama.
Jannah, R. 2019. Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Bermain Slime di Kelompok A PAUD Mubina Bekasi. SKRIPSI : UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Khadijah., Amelia, N. 2020. Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini Teori dan Praktik.Jakarta :KENCANA.
Mutiah, D. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana Media Group.
Nuraini, Y. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia dini. Jakarta : PT Indeks.
Sianturi, R., Muslihin, H. Y,. 2020. Komunikasi dengan AUD. Bandung : Alfabeta
Siregar, Syofian. 2019. Statiska Deskriptif untuk penelitian: Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Depok : Rajagrapindo Persanda.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sujiono, B dkk. 2018. Metode Pengembangan Fisik, Jakarta : Universitas Terbuka.
Tadkiroatun, M. 2008. Bermain sambil belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta: Depdiknas.
Wulandari, C. 2019. Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menjahit Kelompok B1 TK Harapan Ibu Sukarame Bandar Lampung. SKRIPSI : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nadya Oktaviana, Heri Yusuf Muslihin, Risbon Sianturi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.