Menyongsong Generasi Indonesia Emas 2045 Melalui Pendidikan Karakter Berbasis ISEQ

Authors

  • Gufanta Hendryko Purba Universitas Darma Agung
  • Cici Fitri Bety Universitas Darma Agung

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3642

Abstract

Abstrak

Pendidikan karakter berbasis IESQ merupakan suatu sistem pendidikan gabungan dari beberapa karakter kecerdasan, yakni kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), dan kecerdasan spiritual (SQ). Keseimbangan IESQ semestinya diterapkan dalam praktik pendidikan di Indonesia. Selain itu, untuk menyukseskan Indonesia Emas 2045 melalui pendidikan karakter ini juga memerlukan partisipasi dan dukungan dari berbagai pihak, tidak hanya dari pemerintah saja tetapi dari seluruh elemen yang ada dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis literatur yang berhubungan dengan kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), dan kecerdasan spiritual (SQ) yang kemudian dikombinasikan menjadi suatu kesatuan basis pendidikan karakter yang disebut sebagai IESQ. Konsep ini bisa menjadi sebuah solusi untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, IESQ, Indonesia Emas 2045

 

Abstract

IESQ-based character education is a combined education system of several intelligence characters, namely intellectual intelligence (IQ), emotional intelligence (EQ), and spiritual intelligence (SQ). The balance of IESQ should be applied in educational practices in Indonesia. In addition, to succeed Indonesia Emas 2045 through character education also requires participation and support from various parties, not only from the government but from all elements in the community. This study aims to analyze literature related to intellectual intelligence (IQ), emotional intelligence (EQ), and spiritual intelligence (SQ) which are then combined into a unified character education base referred to as IESQ. This concept can be a solution to realize Indonesia Gold 2045.

Keywords: Character Education, IESQ, Indonesia Gold 2045

References

DAFTAR PUSTAKA

Amran, A., Perkasa, M., Jasin, I., Satriawan, M., & Irwansyah, M. (2019). Model Pembelajaran Berbasis Nilai Pendidikan Karakter Untuk Generasi Indonesia Abad 21. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(2), 233–242. https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n2i5

Belferik, M. (2013). Grand Desain Pendidikan Karakter Generasi Emas 2045. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1283

Darman, R. A. (2017). Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia Tahun 2045 Melalui Pendidikan Berkualitas. Jurnal Edik Informatika, 3(2), 73–83.

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021). Building Tolerance Attitudes Of PPKN Students Through Multicultural Education Courses. Jurnal Etika Demokrasi, 6(1), 103–115.

Dharma, S., & Siregar, R. (2014). Internalisasi Karakter Melalui Model Project Citizen pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2), 132–137.

Dongoran, F. R. (2014). Paradigma Membangun Generasi Emas 2045 dalam Perspektif Filsafat Pendidikan. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 11(1), 61–76. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/tabularasa/article/view/3336

Fauzi, F. Y., Arianto, I., & Solihatin, E. (2013). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal PPKn UNJ Online, 1(2), 1–15.

Hamid, S. I. (2018). Pemenuhan dan Perlindungan Hak Anak Dalam Menyongsong Indonesia Emas 2045. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 17–22. https://doi.org/10.17509/cd.v6i1.10513

Hibana, Kuntoro, S. A., & Sutrisno. (2015). Pengembangan Pendidikan Humanis Religius di Madrasah. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 3(1), 19–30. http://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa

Inevianti, A. (2018). Penanaman Karakter Pada Anak Usia Dini di Era Post Truth dengan Menggunakan Local Wisdom Untuk Menyongsong Indonesia Emas 2045. Seminar Nasional Pendidikan FKIP UAD, 2(1), 294–297.

Kasrani. (2018). Pendidikan, Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi yang Profesional dan Bermartabat Siap Membumilandaskan Revolusi Mental Bagi Peserta Didik Dalam Menyiapkan Generasi Emas 2045. Jurnal Darussalam, 19(2), 25–34.

Kurniawan, M. I. (2015). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41–49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71

Machali, I. (2014). Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 71–93. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.31.71-94

Mahanal, S. (2014). Peran Guru dalam Melahirkan Generasi Emas dengan Keterampilan Abad 21. Seminar Nasional Pendidikan HMPS Pendidikan Biologi FKIP Universitas Halu Oleo, 20, 1–16.

Nafisah, D. (2016). Peran Pendidikan Muatan Lokal Terhadap Pembangunan Karakter Bangsa. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 451. https://doi.org/10.25273/citizenship.v4i2.1078

Ningsih, T. (2019). Peran Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Insania, 24(2), 220–231.

Nugraha, D. M., Sapriya, & Rahmat. (2019). Kajian Tentang Penumbuhan Karakter Jujur Peserta Didik Sebagai Upaya Pengembangan Dimensi Budaya Kewarganegaraan (Civic Culture) di SMA Alfa Cantauri Bandung. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 6(2), 220–232.

Nugraheni, A. D. (2019). Penguatan Pendidikan Bagi Generasi Alfa Melalui Pembelajaran Steam Berbasis Loose Parts pada PAUD. Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran 2019, 512–518. http://seminar.umpo.ac.id/index.php/SNPP2019/article/view/352

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Jujur. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 33–41.

Nurgiansah, T. H., Dewantara, J. A., & Rachman, F. (2020). The Implementation of Character Education in the Civics Education Syllabus at SMA Negeri 1 Sleman. Jurnal Etika Demokrasi, 5(2), 110–121.

Prasetyo, Z. K. (2014). Generasi Emas 2045 Sebagai Fondasi Mewujudkan Siklus Peradaban Bangsa Melalui Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Kurikulum 2013, 1–15. http://staffnew.uny.ac.id/upload/131453197/pengabdian/semnas-pgsd-tanjungpura-pontianak-160414.pdf

Rahmat, P. S. (2016). Peran Pendidikan dalam Membentuk Generasi Berkarakter Pancasila. Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan, 3(2), 1–15.

Saihu. (2019). Pendidikan Karakter Dalam Upaya Menangkal Radikalisme di SMA Negeri 3 Depok Jawa Barat. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 23–54.

Sayektiningsih, Sumardjoko, B., & Muhibin, A. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Klaten. Jurnal Managemen Pendidikan, 12(2), 228–238.

Setiawan, D. (2014). Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Karakter melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2), 61–72. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jupiis%0Ahttps://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jupiis/article/viewFile/2285/1967

Sulistiyorini, D., & Nurfalah, Y. (2019). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Kegiatan Dewan Jama’ah Mushola (DJM) Di SMK PGRI 2 Kota Kediri. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 2(1), 40–49. https://doi.org/10.33367/ijies.v2i1.834

Triyono. (2016). Menyiapkan Generasi Emas. Seminar Nasional ALFA-VI, 1–9. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/Meniapkan_generasi_emas.pdf

Umairah, S. J. (2016). Rekonstruksi Nilai-Nilai Religius sebagai Landasan Menyingsong Generasi Emas 2045. International Seminar on Education, 361–368.

Downloads

Published

2022-08-10