Pengembangan Media Poster Untuk Memfasilitasi Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Aini Loita Universitas Pendidikan Indonesia
  • Edi Hendri Mulyana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ela Nurjanah Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3738

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi mengenai permasalahan masih terbatasnya upaya mengoptimalkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun, khususnya pada sub tema mengenal binatang buas. Hal ini terjadi karena terbatasnya media pembelajaran pada sub tema mengenal binatang buas. Sehubungan dengan hal tersebut, maka peneliti mengembangkan media poster untuk memfasilitasi kemampuan kognitif pada sub tema mengenal bianatang buas anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode EDR (Educational Design Research), model generik karya Mckenney & Reeves. Namun, pada artikel ini hanya membahas 2 tahap yakni tahap analisis dan ekplorasi serta tahap desain dan konstruksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan lokasi penelitian bertempat di TK Istiqomah. Hasil penelitian ini menghasilkan data mengenai dasar kebutuhan dan rancangan desain media poster untuk memfasilitasi kemampuan kognitif pada sub tema mengenal binatang buas anak usia 5-6 tahun.

Kata Kunci: Kognitif, Binatang Buas, Anak Usia 5-6 Tahun

 

Abstract

This Research is motivated by the problem of still limited efforts to optimize the cognitive abilities of children aged 5-6 years, especially in the sub-theme of knowing wild animals. This happens because of the limited learning media on the sub-theme of knowing wild animals. In this regard, researchers developed a poster media to facilitate cognitive abilities in the sub-theme of recognizing wild animals for children aged 5-6 years. This studi uses the EDR (Educational Design Research) method, a generic model by Mckenney & Reeves. However this article only discusses 2 stages, namely the analysis and exploration stage and the design and construction stage. Data collection techniques in this study were observation, interviews and documentation studies. Meanwhile, the research location is istiqomah Kindergaten. The results of this study produce data on the basic needs and design of poster media design to facilitate cognitive abilities in the sub-theme of recognizing wild animal for children aged 5-6 years.

Keywords: Cognitive, Beast, 5-6 Years Old

References

DAFTAR PUSTAKA

Creswell, J. (2015). Riset Pendidikan. Pustaka Pelajar.

Darjowodjojo, S. (2012). Psikolinguistik. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Herdi dkk., (2020). Media Pembelajaran Bernilai Ekonomis Berbasis Recycle System untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4 (2), hlm. 813-819. htpps://DOI: 10.31004/obsesi.v4i2.29

Hess, G dan E. Brook. (1998). The Class Poster Conference As A Teaching Tool. J Natural Resources and Life Sciences Education, 27 (1): 255-258.

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing

Megawati. (2017). Pengaruh Media Poster terhadap Hasil Belajar Kosakata Bahasa Inggris. Getsempena English Education Journal (GEEJ), IV (2), 101-117. Htpps://doi.org./10.46244/geej.v4i2738.

Novziransyah, N dan Dania, I.A. (2021). Sensasi, Persepsi, Kognitif. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan. 20 (1), 14-21. htpps://jurnal.fk.uisu.ac.id/index.php/ibnusina/article/vies/59

Nurrahman, A. (2018). Peran Serta Media Pembelajaran dalam Memfasilitasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 7 (2), hlm. 1-5. https://doi.org/10.21831/jpa.v712.24453

Nasriah dan Siregar. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Gambar terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di TK Santo Antonius 1 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Usia Dini. 3 (1). Hlm. 1-11. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jud/article/viewFile/14649/11992

Salwa, H.dkk. (2021). Potensi Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun melalui Metode Bercerita. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 4 (2). Hlm. 1-7. Htpps://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.5315

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Umam, N dan Retnaningrum, W. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini melalui Permainan Mencari Huruf. Jurnal Tawadhu. 5 (1). Hlm. 25-34. https://doi.org/10.52802/twd.v5i1.120

Wulanyani, dkk. (2016). Buku Ajar Pengantar Psikologi Kognitif. Denpasar: Program Studi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Zaman, B dan Eliyawati, C. (2010). Bahan Ajar Pendidikan Profesi Guru Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Universitas Pendidikan Indonesia.

Downloads

Published

2022-08-16