Manajemen Kurikulum Madrasah Diniyah Babussalam Wangkal Gading Probolinggo

Authors

  • Ahmad Saiful Ansori Universitas Islam Zainul Hasan
  • Abdul Aziz Universitas Islam Zainul Hasan
  • Ismatul Izzah Universitas Islam Zainul Hasan

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3680

Abstract

Abstrak

Keberhasilan pembelajaran yang efektif di Madrasah tidak lepas dari peran kurikulum yang disusun secara sistematis. Madrasah Diniyah Babussalam hadir untuk mengajarkan tentang keislaman untuk anak –anak disekitar Masjid Ikramussalam yang tidak sekolah dilingkungan pesantren. Penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumenter. Teknik analisis data dilakukan dengan melalui tahapan data reduction, data display, canclutation/verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kurikulum di Madrasah Diniyah Babussalam selaras dengan prinsip Manajemen Pendidikan pada umumnya, yaitu pertama-tama kurikulum telah direncanakan secara lengkap oleh tim kurikulum yang terdiri atas unsur-unsur dasar, Kepala Madrasah Diniyah, Wakil bidang kurikulum dan sejumlah guru. Namun pada pelaksanaannya, kurikulum yang telah disusun secara sistematis terhambat tenaga pengajar yang terebentur jadwal mengajarnya dengan pekerjaan utamanya.

Kata Kunci: Manajemen, Kurikulum, Madrasah Diniyah Babussalam

 

Abstrak

The cost of effective learning disability in the madrasah is not out of the systematic role of the curriculum. Madrasah the babussalam came to teach children about literacy around the ikramussalam mosque which is not in boarding schools. The study has been designed to employ qualitative methods. Data collection is done using interview techniques, observation, and documentary studies. Data analysis techniques are done in stepsdatd reduction, dato display, canclutation/verification. The results of this study indicate that the implementasi of the curriculum at the madrasah babussalam is consistent with principles The management of education in general, the first of which is a comprehensive planning of the two basic elements of the curriculum team. The head of the madrasah family, a representative of the curriculum and a number of teachers. But in doing so, the curriculum that has been systematically suspended is teaching the teachers with their main work.

Keywords: Management, Curriculum, Madrasah Babussalam

References

DAFTAR PUSTAKA

Firdani, S. (no date) ‘Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto 202’, p. 109.

Jamhuri, M. (2017) ‘Upaya Pendidikan Madrasah Diniyah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Fiqih di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Pruten Ngembal Pasuruan’, 2, p. 14.

Khudrin, A. (2016) ‘Implementasi Manajemen Kurikulum Pada Madrasah Diniyah Al-Aziz Pondok Pesantren Nurul Buda II Kabupaten Sleman D.I Yogyakarta Analisa, 15(02), p. 19. Available at: https://doi.org/10.18784/analisa.v15i02.331. Jurnal Education and development’ (2020), p. 7.

Nurkholis, N. (1970) ‘Pendidikan Dalam Upaya memajukan Teknologi’, Jurnal Kependidikan, 1(1), pp. 24–44. Available at: https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530.

Taruna, M.M. (2009) ‘Manajemen Kurikulum di Madrasah Diniyah Nurul Ummah Kota Gede D.I. Yogyakarta’, Analisa, 16(1), p. 87. Available at: https://doi.org/10.18784/analisa.v16i1.61.

Downloads

Published

2022-08-11