Upaya Pengembangan UMKM Berbasis Digital di Provinsi Kalimantan Timur Melalui Kampus UMKM Shopee

Authors

  • Devy Indah Paramitha Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Annisa Fuji Yanti Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Cindiana Mi’raj Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Indah Novita Sari Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Putri Novianti Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Muhammad Rizzami Aliffatarani Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3594

Keywords:

Globalisasi, Ekonomi Digital

Abstract

Abstrak

Perkembangan teknologi informasi di era globalisasi menjadikan digital marketing sebagai alternatif dalam memasarkan produk. Kemajuan teknologi dan basis pengguna internet yang besar membuat banyak pelaku usaha yang beralih dari teknik pemasaran konvensional ke pemasaran digital dengan memanfaatkan e-commerce. Sebagai salah satu platform e-commerce yang memiliki jangkauan pemasaran cukup besar di Indonesia, Shopee menjadi salah satu peluang untuk UMKM dalam memasarkan dan mengembangkan bisnisnya di era digital. Dengan menggunakan konsep transformasi digital tulisan ini mencoba untuk menjelaskan mengenai bagaimana kampus UMKM Shopee berperan sebagai fasilitator dalam upaya pengembangan pelaku usaha berbasis digital di provinsi Kalimantan Timur. Kehadiran UMKM Shopee sebagai pusat layanan pelatihan dan pendampingan UMKM Lokal menjadi peluang besar bagi pelaku usaha dalam pemasaran serta pengembangan bisnis di era digital khususnya di Provinsi Kalimantan Timur.

Kata Kunci: Globalisasi, E-Commerce, Transformasi Digital, Kampus UMKM Shopee

 

Abstract

The development of information technology in the globalization era makes digital marketing being an alternative in marketing. Technological advances and large internet user base have made many business actors decided to switch from conventional marketing techniques to digital marketing by utilizing e-commerce platform. As one of the e-commerce platforms that has a large marketing reach in Indonesia, Shopee is an opportunity for UMKM to develop their business in the digital era. By using the concept of digital marketing, this paper aims to describe how UMKM Shopee campus acts as a facilitator to develop digital-based business actors in the East Kalimantan Province. The presence of UMKM Shopee campus as a training and mentoring service center for local UMKM is a great opportunity for any business actor in marketing and business development in the digital era, especially in East Kalimantan Province.

Keywords: Globalization, E-Commerce, Digital Transformation, UMKM Shopee Campus

References

DAFTAR PUSTAKA

A. Hermawanto, dkk., Globalisasi,(2020). Revolusi Digital, dan Lokalitas: Dinamika Internasional dan Domestik di era Borderless World, Yogyakarta

Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. In ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (Vol. 6, Issue 2)

Arumsari, N. R., Lailyah, N., & Rahayu, T. (2022). Peran Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan UMKM Berbasis Teknologi di Kelurahan Plamongansari Semarang. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 11(1), 92. https://doi.org/10.20961/semar.v11i1.57610

Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Kalimantan Timur. (n.d.). Jumlah UMKM berdasarkan sekala unit. Sistem Informasi Data Kalimantan Timur. Diakses pada 05 Agustus 2022 melalui https://sidata.kaltimprov.go.id/

Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Kalimantan Timur. (n.d.). Penyerapan Tenaga Kerja UMKM (Perorang). Sistem Informasi Data Kalimantan Timur. Diakses pada 05 Agustus 2022 melalui https://sidata.kaltimprov.go.id/

Insya Musa, M. (2015). Dampak Pengaruh Globalisasi Bagi Kehidupan Bangsa Indonesia. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) JURNAL PESONA DASAR Universitas Syiah Kuala, 3(3), 1–14.

Kampus UMKM Shopee. (n.d.). diakses pada 05 Agustus 2022 melalui https://seller.shopee.co.id/

Raharja, S. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media DigitaL. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32361

Robert Jackson & Georgn Serensen, (2013), Pengantar Studi Hubungan Internasional : Teori dan Pendekatan, Pustaka Pelajar

Septiana, E., & Widayani, S. 1 A. (2020). Marketplace Shopee Sebagai Media Promosi Penjualan Umkm di Kota Blitar. In Jurnal Pemasaran Kompetitif (Vol. 4, Issue 1). http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/JPK

Viona, V., Yohanes, K., Mega, L. S., Kurniawati, W., Farady Marta, R., & Isnaini, D. M. (2021). Narasi Shopee Dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif Berbasis Teknologi E-Commerce Di Era Modern. In AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi: Vol. I (Issue 2). http://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/AGUNA

Downloads

Published

2022-08-06