Efektivitas Pembelajaran Daring Untuk Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Giki 2 Surabaya

Authors

  • Achmal Yudha Hardiansyah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Mulyono Mulyono Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Gatot Margisal Utomo Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Made Ayu Anggreni Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Ismawandi BP Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3748

Abstract

Abstrak

Pembelajaran daring merupakan sarana pembelajaran utama di masa Pandemi Covid-19. yang menggunakan fasilitas aplikasi online, seperti whatsapp group, google classroom, zoom, youtube, google meet, dan media aplikasi lainnya saat belajar online. Subjek penelitian adalah perwakilan dari 20 mahasiswa di SMP GIKI 2 Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran daring di kalangan siswa SMP GIKI 2 Surabaya pada masa Pandemi Covid-19.Penelitian ini merupakan kajian deskriptif kualitatif menggunakan metode kuesioner online melalui google form. Penelitian ini memberikan gambaran tentang kurangnya pemahaman materi dan jumlah tugas yang diberikan kepada siswa, sehingga menghasilkan proses pembelajaran yang tidak efektif. Hasil lain menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran Pendidikan Jasmani ketika dilaksanakan secara daring siswa masih belum terbiasa. Alasannya siswa masih mengalami kesulitan karena sebelum Covid Pendidikan Jasmani pembelajaran dilakukan dengan praktik lapangan khususnya di bidang fisik. Diharapkan dengan adanya pandemi yang masih berlangsung ini, mahasiswa akan terbiasa dengan pembelajaran daring yang diberikan oleh guru Pendidikan Jasmani di SMP GIKI 2 SURABAYA.

Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran Daring, Covid-19.

 

Abstract

Online learning is the main means of learning during the Covid-19 Pandemic. who use online application facilities, such as whatsapp group, google classroom, zoom, youtube, google meet, and other application media when learning online. The research subjects were representatives of 20 students at SMP GIKI 2 Surabaya. This study aims to analyze the effectiveness of online learning among students of SMP GIKI 2 Surabaya during the Covid-19 Pandemic.This research is a qualitative descriptive study using an online questionnaire method via google form. This study provides an overview of the less than optimal understanding of the material and the number of assignments given to students, resulting in an ineffective learning process. Other results indicate that the effectiveness of Physical Education learning when implemented online students are still not used to it. The reason students still have difficulties because before the Covid Physical Education learning was carried out with field practice, especially in the physical field. It is hoped that with this ongoing pandemic, students will be familiar with online learning provided by the Physical Education teacher at SMP GIKI 2 SURABAYA.

Keywords: Effectiveness, Online learning, Covid-19.

References

DAFTAR PUSTAKA

Darmalaksana, W., Hambali, R., Masrur, A., & Muhlas, M. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1-12. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30434

Hasanah, A., Lestari, A. S., Rahman, A. Y., & Daniel, Y. I. (2020). Analisis aktivitas belajar daring mahasiswa pada pandemi Covid-19 http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30565

He, W., Xu, G., & Kruck, S. E. (2019). Online IS education for the 21st century. Journal of Information Systems Education, 25(2), 1. https://aisel.aisnet.org/jise/vol25/iss2/

Hikmat., Hermawan, Endang., Aldim., Irwandi. (2020). Efektivitas Pembalajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Survey Online. UIN Sunan Gunung Djati Bandung. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30625

Maulana, H. A., & Hamidi, M. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Praktik di Pendidikan Vokasi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(2), 224-231. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i2.3443

Rachmat, Agung, and Iwan Krisnadi. (2020). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring (Online) untuk Siswa SMK Negeri 8 Kota Tangerang pada Saat Pandemi Covid 19.

Rusdiana, E., & Nugroho, A. (2020). Respon Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Hukum Indonesia UNESA. Integralistik, 31(1), 1-12. https://doi.org/10.15294/integralistik.v31i1.21834

Sanjaya, R. (Ed.). (2020). 21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. SCU Knowledge Media.

Sohrabi, C., Alsafi, Z., O’Neill, N., Khan, M., Kerwan, A., Al-Jabir, A., ... & Agha, R. (2020). World Health Organization declares global emergency: A review of the 2019 novel coronavirus (COVID-19). International Journal of Surgery. https://doi.org/10.1016/j.ijsu.2020.02.034

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31-34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072

Downloads

Published

2022-08-16