Strategi Influencer Marketing Dalam Meningkatkan Customer Engagement (Studi Kasus Instagram Bonvie.id)

Authors

  • Josephine Nathania Winata Universitas Multimedia Nusantara
  • Silvanus Alvin Universitas Multimedia Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3702

Abstract

Abstrak

Pandemi covid-19 memiliki kontribusi yang besar terhadap pertumbuhan digital marketing khususnya social media marketing. Berkaitan dengan hal itu, audiens yang semakin kritis membuat influencer marketing semakin merajarela. Penerapan influencer marketing dinilai memiliki nilai tambah bagi audiens karena memiliki keterlibatan (engagement) secara mendalam. Dalam hal ini, Bonvie sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang perawatan rambut juga menerapkan influencer marketing di media sosial Instagram. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi influencer marketing yang dilakukan oleh Bonvie dalam meningkatkan customer engagement. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif, yang menggunakan metode studi kasus. Lebih lanjutnya, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara dan menggunakan pattern matching sebagai teknik analisisnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Bonvie berusaha untuk mengkombinasikan mega influencer hingga nano influencer. Kombinasi tersebut ditujukan guna untuk mendatangkan kesadaran terhadap produk dan keterlibatan dari para calon maupun para pengguna loyal Bonvie. diharapkan dapat memberikan dampak akademis mengenai strategi influencer marketing yang dilakukan oleh Bonvie.

Kata Kunci: Customer Engagement, Influencer Marketing, Social Media Marketing, Bonvie.id

 

Abstract

The COVID-19 pandemic has contributed greatly to the growth of digital marketing, especially social media marketing. In this regard, an increasingly critical audience makes influencer marketing more rampant. The application of influencer marketing is considered to have added value for the audience because it has deep engagement. In this case, Bonvie as one of the companies engaged in hair care also applies influencer marketing on Instagram social media. Therefore, this study aims to determine the influencer marketing strategy carried out by Bonvie in increasing customer engagement. This research is descriptive qualitative, which uses case study method. Furthermore, this study collects data through interviews and uses pattern matching as an analysis technique. The results of this study indicate that Bonvie is trying to combine mega influencers to nano influencers. The combination is intended to bring awareness to the product and engagement from prospective and loyal Bonvie users. is expected to have an academic impact on the influencer marketing strategy undertaken by Bonvie.

Keywords: Customer Engagement, Influencer Marketing, Social Media Marketing, Bonvie.id

References

DAFTAR PUSTAKA

Afriyadi, A.D. (2020) 1,2 Juta Orang Dirumahkan dan Kena PHK Gara-gara Corona. [Detik.com]. Diakses dari: https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4970187/12-juta-orang-dirumahkan-dan-kena-phk-gara-gara-corona (Diakses pada 11 Agustus 2022).

Bahri, D., dan Susilo, D. (2022) Content analysis of message strategy in ERHA X AQUA Co-Branding through social media Instagram, Jurnal Kajian Media, Vol. 5 (2).

Bansal, R., & Chaudhary, D. (2016). Customer Engagement - A Literature Review. Global International Research Thoughts.

Batubara, J. (2017). Paradigma Penelitian Kualitatif dan Filsafat Ilmu Pengetahuan dalam Konseling. Jurnal Fokus Konseling.

Creswell, J. D. (2018). Research Design. Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. New Delhi: SAGE Publications, Inc.

Chopra, A., Avhad, V., & Jaju, and S. (2021). Influencer Marketing: An Exploratory Study to Identify Antecedents of Consumer Behavior of Millennial. Business Perspectives and Research, 9(1), 77–91. https://doi.org/10.1177/2278533720923486

Geyser, W. (2022) The State of Influencer Marketing 2021: Benchmark Report. [Influencer Marketing Hub]. Diakses dari: https://influencermarketinghub.com/influencer-marketing-benchmark-report-2021/ (Diakses pada 11 Agustus 2022).

Jarrar, Yosra & Ayodeji, Olalekan & Awobamise, Ayodeji. (2020). Effectiveness of Influencer Marketing vs Social Media Sponsored Advertising, Eficacia del marketing influyente Vs la publicidad patrocinada por medios sociales, Vol. 25, hlm. 40-54.

Jayasinghe, D. (2021). Social Media and Influencer Marketing Strategies: A Conceptual Review on Contemporary Applications. Global Scientific Journals.

Kemp, S. (2022) Digital 2022: Indonesia. [Data Reportal]. Dapat diakses di: https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia (Diakses pada 11 Agustus 2022).

Larasati, J. A., & Susilo, D. (2022). Effect of Attractiveness of Sales Promotion Messages, Endorsement Beauty Influencers on Interest in Buying Rose All Day Instagram Followers. Jurnal Spektrum Komunikasi, 10(2), 121-137. https://doi.org/10.37826/spektrum.v10i2.269

Malik, A., & Nugroho, A. D. (2016). Menuju Paradigma Penelitian Sosiologi yang Integratif. Sosiologi Reflektif.

Osei-Frimpong dan Owusu-Frimpong (2019) The Impact of Celebrity Endorsement on Consumer Purchase Intention: An Emerging Market Perspective, The Journal of Marketing Theory and Practice 27(1), hlm. 103-121.

Purnamasari, D. (2020) Jokowi: Saatnya Kerja dari Rumah, Belajar dari Rumah, Ibadah dari Rumah. [Kompas.com]. Diakses dari: https://nasional.kompas.com/read/2020/03/15/14232961/jokowi-saatnya-kerja-dari-rumah-belajar-dari-rumah-ibadah-di-rumah?page=all (Diakses pada 11 Agustus 2022).

Qudsi, I. (2022) The State Of Influencer Marketing: Top Insights For 2022. [Forbes]. Dapat diakses di: https://www.forbes.com/sites/forbesagencycouncil/2022/01/14/the-state-of-influencer-marketing-top-insights-for-2022/?sh=6e97f2275c78 (Diakses pada 11 Agustus 2022).

Ranti, S. (2021) Deretan Fitur Baru Instagram yang Meluncur Sepanjang 2021. [Kompas.com]. Dapat diakses di: https://tekno.kompas.com/read/2021/12/20/18030087/deretan-fitur-baru-instagram-yang-meluncur-sepanjang-2021?page=all (Diakses pada 11 Agustus 2022).

Rizaty, M. (2021) Inilah Negara Pengguna Instagram Terbanyak, Indonesia Urutan Berapa? [Databoks]. Dapat diakses di: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/08/03/inilah-negara-pengguna-instagram-terbanyak-indonesia-urutan-berapa (Diakses pada 11 Agustus 2022).

Virtanen, Bjork, & Sjostrom (2017) Follow for follow: marketing of a start-up company on Instagram, Journal of Small Business and Enterprise Development, Vol. 24 (3), hlm. 468-484.

Yin, R. K. (2018). CASE STUDY RESEARCH AND APPLICATIONS Design and Methods, 6th

edition. Los Angeles: SAGE Publications.

Downloads

Published

2022-08-12