Pengaruh Bermain Pop It Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini

Authors

  • Nadya Oktaviana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Heri Yusuf Muslihin Universitas Pendidikan Indonesia
  • Risbon Sianturi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3593

Abstract

Abstrak

Penelitian ini mengungakapkan pengaruh bermain Pop It untuk mengembangkan aspek motorik halus. Dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara efektif dalam penggunaan permainan Pop It untuk mengembangkan aspek motorik halus. Penelitian yang digunakan adalah penelitian Studi Kasus (Case Study) dan penelitian ini menggunakan pemdekatan kualitatif yang melibatkan 2 orang guru di kelas B, data yang dikumpulkan dengan menggunakan wawancara dan dokumen analisis. Lalu data dianalisis dengan cara kualitatif dengan menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil peneltian ini menunjukan upaya dan cara guru memainkan permainan Pop It untuk untuk mengembangkan permainan Pop It.

Kata Kunci: Motorik Halus, Pop It

 

Abstract

This study reveals the effect of playing Pop It to develop fine motor aspects. And this study aims to find out how to effectively use the Pop It game to develop fine motor aspects. The research used is case study research and this study uses a qualitative approach involving two teacher in class B. Data collected using interviews and document analysis then the data was analyzed qualitatively using data reduction, data display and withdrawal conclusion. The results of this study show the teacher’s efforts and ways to play the Pop It game to develop the Pop It game.

Keywords: Fine Motor, Pop It

References

DAFTAR PUSTAKA

Arsyad, A. 2007. Media Pembelajaran . Bandung : PT Rajagrafido Persada

B Hurlock, E. 2009. Perkembangan Anak Jilid VI, Alih Bahasa Meitasari, et all. Jakarta: Erlangga.

Gandana, G. 2020. Kebijakan dan Inovasi Pendidikan. Tasikmalaya : CV. Ksatria Siliwangi.

Herlina, L. 2021. Kecerdasan Intelektual Emosional, dan Spiritual. Bandung : Alfabeta.

Ineu, N, dkk. 2020. Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak Dipandang dari Segi Pendidikan. Bandung : PT Refika Aditama.

Jannah, R. 2019. Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Bermain Slime di Kelompok A PAUD Mubina Bekasi. SKRIPSI : UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Khadijah., Amelia, N. 2020. Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini Teori dan Praktik.Jakarta :KENCANA.

Mutiah, D. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana Media Group.

Nuraini, Y. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia dini. Jakarta : PT Indeks.

Sianturi, R., Muslihin, H. Y,. 2020. Komunikasi dengan AUD. Bandung : Alfabeta

Siregar, Syofian. 2019. Statiska Deskriptif untuk penelitian: Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Depok : Rajagrapindo Persanda.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sujiono, B dkk. 2018. Metode Pengembangan Fisik, Jakarta : Universitas Terbuka.

Tadkiroatun, M. 2008. Bermain sambil belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta: Depdiknas.

Wulandari, C. 2019. Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menjahit Kelompok B1 TK Harapan Ibu Sukarame Bandar Lampung. SKRIPSI : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Downloads

Published

2022-08-05