Strategi Pengembangan Produk Wisata Religi (Studi Kasus Makam Syeh Junaedi di Brebes)

Authors

  • Heru Subagia Universitas Muhadi Setiabudi Brebes
  • Dedi Romli Triputra Universitas Muhadi Setiabudi Brebes

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3687

Abstract

Abstrak

Daya tarik religius makam Syeh Junaedi adalah objek wisata yang menawarkan peninggalan sejarah di pantai utara Brebes, yang penuh sesak dengan peziarah. Namun, untuk hari-hari tertentu, tidak terlalu ramai, apalagi ketika ada Covid-19, jumlah jamaah haji berfluktuasi, yang menyebabkan penurunan pendapatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan produk wisata religi di Makam Syeh Junaedi. Jenis penelitian ini merupakan studi kasus, untuk mengetahui realitas yang terjadi pada suatu objek dengan memberikan gambaran yang jelas dan lengkap. Jenis strategi ini mengacu pada teori strategi untuk mendapatkan keuntungan yaitu cost leadership, differentiaton strategy, dan focus strategy. Teknik pengumpulan data adalah wawancara dengan informan yang menjabat sebagai administrator atau manajer Makam Syeh Junaedi. Kuesioner ini hanya diberikan kepada orang yang sama dengan informan. Berdasarkan hasil tabel perhitungan faktor strategi eksternal/EFAS di atas dapat diketahui 5 faktor Peluang dan 3 ancaman. Hasil perhitungan faktor strategi eksternal/EFAS yang terkait dengan faktor peluang adalah sebagai berikut. Strategi pengembangan produk wisata religi untuk Makam Syeh Junaedi dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) strategi yang sedang dilaksanakan atau digunakan oleh pengelola Makam Syeh Junaedi adalah tidak menetapkan tarif biaya masuk Makam (dengan tulus karena hanya disediakan kotak amal) dan Atraksi budaya seperti kirab budaya,  kelambu mengubah ritual, pengangkutan, dan doa bersama setiap Selasa malam; dan (2) alternatif strategi pengembangan produk wisata religi yang sesuai dengan situasi yang ada di Makam Junaedi Shah berdasarkan analisis SWOT, yaitu 9 alternatif strategi yang dapat digunakan oleh pengelolaan Makam Junaedi Syah Syah yang diperoleh dari kombinasi SO, WO, ST, dan WT

Kata Kunci: Produk Wisata Religi, Strategi Pembangunan

 

Abstract

The religious attraction of the tomb of Syeh Junaedi is a tourist attraction that offers historical relics on the north coast of Brebes, which is crowded with pilgrims. However, for certain days, it is less crowded, especially when there is Covid-19, the number of pilgrims has fluctuated, which causes a decrease in income. The purpose of this study is to find out the strategy of developing religious tourism products in the Tomb of Syeh Junaedi. This type of research is a case study, to find out the reality that occurs in an object by providing a clear and complete picture. This type of strategy refers to the theory of strategies to gain advantages by namely cost leadership, differentiaton strategies, and focus strategies. The data collection technique is an interview with an informant who serves as the administrator or manager of the Tomb of Syeh Junaedi. This questionnaire is given only to the same person as the informant. Based on the results of the table of calculation of external strategy factors / EFAS above, it can be known 5 factors of Opportunity and 3 threats. The results of calculating external strategy factors / EFAS related to opportunity factors are as follows. The strategy for developing religious tourism products for the Tomb of Syeh Junaedi can be concluded as follows: (1) the strategy that is being implemented or used by the management of the Tomb of Syeh Junaedi is not to set the entrance fee rate for the Tomb (sincerely because only a charity box is provided) and Cultural attractions such as cultural kirab, mosquito net change rituals, hauls, and joint prayers every Tuesday night; and (2) alternative strategies for the development of religious tourism products that are in accordance with the existing situation in the Junaedi Shah Tomb based on a SWOT analysis, namely 9 alternative strategies that can be used by the management of the Junaedi Shah Tomb obtained from a combination of SO, WO, ST, and WT

Keywords: Religious Tourism Product, Development Strategy

References

DAFTAR PUSTAKA

Amanda, T. R. I. A. (2020). Strategi Pengembangan Pariwisata di Kota Parepare oleh Dinas Olahraga Pemuda dan Pariwisata Kota Parepare. Universitas Hasanuddin.

