Pengaruh Media Aplikasi Aticulate Storyline 3 Terhadap Hasil Belajar Kognitif Materi Keseimbangan dan Pelestarian Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV

Authors

  • Millah Nahdah Husna Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Ida Sulistyawati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Pana Pramulia Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3701

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi, guru dituntut untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran, diperlukan perencanaan yang matang terhadap apa yang akan dilakukan, salah satunya dengan menciptakan suasana belajar yang menarik dan membuat siswa antusias dengan apa yang disampaikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimental, dengan desain eksperimen yang benar. Bentuk desain yang digunakan adalah Posttest-Only Control Group Design. Penelitian ini menggunakan subjek terhadap 48 siswa kelas empat di SDN Margorejo 1/403 Surabaya. Instrumen penilaian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan tes. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, dapat dilihat dari rata-rata nilai posttest. Kelas eksperimen mendapat skor rata-rata 91,4 dan kelas kontrol adalah 80,4. Untuk membuktikannya lebih lanjut, peneliti menganalisis data hipotetis dengan menggunakan uji-t non-parametrik menggunakan uji-t non-parametrik menggunakan uji Mann Whitney. Hasil yang diperoleh adalah 0,001 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh yang signifikan terhadap penerapan media pembelajaran interaktif dengan menggunakan alur cerita artikulasi 3 penerapan pada hasil belajar kognitif keseimbangan materi dan pelestarian sumber daya alam di kelas IV.

Kata Kunci: Teknologi, Media Pembelajaran, Mengartikulasikan Alur Cerita 3

 

Abstract

This research is motivated by the development of technology, teachers are required to optimize the use of technology in the learning process. In the learning process, careful planning is needed for what will be done, one of which is by creating an interesting learning atmosphere and making students enthusiastic about what is conveyed. This study uses experimental research methods, with a true experimental design. The design form used is Posttest-Only Control Group Design. This study used a subject of 48 fourth grade students at SDN Margorejo 1/403 Surabaya. The assessment instrument used in this research is using a test. Based on the results of the analysis of the data obtained, it can be seen from the average posttest value. The experimental class got an average score of 91.4 and the control class was 80.4. To prove it further, the researcher analyzed the hypothetical data by using a non-parametric t-test using the Mann Whitney test. The results obtained are 0.001 < 0.05, so it can be concluded that H0 is rejected and H1 is accepted. The results of this study are that there is a significant influence on the application of interactive learning media using the articulate storyline 3 application on the cognitive learning outcomes of material balance and preservation of natural resources in class IV.

Keywords: Technology, Learning Media, Articulate Storyline 3

References

DAFTAR PUSTAKA

Setyaningsih, S., Rusijono, & Wahyudi, A. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kerajaan Hindu Budha Di Indonesia. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 152-154.

Siyoto, S., & Sodik, A. 2015. Dasar Metodologi Penelitian . Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sudjana, N. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2008. Metodologi penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D. Bandung: Alfabeta.

_________ 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Wandah, W. 2017. Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaean Interaktif . Jember: Cerdas Ulet Kreatif.

Zulhelmi, Adlim, & Mahidin. 2017. Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia , 72-80.

Downloads

Published

2022-08-12