Bagaimana Dasar Kebutuhan Penggunaan Media Pembelajaran dalam Bercerita untuk Memfasilitasi Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pertiwi DWP ?
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3747Abstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahaimana dasar kebutuhan penggunaan media pembelajaran untuk memfasilitasi perkembangan bahasa anak usia dini di TK Pertiwi DWP. Kemampuan berbahasa sangat penting dikembangkan dan diasah sejak dini, sebab untuk menjadi makhluk sosial seseorang memerlukan bahasa untuk berkomunikasi dengan orang lain agar komunikasi yang dilakukan tersampaikan dengan baik. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tentu menjadi suatu upaya yang diberikan untuk meningkatkatkan kapasitas kemampuan diri seorang anak, oleh karena itu pendidik dituntut untuk bisa memfasilitasi dalam perkembangan anak salah satunya perkembangan bahasa. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa media yang digunakan dalam memfasilitasi perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi DWP hanya menggunakan lembar kerja anak, serta menggunakan buku cerita.
Kata Kunci: Anak Usia Dini, Media Pembelajaran, Bahasa
Â
AbstractThis study aims to determine the basic needs of the use of learning media to facilitate early childhood language development in TK Pertiwi DWP. Language skills are very important to be developed and honed from an early age, because to become a social being, a person needs language to communicate with others so that communication is conveyed properly. Early Childhood Education (PAUD) is certainly an effort given to increase the capacity of a child's self-ability, therefore educators are required to be able to facilitate the development of children, one of which is language development. The method used in this research is descriptive qualitative with data collection techniques through observation and interviews. The results of this study indicate that the media used to facilitate the language development of children aged 5-6 years in TK Pertiwi DWP only uses children's worksheets, and uses story books.
Keywords: Early Childhood, Learning Media, Languge
References
DAFTAR PUSTAKA
AECT, (1977). The Definition of Educational Technology. Washington: Association for Educationan Communication and Technology
Adriana, I. (2008). Memahami pola perkembangan Bahasa anak dalam konteks pendidikan. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1).
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Kurikulum 2013 PAUD. Jakarta: Depdikbud.
Dewi, N. W. R. (2020). Membangun Komunikasi Dan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Mendongeng. WIDYALAYA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 101-108.
Fadlan, A. (2019). Efektivitas Metode Bercerita Dalam Perkembangan Bahasa Anak. SMART KIDS: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 28-37.
Jalinus & Ambiyar. (2016) Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta : Kencana.
Kushartanti, dkk. (2007). Pesona Bahasa Langkah Awal Memahami Linguistik, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Maiza, Z., & Nurhafizah, N. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356- 465.
Pebriana, P. H. (2017). Analisis kemampuan berbahasa dan penanaman moral pada anak usia dini melalui metode mendongeng. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 139-147.
Rahmah, I. A., Indihadi, D., & Rahman, T. (2020). ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENULIS PERMULAAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. 3(4), 363–370.
Rahman, U. (2009). Karakteristik perkembangan anak usia dini. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 12(1), 46-57
Rusniah, R. (2017). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Indonesia Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Metode Bercerita Pada Kelompok A Di Tk Malahayati Neuhen Tahun Pelajaran 2015/2016. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 114-130.
Sit, M. (2017). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Edisi Pertama. Kencana.
Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. In Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Utomo, S. B. (2013). Mendongeng dalam perspektif pendidikan. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 3(01).
Wati, R. (2016). Upaya Meningkatkan Perhatian Anak Melalui Metode Bercerita dengan Media Boneka Tangan pada Anak Kelompok B TK Nurul Ibadah Kota Jambi. 9(1), 114–123.
Wulandari, F., & Zulaikha, F. (2018). Pengaruh Mendongeng terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Pra Sekolah di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) 3 Samarinda Tahun 2018.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Tuti Royati, Risbon Sianturi, Dian Indihadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.