Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Keterampilan Berfikir Kreatif pada Karakteristik Siswa di Sekolah Kelas II SDN Gayungan II Surabaya

Authors

  • Mya Salsabilla Al Adilla Universitas PGRI Adibuana Surabaya
  • Achmad Fanani Universitas PGRI Adibuana Surabaya
  • Rarasaning Setianingsih Universitas PGRI Adibuana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.3773

Abstract

Abstrak

Pembelajaran merupakan suatu proses yang terdiri dari serangkaian perilaku yang terjadi dalam situasi pendidikan oleh guru dan siswa berdasarkan hubungan timbal balik untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam pembelajaran, ada banyak tujuan yang harus dicapai. Dalam konteks ini, pembelajaran adalah kumpulan komponen pembelajaran yang berinteraksi dan berintegrasi satu sama lain. Termasuk dalam studi kuasi-eksperimental, studi kuasi-eksperimental adalah studi yang memberikan pengobatan dan mengukur konsekuensi pengobatan tetapi tidak menggunakan sampel acak untuk menyimpulkan perubahan yang disebabkan oleh pengobatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes esai. Hasil Berdasarkan analisis dalam penelitian ini, terdapat pengaruh metode pengajian terhadap kemampuan berpikir kreatif terhadap karakteristik siswa kelas dua SDN Gayungan II Surabaya. Hal ini dapat dibuktikan dengan menggunakan rumus t-test. Sehingga dapat dikatakan bahwa metode pengajian keterampilan berpikir kreatif terhadap karakteristik siswa kelas II di SDN Gayungan II Surabaya.

Kata Kunci: Metode Pengajian, Keterampilan Berpikir Kreatif

 

Abstract

Learning is a process consisting of a series of behaviors that occur in educational situations by teachers and students based on reciprocal relationships to achieve certain goals. In learning, there are many goals to be achieved. In this context, learning is a collection of learning components that interact and integrate with each other.Included in quasi-experimental studies, quasi-experimental studies are studies that provide treatment and measure the consequences of treatment but do not use a random sample to infer changes caused by the treatment. The method used in this research is essay test questions.Results Based on the analysis in this study, there is an effect of the recitation method on creative thinking skills on the characteristics of the second grade students of SDN Gayungan II Surabaya. This can be proven by using the t-test formula. So it can be said that the method of recitation of creative thinking skills on the characteristics of class II students at SDN Gayungan II Surabaya.

Keywords: Recitation Method, Creative Thinking Skills

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdullah, S. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Word Square Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN Pengawu. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(11), 117843.

Bansu, D. A., Ramlawati, R., & Yunus, S. R. (n.d.). Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri Wonomulyo (Studi Pokok Materi Pokok Sistem Organisasi Kehidupan). Jurnal IPA Terpadu, 2(2).

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2013). Strategi Belajar Mengajar (Cetakan ke-5). Jakarta: Rineka Cipta.

Fanani, A. (2019). Analisis Pembelajaran Berbasis Pembelajaran Abad 21 (R. Satianingsih (ed.); 1st ed.). Adi Buana University Press.

Khasanah, N. R., & Fanani, A. (2020). Pengaruh Crossword Puzzle Berbasis 4C Terhadap Hasil Belajar Ipa Sekolah Dasar. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(30s), 41–48.

Lestina, N. (2018). Pengaruh Metode Resitasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPA di MI Ahliyah IV Palembang. UIN Raden Patah Palembang.

Mabruroh, L. H., & Irianto, A. (2020). Pengaruh Metode Picture and Picture terhadap berpikir kreatif siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 102–108.

Nurlaila, E. (2015). Strategi Brain Based Learning Untuk Mengingat Kemampuan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Matematis Serta Menurunkan Kecemasan Matematis Siswa SMP. Universitas Pendidikan Indonesia.

Syofyan, H. (2015). Peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V melalui metode resitasi di SD Al Azhar Syifa Budi Jakarta Selatan. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 134–150.

Downloads

Published

2022-08-21