Bagaimana Dasar Kebutuhan Penggunaan Media Pembelajaran dalam Bercerita untuk Memfasilitasi Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pertiwi DWP ?

Authors

  • Tuti Royati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Risbon Sianturi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dian Indihadi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3747

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahaimana dasar kebutuhan penggunaan media pembelajaran untuk memfasilitasi perkembangan bahasa anak usia dini di TK Pertiwi DWP. Kemampuan berbahasa sangat penting dikembangkan dan diasah sejak dini, sebab untuk menjadi makhluk sosial seseorang memerlukan bahasa untuk berkomunikasi dengan orang lain agar komunikasi yang dilakukan tersampaikan dengan baik. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tentu menjadi suatu upaya yang diberikan untuk meningkatkatkan kapasitas kemampuan diri seorang anak, oleh karena itu pendidik dituntut untuk bisa memfasilitasi dalam perkembangan anak salah satunya perkembangan bahasa. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa media yang digunakan dalam memfasilitasi perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi DWP hanya menggunakan lembar kerja anak, serta menggunakan buku cerita.

Kata Kunci: Anak Usia Dini, Media Pembelajaran, Bahasa

 

Abstract

This study aims to determine the basic needs of the use of learning media to facilitate early childhood language development in TK Pertiwi DWP. Language skills are very important to be developed and honed from an early age, because to become a social being, a person needs language to communicate with others so that communication is conveyed properly. Early Childhood Education (PAUD) is certainly an effort given to increase the capacity of a child's self-ability, therefore educators are required to be able to facilitate the development of children, one of which is language development. The method used in this research is descriptive qualitative with data collection techniques through observation and interviews. The results of this study indicate that the media used to facilitate the language development of children aged 5-6 years in TK Pertiwi DWP only uses children's worksheets, and uses story books.

Keywords: Early Childhood, Learning Media, Languge

References

DAFTAR PUSTAKA

AECT, (1977). The Definition of Educational Technology. Washington: Association for Educationan Communication and Technology

Adriana, I. (2008). Memahami pola perkembangan Bahasa anak dalam konteks pendidikan. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1).

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Kurikulum 2013 PAUD. Jakarta: Depdikbud.

Dewi, N. W. R. (2020). Membangun Komunikasi Dan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Mendongeng. WIDYALAYA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 101-108.

Fadlan, A. (2019). Efektivitas Metode Bercerita Dalam Perkembangan Bahasa Anak. SMART KIDS: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 28-37.

Jalinus & Ambiyar. (2016) Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta : Kencana.

Kushartanti, dkk. (2007). Pesona Bahasa Langkah Awal Memahami Linguistik, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Maiza, Z., & Nurhafizah, N. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356- 465.

Pebriana, P. H. (2017). Analisis kemampuan berbahasa dan penanaman moral pada anak usia dini melalui metode mendongeng. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 139-147.

Rahmah, I. A., Indihadi, D., & Rahman, T. (2020). ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENULIS PERMULAAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. 3(4), 363–370.

Rahman, U. (2009). Karakteristik perkembangan anak usia dini. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 12(1), 46-57

Rusniah, R. (2017). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Indonesia Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Metode Bercerita Pada Kelompok A Di Tk Malahayati Neuhen Tahun Pelajaran 2015/2016. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 114-130.

Sit, M. (2017). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Edisi Pertama. Kencana.

Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. In Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Utomo, S. B. (2013). Mendongeng dalam perspektif pendidikan. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 3(01).

Wati, R. (2016). Upaya Meningkatkan Perhatian Anak Melalui Metode Bercerita dengan Media Boneka Tangan pada Anak Kelompok B TK Nurul Ibadah Kota Jambi. 9(1), 114–123.

Wulandari, F., & Zulaikha, F. (2018). Pengaruh Mendongeng terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Pra Sekolah di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) 3 Samarinda Tahun 2018.

Downloads

Published

2022-08-16