Anwar, M. A. (2019). Kajian Pengembangan Wisata Religi di Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan Religious Tourism Development Study in Banjar District of Kalimantan Selatan.. Jurnal Kebijakan Pembangunan, 14(2), 179–190.

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah. (2020). Luas Wilayah Menurut Kabupaten/Kota 2018-2020. Web BPS Provinsi Jawa Tengah. https://jateng.bps.go.id/indicator/153/613/1/luas-wilayah-menurut-kabupaten-kota.html

Faidah, N. (2017). Strategi Promosi Wisata Religi di Kabupaten Wonosobo (Studi Diskriptif Kualitatif Tentang Strategi Promosi Wisata Religi di Kabupaten Wonosobo). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Haban, Y., Koleangan, R. A. M., & Kawung, G. M. V. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Jumlah Kunjungan Dan Nilai Ekonomi Kebun Raya Bogor. Jurnal Pembangunan Ekonomi Dan Keuangan Daerah, 19(1), 1–19. https://doi.org/10.35794/jpekd.15775.19.1.2017

Mawaddah. (2021). Pengaruh Aksebilitas dan Tarif Masuk Objek Wisata Terhadap Kepuasan Pengunjung di Objek Wisata Danau Cibogas. Hirarki: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 03(02), 230–249.

Peraturan MenteriPariwaisata Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2018 Tentang Petunjuk Operasional Pengelolaan Dana Alokasi Khusus Fisik Bidang Pariwisata, Computers and Industrial Engineering 148 (2018). http://ieeeauthorcenter.ieee.org/wp-content/uploads/IEEE-Reference-Guide.pdf%0Ahttp://wwwlib.murdoch.edu.au/find/citation/ieee.html%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cie.2019.07.022%0Ahttps://github.com/ethereum/wiki/wiki/White-Paper%0Ahttps://tore.tuhh.de/hand

Nabila, A. D., &, & Widiyastuti, D. (2018). Kajian Atraksi, Amenitas dan Aksesibilitas untuk Pengembangan Pariwisata Umbul Ponggok di Kabupaten Klaten. Bumi Indonesia, 7(2). https://www.researchgate.net/publication/269107473_What_is_governance/link/548173090cf22525dcb61443/download%0Ahttp://www.econ.upf.edu/~reynal/Civil wars_12December2010.pdf%0Ahttps://think-asia.org/handle/11540/8282%0Ahttps://www.jstor.org/stable/41857625

Nawangsih. (2018). Strategi Pengembangan Produk Pariwisata Kreatif berbasis Potensi Sumber Daya Alam dan Kearifan Lokal Desa Wisata. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 2(2), 70–80. https://doi.org/https://doi.org/10.30741/adv.v2i02.362

Puspitasari, D. (2019). Strategi Pengembangan Produk Pariwisata (Studi Kasus Pantai Parangtritis Di Kabupaten Bantul) [Universitas Sanata Dharma]. https://repository.usd.ac.id/35237/2/142114047_full.pdf

Rasban, S. (2018, November). Beragam cara dilakukan pemerintah daerah dalam memeringati Maulid Nabi Muhammad SAW. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes, Jawa Tengah, menggelar kirab Buka Klawung atau Ganti Kelambu Makam Syeh Junaedi Walilluyah. Media Indonesia. sumber: https://mediaindonesia.com/nusantara/199143/brebes-berencana-kembangkan-wisata-religi

Yono, R. R., & Agus Purnomo. (2020). Makna Ritual Ganti Kelambu Makam Syeh Junaedi Desa Randusanga Wetan dan Potensinya Sebagai Sumber Belajar Bahasa Indonesia. Journal of Chemical Information and Modeling, 4(1), 101–117. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/KIBASP/article/download/1695/1213

Downloads

Published

2022-08-11