Pengembangan Deteksi Dini Perkembangan Sosial Anak Usia 3 Tahun dengan Instrumen

Authors

  • Meutia Ayu Wintania Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sima Mulyadi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Edi Hendri Mulyana Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.3777

Abstract

Abstrak

Deteksi dini merupakan upaya penjaringan dan dilaksanakan secara komprehensif untuk menemukan penyimpangan tumbuh kembang dan mengetahui serta mengenal faktor resiko pada anak. Penelian yang dilakukan bertujuan untuk meneliti perkembangan sosial pada anak usia 3 tahun dengan cara mendeteksi dini menggunakan instrument untuk kepentingan pendidikan anak usia dini. Penelitian ini dilakukan semerta-merta untuk mengetahui bagaimana perkembangan anak usia 3 tahun apakah sesuai atau tidak dengan tahap perkembangan usianya. Rancangan penelitian ini menggunakan EDR atau Educational Design Research dengan melakukan tahap analisis dan eksplorasi menggunakan teknik wawancara dan observasi pada Guru Kelas.

Kata Kunci: Deteksi Dini, Perkembangan Sosial Anak, Instrumen

 

Abstrack

Early detection is a screening effort and is carried out comprehensively to find growth and development deviations and to know and recognize risk factors in children. This research aims to examine social development in children aged 3 years by detecting early using instruments for the benefit of early childhood education. This research was conducted immediately to find out how the development of children aged 3 years is appropriate or not with the stage of development of their age. This research design uses EDR or Educational Design Research by conducting analysis and exploration stages using interview and observation techniques to Class Teachers.

Keywords: Early Detection, Child Social Development, Instrument

References

DAFTAR PUSTAKA

Chamidah, NA. (2009). Deteksi Dini Gangguan Pertumbuhan dan Perkembangan Anak.

Cresswell, Jhon, W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini, Jurnal Golden Age Hanzanwadi University. Vol 3. Hlm 1

Rahman, T. (2018). Model-Model Penyelenggaraan PAUD. Tasikmalaya : Ksatria Siliwangi

Srintami, E. (2019). Analisis Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di RA Nurul Islam. Skripsi. Universitas Islam Negeri STS. Jambi

Sugiyono. (2017). Penelitian Pendidikan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA

UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 28 Ayat 1

Downloads

Published

2022-08-21