Upaya Pengembangan UMKM Berbasis Digital di Provinsi Kalimantan Timur Melalui Kampus UMKM Shopee
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3594Keywords:
Globalisasi, Ekonomi DigitalAbstract
Abstrak
Perkembangan teknologi informasi di era globalisasi menjadikan digital marketing sebagai alternatif dalam memasarkan produk. Kemajuan teknologi dan basis pengguna internet yang besar membuat banyak pelaku usaha yang beralih dari teknik pemasaran konvensional ke pemasaran digital dengan memanfaatkan e-commerce. Sebagai salah satu platform e-commerce yang memiliki jangkauan pemasaran cukup besar di Indonesia, Shopee menjadi salah satu peluang untuk UMKM dalam memasarkan dan mengembangkan bisnisnya di era digital. Dengan menggunakan konsep transformasi digital tulisan ini mencoba untuk menjelaskan mengenai bagaimana kampus UMKM Shopee berperan sebagai fasilitator dalam upaya pengembangan pelaku usaha berbasis digital di provinsi Kalimantan Timur. Kehadiran UMKM Shopee sebagai pusat layanan pelatihan dan pendampingan UMKM Lokal menjadi peluang besar bagi pelaku usaha dalam pemasaran serta pengembangan bisnis di era digital khususnya di Provinsi Kalimantan Timur.
Kata Kunci: Globalisasi, E-Commerce, Transformasi Digital, Kampus UMKM Shopee
Â
Abstract
The development of information technology in the globalization era makes digital marketing being an alternative in marketing. Technological advances and large internet user base have made many business actors decided to switch from conventional marketing techniques to digital marketing by utilizing e-commerce platform. As one of the e-commerce platforms that has a large marketing reach in Indonesia, Shopee is an opportunity for UMKM to develop their business in the digital era. By using the concept of digital marketing, this paper aims to describe how UMKM Shopee campus acts as a facilitator to develop digital-based business actors in the East Kalimantan Province. The presence of UMKM Shopee campus as a training and mentoring service center for local UMKM is a great opportunity for any business actor in marketing and business development in the digital era, especially in East Kalimantan Province.
Keywords: Globalization, E-Commerce, Digital Transformation, UMKM Shopee Campus
References
DAFTAR PUSTAKA
A. Hermawanto, dkk., Globalisasi,(2020). Revolusi Digital, dan Lokalitas: Dinamika Internasional dan Domestik di era Borderless World, Yogyakarta
Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. In ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (Vol. 6, Issue 2)
Arumsari, N. R., Lailyah, N., & Rahayu, T. (2022). Peran Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan UMKM Berbasis Teknologi di Kelurahan Plamongansari Semarang. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 11(1), 92. https://doi.org/10.20961/semar.v11i1.57610
Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Kalimantan Timur. (n.d.). Jumlah UMKM berdasarkan sekala unit. Sistem Informasi Data Kalimantan Timur. Diakses pada 05 Agustus 2022 melalui https://sidata.kaltimprov.go.id/
Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Kalimantan Timur. (n.d.). Penyerapan Tenaga Kerja UMKM (Perorang). Sistem Informasi Data Kalimantan Timur. Diakses pada 05 Agustus 2022 melalui https://sidata.kaltimprov.go.id/
Insya Musa, M. (2015). Dampak Pengaruh Globalisasi Bagi Kehidupan Bangsa Indonesia. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) JURNAL PESONA DASAR Universitas Syiah Kuala, 3(3), 1–14.
Kampus UMKM Shopee. (n.d.). diakses pada 05 Agustus 2022 melalui https://seller.shopee.co.id/
Raharja, S. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media DigitaL. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32361
Robert Jackson & Georgn Serensen, (2013), Pengantar Studi Hubungan Internasional : Teori dan Pendekatan, Pustaka Pelajar
Septiana, E., & Widayani, S. 1 A. (2020). Marketplace Shopee Sebagai Media Promosi Penjualan Umkm di Kota Blitar. In Jurnal Pemasaran Kompetitif (Vol. 4, Issue 1). http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/JPK
Viona, V., Yohanes, K., Mega, L. S., Kurniawati, W., Farady Marta, R., & Isnaini, D. M. (2021). Narasi Shopee Dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif Berbasis Teknologi E-Commerce Di Era Modern. In AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi: Vol. I (Issue 2). http://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/AGUNA
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Devy Indah Paramitha, Annisa Fuji Yanti, Cindiana Mi’raj, Indah Novita Sari, Putri Novianti, Muhammad Rizzami Aliffatarani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.