Pola Asuh Pendidikan Keluarga Muda pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3660Abstract
Abstrak
Pendidikan anak usia dini adalah pemberian upaya untuk menstimulasi, membimbing, mengasuh, dan pemberian kegiatan pembelajaran yang akan menghasilkan kemampuan dan keterampilan pada anak. Tujuan pendidikan anak usia dini yaitu terciptanya peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan sikap orang tua dalam upaya membina tumbuh kembang anak secara optimal. Peran orang tua, lembaga, dan masyarakat dalam mendukung pendidikan anak usia dini sangat dibutuhkan. Keluarga merupakan alam pendidikan yang paling pertama bagi setiap individu. Peranan orang tua dalam meneruskan program pendidikan di rumah melalui kerja sama yang baik antara orang tua dan sekolah atau pun guru sangat diperlukan sehingga daya kesinambungan dalam pembelajaran dan pelayanan bantuan di rumah dan di sekolah.
Kata kunci: Pendidikan, Anak Usia Dini, Keluarga
Â
Abstract
early childhood education is the provision of efforts to stimulate, guide, nurture, and provide learning activities that will produce abilities and skills in children. The purpose of early childhood is the creation of increased knowledge, skills, and attitudes of parents in an effort to foster optimal child development. The role of parents, institutions, and the community in supporting early childhood education is very much needed. The family is the first nature of education for every individual. The role of parents in continuing education programs at home through good cooperation between parents and schools or teachers is needed so that there is continuity in learning and assistance service at home and at school.
Keywords: Education, Early Childhood. Family
References
DAFTAR PUSTAKA
Abu Ahmadi. (2002). Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.
Abu Ahmadi & Nur Ubhiyati. (2001). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Andini Khrisna Murti Swasti. (2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Persepsi dan Partisipasi Orang tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Keluarga (Kasus di Perumahan Griya Permata Asri 3, Sonorejo, Kabupaten Sukoharjo). Tesis. Pps-Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Basrowi Sukidin. (2002). Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya: Insan Cendekia.
Bimo Walgito. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. (2011). Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Program Pendidikan dan Pengembangan Anak Usia Dini (PAUD) di masyarakat. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Eko Setiawan. 92012). Disfungsi Sosialisasi dalam Keluarga sebagai Dampak Keberadaan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) (Studi pada TPA Permata Hati Desa Wonokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman Yk). Skripsi. FIS-UNY.
Faud Ihsan. (2001). Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Hibasa, S. Rahman. (2002). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: PGTKI Press.
Jallaludi Rahmat. (2003). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Jannah F. (2012). Pernikahan Dini dan Implikasinya Terhadap Kehidupan Keluarga pada Masyarakat Madura (Perspektif Hukum dan Gender). Egalia. Vol. 7 (No. 1).
Khairudin. (2008). Sosiologi Keluarga. Yogyakarta: Liberty.
Ki Hadjar Dewantara. (2013). Ki hadjar Dewantara Bagian Pertama: Pendidikan. Rev.ed. Yogyakarta: UST-Press.
Lexy J. Moleong. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Liputan 6. (2013). Jumlah Perceraian Pasutri di Indonesia 333 ribu per Tahun. Dalam http: ̸ ̸ liputan6.com ̸ healt ̸ read ̸ 202825 ̸ jumlah-perceraian-pasutri-di-indonesia-333-ribu-per-tahun.
Maimunah Hasan. (2009). PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Yogyakarta: Diva Press.
Morrison, George S. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). (Alih Bahasa: Suci Romadhon & Apri Widiastuti). Jakarta: Permata Puri Media.
Muhammad Fadillah. (2014). Desain Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Ninniek Kharmina. (2011). Hubungan antara Tingkat Pendidikan Orang tua dengan Orientasi Pola Asuh Anak Usia Dini. skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan-Universitas Negeri Semarang.
Nurfaidah. (2021). Pola Asuh Orangtua Nelayan dalam Pembentukan Karakter Mandiri Anak Usia 5-6 Tahun di Kelurahan Mattiro Sompe Kecamatan Liukang Tupabbiring Kabupaten Pangkep. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan-Universitas Muhammadiyah Makassar.
Putri Sari Eka Lestari. (2011). Pernikahan Dini di Kecamatan Limo Depok. Skripsi. Fakultas Syariah dan Hukum-Universitas Islam Negeri Sayarif Hidayatullah Jakarta.
Ramalia Rahmah. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini pada Keluarga Muda di Kabupaten Banjarnegara. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan-Universitas Negeri Yogyakarta.
Siska Safitri. (2021). Pola Asuh Anak Usia Dini di Era Digital (Studi Kasus di Desa Kalikuning Kecamatan Tulakan Pacitan). Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan-Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.
Siti Nurjanah. (2017). Pola Asuh Orangtua dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini di Desa Adi Karya Mulya Kecamatan Panca Jaya Kabupaten Mesuji. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan-Institut Agama Islam Negeri (IAIN).
Soerjono Sukanto. (1990). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiharto, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sujud & Suyanto. (1998). DAP dan Paradigma PAUD. Yogyakarta: Pusat studi PAUD Lemlit IKIP YK.
Suyadi. (2010). Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Bintang Pustaka Abadi.
Wiwit Wahyuning, dkk. (2003). Mengkomunikasikan Moral kepada Anak. Jakarta: Gramedia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sumardi Sumardi, Aini Loita, Resi Oktapiani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.