Analisis Motivasi Belajar Sebagai Mediasi Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kemandirian Siswa Pada Mata Pelajaran PAI
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3605Abstract
Abstrak
Fenomena yang terjadi di lapangan yaitu rendahnya kemandirian belajar. Penulis menduga bahwa kemandirian dapat dibentuk melalui efikasi diri dan motivasi belajar. Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis pengaruh efikasi diri dan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar. Metode yang digunakan yaitu deskriptif dan verivikatif. Sampel yang digunakan yaitu 130 yang berlokasi SMK Armaniyah Bekasi. Teknik pengumpulan data yaitu angket. Sedangkan teknik analisis data yaitu SEM. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara efikasi diri dengan motivasi belajar yaitu sebesar 64%. Terdapat pengaruh secara langsung efikasi diri terhadap kemandirian sebesar 22,1% dan pengaruh tidak langsung sebesar 22,1%. Terdapat pengaruh motivasi belajar secara langsung terhadap kemandirian sebesar 31,4% dan pengaruh tidak langsung melalui efikasi diri sebesar 22%. Terdapat pengaruh efikasi diri dan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar secara langsung dan tidak langsung sebesar 96%
Kata Kunci: Efikasi Diri, Kemandirian, Motivasi Belajar
Â
Abstract
The phenomenon that occurs in the field is the low independence of learning. The author suspects that independence can be formed through self-efficacy and motivation to learn. The purpose of the study was to analyze the influence of self-efficacy and learning motivation on learning independence. The methods used are descriptive and verivicative. The samples used were 130 located at SMK Armaniyah Bekasi. The data collection technique is questionnaires. Meanwhile, the data analysis technique is SEM. The results of the study concluded that there was an influence between self-efficacy and learning motivation, which was 64%. There was a direct effect of self-efficacy on independence by 22.1% and indirect influence by 22.1%. There was an influence of direct learning motivation on independence by 31.4% and indirect influence through self-efficacy by 22%. There is an influence of self-efficacy and learning motivation on direct and indirect learning independence by 96%
Keywords: Self-Efficacy, Independence, Motivation to Learn
References
DAFTAR PUSTAKA
Bulu, E., & Carolina Lita Permatasari. (2020). Pengaruh Sosial (Status) Ekonomi Keluarga, Motivasi Belajar, dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMA Kristen Satya Wacana. Ecodunamika : Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1).
Dewi, V. R., & Khaerunnisa, E. (2019). Karakteristik motivasi ekstrinsik dan intrinsik siswa smp dalam belajar matematika. Jurnal Penelitian Pengajaran Matematika, 1(2), 116–128.
Fauziah, N., Sobari, T., & Supriatna, E. (2021). Hubungan motivasi belajar dengan kemandirian belajar siswa smpn 6 garut. Fokus, 4(1), 49–55.
Hanifah, T. N., Mulyadi, A., & Tanuatmodjo, H. (2017). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN, 5(2), 107–116.
Hidayat, K. (2014). Motivasi Belajar Sebagai Mediasi Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif Siswa Kelas Xi Ap Smk N 2 Magelang. Economic Education Analysis Journal, 3(3), 537–543.
Mahmudi, M. H., & Suroso, S. (2014). Efikasi Diri, Dukungan Sosial dan Penyesuaian Diri Dalam Belajar. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(02), 183–194. https://doi.org/10.30996/persona.v3i02.382
Ode, W., Septiana, A., & Sholeh, M. M. A. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas Xi SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang pada Mata Pelajaran Fiqih selama Masa Pandemi Covid-19. Sultan Agung Fundamental Research Journal, 2(1), 33–40.
Puspitaningsih, F. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha dengan Motivasi Berwirausaha sebagai Variabel Intervening Pada Mahasiswa STKIP PGRI Tenggalek. Dewantara, 2(1), 71–84.
Rosadi, A., Mariah, E. Y., & Arrobi, J. (2021). Pengaruh Bimbingan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Jurnal Jendela Pendidikan, 01, 119–125.
Saputra, R. M. A., Hariyadi, A., & Sarjono. (2021). Pengaruh Motivasi dan Efikasi Diri Terhadap Kemandirian Belajar Sistem Daring Pada Siswa SMA. Jurnal Educatio, 7(3), 840–847. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1268
Sari, R. P., Renata, D., & Utami, S. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMK Negeri 2 Kendari. Nosipakabelo: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 10–17.
Syairozi, M. I., & Wijaya, K. (2020, October). Migrasi Tenaga Kerja Informal: Studi Pada Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan. In Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) (Vol. 4, pp. 2383-2394).
Syairozi, M. I., & Wijaya, K. (2020, October). Migrasi Tenaga Kerja Informal: Studi Pada Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan. In Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) (Vol. 4, pp. 2383-2394).
Sedarmayanti. (2017). Manajemen Edisi 8 Jilid 2. Original Segel Penerbit.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nenda Nenda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.