Dasar Kebutuhan Pengembangan Buku Panduan Instrumen Deteksi Dini Perkembangan Nilai Moral Agama Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Edi Hendri Mulyana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sima Mulyadi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Lilis Lisnasari Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3613

Abstract

Abstrak

Anak usia dini adalah individu yang berada pada masa ( golden age ), dimana pada masa ini anak memiliki kemampuan luar biasa untuk meniru apa yang dilihat dan didengar oleh alat indra. Pada masa usia nol sampai enam tahun merupakan masa terbaik untuk anak tumbuh dan berkembang. Dalam prosesnya anak membutuhkan bantuan orang dewasa untuk menstimulus agar pertumbuhan dan perkembangan anak dapat berjalan dengan baik. Salah satu aspek capaian perkembangan anak usia dini adalah nilai moral agama. Dengan aspek nilai moral agama, anak diharapkan memiliki karakter yang baik dan mampu berkontribusi dalam masyarakat ketika anak dewasa. Guru dan orangtua harus mengetahui perkembangan nilai moral agama agar dapat diperhatikan dengan seksama melalui sebuah penilaian. Salah satu alat untuk mengetahui capaian pertumbuhan dan perkembangan anak adalah dengan instrumen deteksi dini. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dasar kebutuhan dalam pengembangan instrumen deteksi dini perkembangan nilai moral agama anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Educational Design Research (EDR) yang mengacu pada model generik karya McKenney & Reeves. Dalam penelitian ini, peneliti hanya melakukan tahap analisis masalah dan eksplorasi. Pengumpulan data dilakukan dengan studi pendahuluan yaitu studi literatur dan studi lapangan. Sehingga hasil penelitian yang didapat menghasilkan berbagai dasar kebutuhan mengenai pengembangan instrumen deteksi dini perkembangan nilai moral agama anak usia 5-6 tahun dan akan dijadikan sebagai pedoman dalam rancangan produk pengembangan berupa buku panduan instrumen deteksi dini perkembangan nilai moral agama anak usai 5-6 tahun.  

Kata Kunci: Instrumen Deteksi Dini, Anak Usia Dini, Nilai Moral Agama.

 

Abstract

Early childhood is an individual who is in  the golden age, where at this time children have the extraordinary ability to imitate what is seen and heard by the senses. The age of zero to six years is the best time for children to grom and develop. In the process, children need adult assistance to stimulate children’s growth and development to run well. One aspect of the achievement of the early childhood development is the moral value of religion. With aspects of religion moral values, children are expected to have good character and be able to contribute to society when they grow up. Teachers and parents must know the development of religious moral values so that they can be considered carefully through an assessment. One of the tools to determine the achievement of children’s growth and development is the early detection instrument. So this study aims to determine the basic needs in the development of early detekction instrument for the development of religious moral values for children aged 5-6 years. The method used in this research is Educational Design Research (EDR) which refers to the generic model by McKenney & Reeves. In this study, the researcher only carried out the problem analysis and exploration phase. Data was collected by means of preliminary studies, namely literature studies and field studies. So that the research results obtained produce various basic needs regarding the development of instruments for early detection of the development of religious moral values for children aged 5-6 years and will be used as guidelines in the design of development products in the form of a guide book for early detection instrument for the development of religious moral values for children after 5-6 years.

 

Keywords: Early Detection instrument, Early Childhood, Religious Moral Value

References

DAFTAR PUSTAKA

Creswell, J., & Clark, V. (2011).Designing and Conducting Mix Methods Research.In Fire Risk

Management (Vol. 23. Issue JUN). https://g.co/kgs/HZ7eUv

Fridani, Lara. Evaluasi Perkembangan Anka Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka, 2008.

Lidinillah, D. A. M. (2012). Educational Design Research : a Theoretical Framework for Action.

Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya.

Oktaviana, N. dkk. (2021). Dasar kebutuhan pengembangan buku panduan bermain peran untuk

mengoptimalkan perkembangan sosial emosional anak usia dini. Jurnal PAUD agapedia, 5 (1), hlm. Hlm. 50-61.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional

Pendidikan Anak Usia Dini.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 146 Tahun 2014 tentang Kurikuum 2013

Pendidikan Anak Usia Dini.

Sutarna, Nana. Dkk. (2022). Implementasi nilai-nilai karakter dan keteladanan K.H Ahmad Dahlan

pada siswa usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (4), hlm. 2506-2518.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Zurqoni, Menakar Akhlak Siswa: Konsep dan Strategi Penialaian Akhlak Mulia Siswa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Downloads

Published

2022-08-08