Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Keterampilan Berfikir Kreatif pada Karakteristik Siswa di Sekolah Kelas II SDN Gayungan II Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.3773Abstract
Abstrak
Pembelajaran merupakan suatu proses yang terdiri dari serangkaian perilaku yang terjadi dalam situasi pendidikan oleh guru dan siswa berdasarkan hubungan timbal balik untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam pembelajaran, ada banyak tujuan yang harus dicapai. Dalam konteks ini, pembelajaran adalah kumpulan komponen pembelajaran yang berinteraksi dan berintegrasi satu sama lain. Termasuk dalam studi kuasi-eksperimental, studi kuasi-eksperimental adalah studi yang memberikan pengobatan dan mengukur konsekuensi pengobatan tetapi tidak menggunakan sampel acak untuk menyimpulkan perubahan yang disebabkan oleh pengobatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes esai. Hasil Berdasarkan analisis dalam penelitian ini, terdapat pengaruh metode pengajian terhadap kemampuan berpikir kreatif terhadap karakteristik siswa kelas dua SDN Gayungan II Surabaya. Hal ini dapat dibuktikan dengan menggunakan rumus t-test. Sehingga dapat dikatakan bahwa metode pengajian keterampilan berpikir kreatif terhadap karakteristik siswa kelas II di SDN Gayungan II Surabaya.
Kata Kunci: Metode Pengajian, Keterampilan Berpikir Kreatif
Â
Abstract
Learning is a process consisting of a series of behaviors that occur in educational situations by teachers and students based on reciprocal relationships to achieve certain goals. In learning, there are many goals to be achieved. In this context, learning is a collection of learning components that interact and integrate with each other.Included in quasi-experimental studies, quasi-experimental studies are studies that provide treatment and measure the consequences of treatment but do not use a random sample to infer changes caused by the treatment. The method used in this research is essay test questions.Results Based on the analysis in this study, there is an effect of the recitation method on creative thinking skills on the characteristics of the second grade students of SDN Gayungan II Surabaya. This can be proven by using the t-test formula. So it can be said that the method of recitation of creative thinking skills on the characteristics of class II students at SDN Gayungan II Surabaya.
Keywords: Recitation Method, Creative Thinking Skills
References
DAFTAR PUSTAKA
Abdullah, S. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Word Square Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN Pengawu. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(11), 117843.
Bansu, D. A., Ramlawati, R., & Yunus, S. R. (n.d.). Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri Wonomulyo (Studi Pokok Materi Pokok Sistem Organisasi Kehidupan). Jurnal IPA Terpadu, 2(2).
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2013). Strategi Belajar Mengajar (Cetakan ke-5). Jakarta: Rineka Cipta.
Fanani, A. (2019). Analisis Pembelajaran Berbasis Pembelajaran Abad 21 (R. Satianingsih (ed.); 1st ed.). Adi Buana University Press.
Khasanah, N. R., & Fanani, A. (2020). Pengaruh Crossword Puzzle Berbasis 4C Terhadap Hasil Belajar Ipa Sekolah Dasar. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(30s), 41–48.
Lestina, N. (2018). Pengaruh Metode Resitasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPA di MI Ahliyah IV Palembang. UIN Raden Patah Palembang.
Mabruroh, L. H., & Irianto, A. (2020). Pengaruh Metode Picture and Picture terhadap berpikir kreatif siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 102–108.
Nurlaila, E. (2015). Strategi Brain Based Learning Untuk Mengingat Kemampuan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Matematis Serta Menurunkan Kecemasan Matematis Siswa SMP. Universitas Pendidikan Indonesia.
Syofyan, H. (2015). Peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V melalui metode resitasi di SD Al Azhar Syifa Budi Jakarta Selatan. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 134–150.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mya Salsabilla Al Adilla, Achmad Fanani, Rarasaning Setianingsih
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.